Saklar Ganda Adalah: Gambar, Fungsi, Cara Kerja & Cara Memasang

Saklar Ganda

Saklar ganda merupakan sebuah perangkat elektronik yang memiliki dua tuas penghubung. Tuas ini berfungsi untuk mengontrol sambungan dan pemutusan aliran listrik pada suatu rangkaian.

Seperti jenis saklar lainnya, saklar ganda sangat penting dalam mengatur aliran listrik. Namun, saklar ganda memiliki keunggulan karena dapat mengontrol lebih dari satu beban secara bersamaan.

Artikel ini akan menjelaskan secara detail tentang saklar ganda, termasuk pengertiannya, fungsi, komponen, cara kerja, dan cara pemasangannya.

Pengertian Saklar Ganda

Saklar ganda adalah salah satu jenis perangkat listrik yang termasuk dalam kategori SPDT (Single Pole Double Throw). Artinya, saklar ini terhubung secara seri dan memiliki dua kontak penghubung.

Saklar ganda sangat umum digunakan dan mudah ditemukan. Perangkat ini memiliki dua kontak penghubung yang dapat digunakan secara bersama-sama untuk mengontrol aliran listrik.

Seperti saklar lainnya, fungsi utama dari saklar ganda adalah untuk menghubungkan dan memutuskan aliran listrik. Saklar ini juga membantu dalam menghidupkan dan mematikan perangkat elektronik sesuai kebutuhan.

Saat digunakan, saklar ganda dapat digunakan secara bersama-sama atau bergantian. Selain itu, saklar ganda juga dapat digunakan untuk menghidupkan lebih dari satu beban secara bersamaan, sehingga sangat fleksibel dan praktis dalam penggunaannya.

Fungsi Saklar Ganda

Saklar ganda juga dikenal dengan sebutan saklar pengubah. Fungsinya adalah sebagai komponen pengendali untuk lebih dari satu beban.

Selain itu, saklar ganda juga dapat digunakan untuk menghidupkan dan mematikan lampu yang berasal dari dua ruangan yang berbeda.

Diantara fungsi saklar gandar adalah untuk:

  • Mempermudah pengoperasian alat elektronik.
  • Menghindari korsleting.
  • Menambah keamanan.

Berikut adalah penjelasan lebih lengkap tentang setiap fungsi dari saklar ganda:

1. Mempermudah Pengoperasian Alat Elektronik

Saklar adalah sebuah komponen elektronik yang berfungsi sebagai sistem pengendali. Dengan adanya saklar, penggunaan alat elektronik dapat dilakukan dengan mudah, terutama dalam proses menyalakan dan mematikan alat tersebut.

Fungsi saklar ganda adalah untuk menghubungkan atau memutuskan aliran listrik pada lebih dari satu beban dalam sebuah rangkaian. Dengan menggunakan saklar, pengguna dapat mengontrol kapan alat elektronik harus dihidupkan atau dimatikan.

2. Menghindari Korsleting Listrik

Jika saklar digunakan sebagai salah satu komponen dalam perangkat elektronik, maka hal tersebut akan membawa manfaat karena dapat mencegah kerusakan pada perangkat elektronik.

Jika perangkat elektronik dinyalakan terus menerus, hal tersebut dapat menyebabkan terjadinya korsleting dan mempercepat kerusakan perangkat tersebut. Dengan menggunakan saklar, risiko tersebut dapat dihindari dan diminimalisir.

3. Menambah Keamanan

Saklar ganda juga berfungsi untuk meningkatkan keselamatan manusia dalam menyalakan atau mematikan alat elektronik dengan cara yang lebih mudah dan praktis.

Saklar menggunakan bahan semikonduktor sebagai rumahnya, sehingga aman untuk disentuh manusia tanpa risiko kesetrum.

Komponen Penyusun Saklar Ganda

Sebenarnya, komponen saklar ganda tidak memiliki perbedaan yang signifikan dengan saklar tunggal. Perbedaannya terletak pada jumlah kontaknya yang lebih dari satu atau ganda.

Komponen pada saklar ganda terdiri dari:

  1. Rumah Saklar.
  2. Tombol Saklar.
  3. Plat Penghubung.
  4. Baut Pengikat Kabel.

Silakan simak penjelasan detail dari setiap komponen saklar ganda berikut ini.

1. Rumah Saklar

Rumah saklar merupakan komponen luar pada saklar ganda yang berfungsi sebagai pelindung bagi komponen-komponen yang terdapat di dalamnya.

Umumnya, rumah saklar dibuat dari bahan semikonduktor. Hal ini dilakukan untuk mencegah risiko terjadinya kejadian kesetrum, karena rumah saklar adalah bagian yang bersentuhan langsung dengan manusia ketika mengoperasikan saklar.

2. Tombol Saklar

Tombol pada saklar ganda berperan sebagai switch atau pengalih fungsi. Bagian ini memiliki fungsi untuk menghidupkan dan mematikan saklar. Pada saklar ganda, tombol yang digunakan berjumlah dua buah.

3. Plat Penghubung

Plat penghubung adalah komponen yang berfungsi sebagai penghantar arus listrik pada saklar ganda.

Plat penghubung ini berperan dalam menghubungkan aliran listrik saat tombol ON pada saklar ditekan dan memutus aliran listrik ketika saklar dalam keadaan off.

4. Baut Pengikat Kabel

Baut pengikat kabel pada saklar ganda berfungsi untuk menghubungkan kabel listrik. Terdapat dua buah baut, yaitu baut yang terhubung dengan kabel fasa dan baut yang terhubung dengan kabel menuju lampu. Kedua baut ini sangat penting karena menjadi penghubung antara saklar dengan perangkat listrik yang dikendalikan.

