Yuk, Ketahui 8 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S21 Ultra 5G

Di dalam keluarga Samsung Galaxy seri S, varian Ultra menjadi pilihan yang paling menonjol dengan spesifikasinya yang berbeda dan lebih diperhatikan daripada varian dasar atau Plus. Samsung Galaxy S21 Ultra 5G pada tahun lalu berhasil menarik perhatian pengguna Android dengan penawaran yang menarik di sektor kamera, baterai, serta performa yang tangguh.

Samsung Galaxy S21 Ultra 5G
Spesifikasi Samsung Galaxy S21 Ultra 5G
  • Rilis : Januari 2021
  • Layar : 6.2 inci Dynamic AMOLED 2X 120Hz HDR10+ ~515ppi
  • Chipset : Exynos 2100 (5nm)
  • GPU : Mali-G78 MP MP14
  • RAM : 8 GB
  • Memori Internal : 128 GB, 256 GB, 512 GB
  • Memori Eksternal : Tidak tersedia
  • Kamera Belakang : 108 MP (wide), 10 MP (periscope telephoto), 10 MP (telephoto), 12 MP (ultrawide)
  • Kamera Depan : 40 MP (wide)
  • Baterai : Li-Ion 5000 mAh, Fast Charging 25W

Selengkapnya : Spesifikasi Samsung Galaxy S21 Ultra 5G dan Harganya

Namun, berbeda dengan jajaran S22 yang hadir dengan chipset baru Qualcomm di Indonesia, Galaxy S21 Ultra masih menggunakan chipset Exynos. Bagi yang ingin merasakan kehebatan Galaxy S21 Ultra 5G, disarankan untuk mempersiapkan anggaran sekitar 14 hingga 19 jutaan. Sebelum memutuskan untuk membawanya pulang, ada baiknya untuk mempertimbangkan baik kelebihan maupun kekurangan yang dimiliki oleh Samsung Galaxy S21 Ultra 5G.

Baca juga : Inilah 7 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S21 5G

Kelebihan Samsung Galaxy S21 Ultra 5G

Samsung Galaxy S21 Ultra 5G, bersama dengan saudara-saudaranya, S21 dan S21+, menghadirkan peningkatan hardware dan software yang signifikan. Mari kita bahas lebih lanjut mengenai kelebihan Samsung Galaxy S21 Ultra 5G.

1. Layar Luas dengan Resolusi WQHD+

Galaxy S21 Ultra memiliki layar terbesar di antara jajaran Galaxy S21, dengan ukuran 6,8 inci. Layar ini menggunakan panel Dynamic AMOLED 2x yang terkenal dari Samsung dan memiliki resolusi Wide QHD+ asli (1.440 x 3.200 piksel), serta mendukung refresh rate hingga 120Hz. Kualitas tampilan layarnya sangat menakjubkan, menjadikannya pilihan yang tepat bagi penggemar smartphone dengan layar besar.

Layar yang indah ini dilindungi secara maksimal oleh Corning Gorilla Glass Victus, yang juga hadir di bagian belakang ponsel. Selain itu, sensor sidik jari ultrasonik yang lebih besar sebesar 1,7 kali dari sebelumnya siap menjaga keamanan Galaxy S21 Ultra 5G dari akses oleh tangan-tangan yang tidak sah.

Selain itu, Samsung Galaxy S21 Ultra 5G juga memiliki tingkat kecerahan puncak hingga 1.500 nits dalam video HDR. Hal ini berarti Anda tidak akan mengalami kesulitan melihat tampilan layar saat menggunakan ponsel di luar ruangan. Pada malam hari, terdapat juga mode Eye Comfort yang berguna untuk mengurangi cahaya biru yang dapat membuat mata cepat lelah dan sakit.

2. Dukungan untuk Fitur S Pen

Varian Ultra memang dikenal dengan fitur-fitur mewah dan berbedanya. Hal ini juga berlaku untuk Samsung Galaxy S21 Ultra 5G yang mendukung fitur S Pen. Berkat kecepatan refresh layar yang tinggi pada Galaxy S21 Ultra 5G, penggunaan S Pen memiliki latensi yang sangat rendah.

Hasilnya? Gambar dan tulisan yang Anda buat dengan S Pen akan muncul di layar tanpa jeda waktu. Meskipun S Pen tidak disertakan secara langsung seperti pada S22 Ultra, Anda dapat membelinya secara terpisah. Penting untuk dicatat bahwa Galaxy S21 Ultra 5G tidak dilengkapi dengan stylus digital bawaan.

3. Resolusi Kamera yang Mengesankan

Sistem kamera S21 Ultra 5G mengalami peningkatan yang signifikan dari Galaxy S20. Terdapat dua kamera telefoto dengan resolusi 10MP pada perangkat ini. Kedua kamera ini memiliki kemampuan zoom optik 10x dan zoom ruang hingga 100x. Untuk kamera utamanya, Anda dapat mengandalkan sensor baru dengan resolusi 108MP, yang didukung oleh kamera ultrawide 12MP. Terdapat juga kamera selfie 40MP yang besar di kelasnya yang terletak di notch depan layar.

