Cara Menampilkan Kecepatan Internet di HP Samsung Semua Tipe

Menampilkan kecepatan jaringan internet

Smartphone di masa sekarang rata-rata sudah dibekali dengan fitur bawaan yang bisa menampilkan kecepatan internet pada Status Bar di bagian layar atas. Dengan adanya fitur ini, kamu tidak perlu lagi menginstall aplikasi pihak ketiga untuk mendapatkan benefit yang sama dan tentunya memudahkan kamu dalam memantau kualitas jaringan.

Dengan adanya bar status kecepatan jaringan, kamu dapat mengetahui jaringan yang dimiliki sedang mendapatkan koneksi internet yang cepat dan stabil atau tidak terutama pada saat bermain game, download atau streaming video.

Sayangnya Samsung masih belum menghadirkan fitur bawaan untuk menampilkan kecepatan internet pada status bar. Untuk itu kamu harus menggunakan aplikasi pihak ketiga atau tambahan yang bisa diunduh secara gratis di Play Store.

Baca juga : Cara Screenshot Samsung Galaxy S22 Ultra Panjang, 3 Jari

Cara Menampilkan Kecepatan Internet di HP Samsung

Kecepatan internet yang ditampilkan pada status bar sangat membantu kita dalam memantau kestabilan jaringan. Namun sayangnya, HP Samsung masih belum menghadirkan fitur ini jadi kita membutuhkan aplikasi tambahan.

1. Menggunakan NetSpeed Indicator

Aplikasi yang pertama, kamu bisa menggunakan NetSpeed Indicator untuk menampilkan kecepatan internet. Aplikasi ini bisa kamu unduh secara gratis di Google PlayStore. Adapun cara penggunaannya adalah sebagai berikut.

  • Pertama, unduh dan install aplikasi NetSpeed Indicator melalui PlayStore.
  • Jika sudah, buka aplikasi NetSpeed Indicator di hp kamu.
  • Secara otomatis kecepatan internet akan muncul di bagian Status Bar layar hp.
  • Sementara pada aplikasi, kamu bisa memilih untuk kecepatan download, upload atau total sesuai kebutuhan.

Pada aplikasi NetSpeed Indicator, kamu bisa mengatur unit kecepatan yang akan ditampilkan pada Status Bar menggunakan satuan Bytes per second dan bits per second. Sebagai catatan, 1 Byte itu setara dengan 8 bit.

Dengan kata lain, angka Bytes per second akan terlihat lebih kecil dibandingkan dengan bits per second. Biasanya kecepatan lalu lintas data akan menggunakan satuan bit sementara untuk kecepatan download atau upload akan menggunakan Byte. Misalnya kecepatan 10 MBps berarti setara dengan 80 Mbps dan juga sebaliknya.

Baca juga : Cara Menghapus File yang Tidak Bisa Dihapus di Android

2. Menggunakan Internet Speed Meter

Selain NetSpeed Indicator, ada juga Internet Speed Meter yang bisa kamu gunakan untuk menampilkan kecepatan internet di hp Samsung. Berikut panduannya yang bisa kamu ikuti.

  • Unduh dan Install aplikasi Internet Speed Meter di Google Play Store.
  • Buka aplikasi Internet Speed Meter.
  • Secara otomatis, Internet Speed Meter akan menampilkan kecepatan jaringan di Status Bar.
  • Kamu bisa memilih satuan yang akan digunakan pada kecepatan internet, mulai dari Kbps, KBps, Mpbs atau MBps.
  • Selesai.

Aplikasi ini juga bisa menampilkan besarnya kuota data internet yang digunakan setiap harinya baik menggunakan akses internet dari kartu selular atau jaringan WiFi. Tidak hanya itu saja, kamu juga bisa melakukan tes kecepatan jaringan menggunakan aplikasi ini. Hal ini akan sangat membantu ketika kamu ingin tahu apakah kecepatan internet di daerah kamu memiliki kualitas yang bagus.

Meskipun sampai saat ini Samsung masih belum menghadirkan fitur bawaan untuk menampilkan kecepatan internet, tetapi kamu tidak perlu khawatir karena ada begitu banyak aplikasi di Play Store yang dapat melakukannya.