Cara Kerja Saklar Ganda

Saklar ganda adalah komponen yang terdiri dari satu input dan dua output. Saklar ini juga dilengkapi dengan plat penghubung yang terbuat dari logam, yang berfungsi sebagai penghubung dan pemutus arus listrik.

Adapun cara kerja dari saklar ganda adalah sebagai berikut:

  • Saat saklar ditekan atau dalam keadaan ON, maka tuas penghubung yang sebelumnya dalam posisi terbuka akan terhubung dan arus listrik mengalir pada rangkaian.
  • Sebaliknya, ketika saklar dimatikan maka tuas akan kembali ke posisi semula dan aliran arus listrik akan terputus.

Karakteristik Saklar Ganda

Berikut adalah beberapa karakteristik dari saklar ganda:

  • Termasuk dalam jenis Single Pole Double Throw (SPDT).
  • Saklar ganda memiliki dua tuas penghubung.
  • Terdiri dari satu input dan dua output.
  • Dapat mengontrol lebih dari satu beban.
  • Dapat mengontrol lampu dari dua ruangan yang berbeda.
  • Terdapat 3 terminal pada saklar ganda, di mana satu terminal menghadap ke 2 terminal lainnya.
  • Dapat digunakan untuk mematikan dan menyalakan dua alat elektronik secara bergantian atau bersamaan.

Cara Pasang Saklar Ganda

Saklar ganda merupakan saklar yang memiliki dua atau lebih tuas. Alat ini dapat digunakan untuk mengendalikan lebih dari satu perangkat elektronik secara bersamaan.

Untuk memasang saklar ganda, diperlukan tiga kabel. Satu kabel adalah kabel fasa dan dua kabel lainnya terhubung ke beban (lampu).

Adapun cara untuk memasang saklar ganda adalah sebagai berikut:

  • Persiapkan alat-alat yang dibutuhkan seperti saklar ganda, tespen, kabel, obeng, bor, dan lain-lain. Pastikan juga Anda memiliki pengetahuan dan keterampilan yang cukup sebelum memulai pemasangan.
  • Pastikan untuk mematikan aliran arus listrik di rumah dengan menurunkan MCB (Miniature Circuit Breaker) agar terhindar dari bahaya listrik.
  • Pilih lokasi pemasangan saklar ganda pada dinding yang diinginkan, lalu lubangi dinding sesuai ukuran saklar yang akan dipasang dengan menggunakan bor. Pastikan untuk memilih tempat yang tepat sehingga saklar dapat dijangkau dengan mudah.
  • Cari kabel fasa yang terhubung pada sumber listrik dan sambungkan pada terminal saklar yang bersesuaian. Biasanya, kabel fasa berwarna hitam atau merah.
  • Selanjutnya, sambungkan kabel yang terhubung pada komponen beban seperti fitting lampu pada terminal saklar yang tersedia.
  • Satukan kabel yang berasal dari kedua beban dan sambungkan pada sumber listrik. Pastikan juga untuk memasang pengaman seperti MCB atau fuse pada sumber listrik.
  • Rapikan kabel pada saklar dan kencangkan baut agar saklar terpasang dengan kuat dan rapi. Pastikan kabel-kabel tidak berantakan dan tersusun dengan rapi.
  • Setelah itu, nyalakan aliran listrik dan cek apakah pemasangan sudah berhasil. Pastikan saklar berfungsi dengan benar dan beban seperti lampu dapat dinyalakan dan dimatikan dengan mengoperasikan saklar ganda.
  • Jangan lupa untuk melakukan pengujian terhadap saklar ganda setelah pemasangan selesai. Pastikan tidak ada masalah atau kerusakan pada saklar dan kabel yang terpasang.

Kelebihan Saklar Ganda

Saklar ganda memiliki sejumlah keunggulan, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Lebih Murah

Keunggulan yang pertama adalah dari segi harga. Harga satu saklar ganda akan lebih terjangkau dibandingkan dengan membeli dua saklar tunggal yang sama.

Jadi, jika kita memerlukan saklar untuk mengontrol dua beban, lebih baik memilih untuk membeli satu saklar ganda daripada dua saklar tunggal. Dengan begitu, selain lebih ekonomis, penggunaan saklar ganda juga lebih praktis dan efisien.

2. Praktis

Salah satu kelebihan saklar ganda adalah dari segi kepraktisan. Dengan menggunakan satu saklar ganda, kita dapat mengontrol lebih dari satu alat elektronik sekaligus. Hal ini membuat rangkaian menjadi lebih praktis dan ringkas.

3. Hemat Tempat

Pemasangan saklar ganda akan membuat rangkaian menjadi lebih simpel dan padat. Hal ini disebabkan karena kita hanya perlu menyiapkan satu lubang di dinding untuk memasang saklar ganda, sehingga lebih efisien dalam penggunaan ruang.

Kesimpulan

Saklar ganda adalah jenis saklar yang memiliki lebih dari satu tuas. Saklar ini dapat digunakan untuk mengontrol lebih dari satu beban secara bersamaan.

Saklar ganda memiliki satu input dan dua output, yang membuatnya lebih efisien dan hemat biaya. Selain itu, penggunaan saklar ini juga lebih praktis dan hemat tempat.

Dengan satu rangkaian saklar ganda, kita bisa mengendalikan dua lampu yang berbeda ruangan atau jenis beban lainnya secara bersamaan, sehingga lebih efisien dan praktis dalam penggunaannya.