Namun, seperti flagship dengan kamera dengan jumlah megapiksel yang tinggi lainnya, S21 Ultra 5G tidak secara default mengambil gambar dengan resolusi 108MP, melainkan 12MP dalam mode otomatis. Untuk video, S21 Ultra dapat

 merekam video 8K pada 24fps dan video 4K pada 60fps dengan kualitas suara stereo. Selain itu, kamera ini dilengkapi dengan stabilisasi optik dan elektronik. Kamera depannya juga sangat mengesankan karena mampu merekam video 4K pada 30 atau 60fps.

4. Baterai 5.000 mAh

Kelebihan Samsung Galaxy S21 Ultra 5G berikutnya terletak pada baterainya yang besar dengan kapasitas 5.000 mAh. Dengan kapasitas tersebut, ponsel ini dapat menemani Anda sepanjang hari dalam berbagai aktivitas. Penawaran daya yang kuat sangat diperlukan dalam segmen ponsel ini agar dapat bersaing. Jika Anda ingin memperpanjang masa pakai baterai, disarankan untuk menggunakan refresh rate layar yang standar.

5. Performa Tangguh

Seperti yang sudah dikenal dari strategi Samsung, flagship Samsung seringkali hadir dalam dua varian prosesor. Di pasar Indonesia, Samsung Galaxy S21 Ultra 5G menggunakan chipset 5G buatan Samsung, yaitu Exynos 2100. Chipset ini secara praktis mengatasi masalah dan hambatan yang ada pada pendahulunya, Exynos 990.

Kinerja yang canggih didukung oleh kombinasi RAM hingga 16GB dan penyimpanan internal hingga 512GB. Versi dengan kapasitas tertinggi ini menjadi pusat perhatian, karena pada seri S22 pun belum hadir kapasitas penyimpanan yang sebesar itu.

6. Dukungan Wi-Fi 6E

Sebagai flagship yang tak boleh diremehkan, Samsung Galaxy S21 Ultra 5G sudah mendukung jaringan Wi-Fi 6E yang terdepan. Perbedaan antara Wi-Fi 6 dan Wi-Fi 6E terletak pada spektrum 6GHz.

Secara singkat, Wi-Fi 6E memiliki semua fitur yang sama dengan Wi-Fi 6, tetapi sekarang hadir dengan 6GHz, yang menghasilkan kecepatan yang lebih baik dan latensi yang lebih rendah. Bagi pengguna Android yang tidak menyukai buffering saat streaming atau menonton konten lainnya, hal ini sangat berguna. Anda dapat menikmati konten resolusi 4K di YouTube atau Netflix tanpa adanya buffering yang mengganggu.

Baca juga : Yuk, Simak 10 Kelebihan dan Kekurangan Tecno Camon 19 Pro

Kekurangan Samsung Galaxy S21 Ultra 5G

Tentunya, sangat penting untuk melihat juga beberapa kekurangan yang dimiliki oleh Samsung Galaxy S21 Ultra 5G, untuk memastikan kita memiliki gambaran yang lebih lengkap sebelum membelinya. Berikut ini adalah beberapa aspek kekurangan yang perlu diperhatikan:

1. Variasi Warna yang Terbatas

Meskipun desain Samsung Galaxy S21 Ultra telah ditingkatkan dari generasi sebelumnya, terdapat keterbatasan dalam variasi warna yang ditawarkan. Pengguna hanya dapat memilih antara dua varian warna, yaitu Phantom Black dan Phantom Silver. Sebuah pilihan warna yang lebih beragam, seperti pada Galaxy S22, akan memberikan lebih banyak opsi kepada konsumen dan menambah pesona visual pada perangkat ini.

2. Tidak Dilengkapi dengan Charger

Salah satu keputusan yang diambil oleh Samsung adalah tidak menyertakan adaptor charger dalam paket penjualan Galaxy S21 Ultra 5G. Meskipun ini mungkin dianggap bijak bagi sebagian pengguna, bagi mereka yang baru pertama kali menggunakan smartphone Samsung kelas atas, hal ini bisa menjadi kesulitan karena harus membeli adaptor secara terpisah dengan harga sekitar 200 ribuan. Selain itu, perangkat ini juga hanya mendukung fast charging hingga 25W, bukan 45W seperti penerusnya yang diluncurkan pada tahun 2022.

Demikianlah informasi mengenai kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S21 Ultra 5G yang perlu diketahui sebelum membelinya. Walaupun terdapat beberapa kekurangan, secara keseluruhan, ponsel ini masih menawarkan lebih banyak kelebihan yang dapat ditoleransi. Apakah Anda tertarik dengan daya tariknya? Jangan lupa untuk mempersiapkan budget mulai dari 14 jutaan jika ingin membawa pulang perangkat ini.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.