Macam-Macam Diagram, Pengertian dan Gambarnya

Macam-Macam Diagram dan Gambarnya - Diagram merupakan bentuk penyajian informasi dan data berupa gambar yang bertujuan untuk menampilkan atau menerangkan suatu data secara ringkas. Definisi lain diagram adalah bermacam-macam lambang tertentu yang dapat dibaca dan bermakna penjelasan yang sering digunakan dalam menjelaskan suatu prosedur, sarana, maupun berbagai macam jenis kegiatan yang biasa dilaksanakan dalam suatu sistem. Nah, pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai bentuk jenis-jenis diagram yang sering digunakan.

Pada dasarnya, diagram adalah suatu gambaran data yang telah diolah sedemikian rupa menjadi bermacam-macam bentuk seperti, garis, tabel, grafik dan lingkaran agar lebih menarik dalam penyajiannya. Selain itu, diagram ini bertujuan untuk mempermudah pengguna dalam menganalisis data dengan tampilan yang simpel dan mudah dipahami. Suatu diagram dapat berisi nominal, skala atau pun berbagai macam data statistik.

Agar lebih mengenal lebih dalam mengenai bentuk-bentuk diagram, berikut akan kita bahas secara lengkap mengenai macam-macam jenis diagram yang sering digunakan. Diagram tersebut biasanya digunakan untuk mempresentasikan atau sebagai bentuk penyajian berbagai macam data yang terdapat dalam statistika.

Baca juga : Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat dalam Matematika

Macam-Macam Diagram

1. Diagram Garis

Diagram Garis

Diagram garis atau diagram garis lurus merupakan sebuah bentuk penyajian data statistik menggunakan diagram dalam bentuk garis-garis lurus. Diagram garis ini sering disebut dengan grafik garis. Umumnya, penggunaan diagram garis digunakan dalam menyajikan data statistik yang berdasar pada pengamatan suatu data dari waktu ke waktu atau dalam periode tertentu secara berurutan. Data statistik yang dibuat menggunakan diagram garis akan disajikan dalam garis horizontal (sumbu X) dan garis vertikal (sumbu Y).

Pada garis sumbu X biasanya digunakan untuk menunjukkan periode waktu pengamatan. Sedangkan garis sumbul Y digunakan untuk menyatakan komposisi atau nilai-nilai data pengamatan dalam suatu waktu tertentu. Periode waktu nilai-nilai data tersebut akan ditarik pada suatu garis dan bertemu pada titik koordinat bidang XY. Kolom pada tiap titik-titik koordinat yang berdekatan biasanya akan dihubungkan dengan sebuah garis lurus sehingga akan didapatkan sebuah diagram garis atau grafik yang menunjukan gambaran dari data yang disajikan.

2. Diagram Lingkaran

Diagram Lingkaran

Diagram lingkaran adalah sebuah diagram yang menggunakan gambar lingkaran sebagai bentuk penyajian datanya. Data yang akan disajikan biasanya dalam bentuk persen data. Sehingga, ketika membuat sebuah diagram lingkaran, hal yang harus diperhatikan adalah menentukan besaran dalam bentuk presentase pada masing-masing data terhadap keseluruhan data. Nilai besaran tersebut kemudian digunakan untuk menentukan besarnya sudut dari pusat lingkaran.

3. Diagram batang

Diagram Batang

Diagram batang adalah bentuk penyajian data dengan menggunakan batang persegi panjang. Diagram ini umumnya digunakan untuk menyajikan suatu perkembangan data dari suatu penelitian dalam kurun waktu tertentu. Pada diagram batang ini menyajikan berbagai macam keterangan yang tersaji dalam bentuk gambar batang tegak atau pun mendatar dan mempunyai ukuran lebar yang sama dengan batang-batang yang terpisah.

4. Diagram Kotak Garis

Diagram Kotak Garis

Diagram kotak garis adalah jenis diagram yang penyajian datanya menggunakan garis dan kotak persegi panjang. Data statistika yang digunakan untuk menggambarkan diagram kota garis berupa statistik lima serangkai yang terdiri dari data paling kecil dan data paling besar dari keseluruhan data.

5. Diagram Gambar

Diagram Gambar

Diagram gambar atau sering disebut dengan piktogram adalah jenis diagram yang penyajian datanya menggunakan bentuk gambar atau lukisan untuk menyajikan data dan informasi. Gambar-gambar yang disajikan merupakan tiruan yang membentuk objek benda sesungguhnya.

6. Diagram Batang Daun

Diagram Batang Daun

Diagram batang daun adalah diagram yang digunakan sebagai contoh penyebaran suatu data. Pada diagram batang daun, data yang terkumpul akan diurutkan terlebih dahulu mulai dari data yang berukuran lebih kecil hingga ke data dengan ukuran yang paling besar. Jika kita lihat diagram batang daun dengan seksama, maka diagram ini akan terbagi menjadi dua bagian yaitu bagian batang dan daun. Pada bagian batang, biasanya menunjukan angka-angka puluhan, sedangkan pada bagian daun memuat angka-angka satuan.

Baca juga : Cara Mencari Nilai Tengah (Median) Pada Suatu Data

7. Tabel

Tabel

Tabel adalah salah satu bentuk diagram yang menyajikan data berisi ikhtisar sejumlah data-data informasi yang biasanya berupa kata-kata maupun bilangan yang tersusun di dalam kolom dan garis pembatas. Tabel ini sering digunakan untuk menunjukan nilai-nilai pada suatu organisasi maupun perkantoran.

Demikianlah macam-macam diagram, pengertian dan gambarnya yang sering digunakan untuk menyajikan data dan informasi lengkap dengan masing-masing penjelasannya. Semoga bermanfaat.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.