Ciri-Ciri & Sifat Layang-layang, Lengkap Gambar Penjelasannya

Ciri layang-layang

Ciri-Ciri Layang-Layang - Layang-layang merupakan bangun datar dua dimensi yang dibentuk oleh empat sisi. Bangun ini mempunyai dua pasang sisi sama panjang dan sepasang sudut yang sama besar. Bangun datar layang-layang memiliki garis diagonal yang saling tegak lurus dan salah satunya merupakan sumbu simetrinya.

Ukuran panjang pada garis diagonalnya merupakan dimensi yang digunakan untuk menghitung luas bangun layang-layang. Sedangkan untuk mencari keliling layang-layang adalah dengan menjumlahkan semua panjang sisinya.

Jika diperhatikan lagi, bentuk dari bangun layang-layang ini mirip dengan belah ketupat. Perbedaannya adalah belah ketupat mempunyai empat sisi yang sama panjang, sedangkan pada layang-layang hanya terdapat dua pasang sisi sama panjang. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan lengkap di bawah ini mengenai ciri-ciri dan sifat bangun datar layang-layang.

Ciri-Ciri dan Sifat Layang-Layang

Permainan layang-layang merupakan permainan yang sering dimainkan saat musim kemarau. Tahukah kamu jika bentuk layang-layang ini merupakan salah satu bentuk bangun datar? Sesuai dengan namanya, permainan tersebut merupakan bangun datar yang dinamakan layang-layang.

Layang-Layang

Nah, pada kesempatan ini kita akan membahas ciri-ciri bangun datar tersebut. Untuk lebih memahaminya silahkan perhatikan gambar layang-layang di atas. Berikut adalah ciri-ciri yang dimiliki oleh bangun dua dimensi layang-layang:

  • Memiliki 4 sisi yang terdiri dari 2 pasang sisi yang sama panjang yaitu AB = AD dan BC = CD
  • Memiliki 4 sudut yang terdiri dari 2 pasang sudut yang saling berhadapan
  • Memiliki 2 sudut yang saling berhadapan dan sama besar yaitu ∠ABC = ∠CDA
  • Memiliki 2 diagonal yang saling berpotongan dan tegak lurus
  • 2 Diagonal yang saling berpotongan panjangnya berbeda
  • Memiliki 1 sumbu simetri
  • Memiliki 1 simetri lipat
  • Memiliki 1 simetri putar

Demikianlah pembahasan mengenai ciri-ciri dan sifat bangun layang-layang yang bisa kamu ketahui. Semoga ulasan di atas dapat bermanfaat bagi para pembaca.

About the Author

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.