Yuk, Simak 10 Kelebihan dan Kekurangan Tecno Camon 19 Pro

Jika Anda baru mengenal Tecno, saat ini adalah waktu yang tepat untuk memperkenalkan perusahaan saudari dari itel dan Infinix ini. Tecno masih menjadi bagian dari Transsion Holdings dan sering kali menawarkan ponsel yang kaya fitur dengan harga terjangkau di segmen menengah ke bawah.

Tecno Camon 19 Pro
Spesifikasi Camon 19 Pro
  • Rilis : Juni 2022
  • Layar : 6.8 inci IPS LCD 120Hz
  • Chipset : MediaTek MT6781 Helio G96 (12nm)
  • GPU : Mali-G57 MC2
  • RAM : 8 GB
  • Memori Internal : 128 GB
  • Memori Eksternal : Tersedia, slot microSD
  • Kamera Belakang : 64 MP (wide), 50 MP (telephoto), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan : 32 MP (wide)
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, Fast Charging 33W

Selengkapnya : Spesifikasi Tecno Camon 19 Pro dan Harganya

Kali ini, saya akan membahas secara detail mengenai Tecno Camon 19 Pro, sebuah smartphone kelas menengah yang tidak hanya unggul dalam kinerja, tetapi juga dalam fotografi. Selain itu, ponsel ini akan memberikan pengalaman visual yang memuaskan dengan layar yang halus dan desain modern yang estetis.

Tecno Camon 19 Pro sendiri telah dirilis pada kuartal kedua tahun 2022 di beberapa negara. Di Indonesia, ponsel ini baru akan tersedia pada akhir tahun 2022.

Baca juga : Yuk, Simak 10 Kelebihan dan Kekurangan Tecno Camon 19 Pro

Kelebihan Tecno Camon 19 Pro

Tecno Camon 19 Pro memiliki beberapa keunggulan utama, antara lain adalah performa gim yang tangguh, desain yang menarik, layar yang besar, dan kemampuan fotografi yang baik. Berikut adalah beberapa poin kelebihannya.

Performa Helio G96 yang Tangguh untuk Gim Berat

Tecno Camon 19 Pro menggunakan chipset Helio G96 dari MediaTek, yang merupakan salah satu opsi terbaik untuk smartphone kelas menengah dengan jaringan seluler 4G. Meskipun Helio G99 yang memiliki performa lebih tinggi, Helio G96 masih menjadi chipset yang kuat untuk menjalankan gim tanpa hambatan.

Helio G96 pada Tecno Camon 19 Pro dibangun dengan fabrikasi 12 nm FinFET dari TSMC, dengan dua inti berkinerja tinggi ARM Cortex A76 (2,05 GHz) dan enam unit hemat daya ARM Cortex A55 (2,0 GHz). GPU yang digunakan adalah Mali G57 MC2 dengan frekuensi 950 MHz.

Meskipun GPU Helio G96 hanya memiliki dua unit eksekusi, chipset ini mendukung layar dengan refresh rate 120 Hz pada resolusi Full HD+ dan memori internal UFS 2.2. Helio G96 juga mendukung Bluetooth 5.2 dan mampu mendukung kamera dengan resolusi hingga 108 MP.

Tecno Camon 19 Pro tersedia dalam dua opsi konfigurasi memori, yaitu RAM 8 GB/128 GB dan RAM 8/256 GB. Sayangnya, ponsel ini tidak memiliki slot memori eksternal.

Menurut Nano Review, Tecno Camon 19 Pro memiliki skor tertinggi dalam uji AnTuTu v9 di antara ponsel lain yang menggunakan Helio G96, yaitu 348.212 poin. Bahkan ponsel ini mampu memainkan Genshin Impact pada pengaturan grafis tertinggi (60 FPS Terbaik), meskipun dengan frame rate yang agak tidak stabil.

Layar Besar 6,8 Inci dengan Refresh Rate 120 Hz

Tecno Camon 19 Pro hadir dengan layar yang lebih besar dari kebanyakan smartphone di pasaran, dengan ukuran 6,8 inci. Layarnya memiliki resolusi Full HD+ (1080 x 2460 piksel) dengan tingkat kerapatan piksel yang tajam, mencapai 395 ppi. Menurut pengujian GSM Arena, layar ini memiliki ketajaman yang sangat baik dan tampak unggul dalam penggunaan sehari-hari.

Sayangnya, ponsel ini menggunakan panel IPS LCD bukan AMOLED seperti beberapa pesaingnya di kelas menengah. Meski begitu, tingkat kecerahan layarnya mencapai 479 nit dengan rasio kontras 1597:1.

Tecno Camon 19 Pro tidak dilengkapi dengan mode kecerahan otomatis seperti umumnya pada smartphone lain, sehingga kecerahan maksimum hanya dapat diatur secara manual melalui slider.

Layar ponsel ini mencakup gamut warna DCI-P3, yang membuatnya mampu menghasilkan reproduksi warna yang kaya dan tajam. Meskipun tidak memiliki mode HDR, ponsel ini mendukung sertifikasi DRM Widevine L1 untuk menonton konten HD di platform streaming.

Tecno Camon 19 Pro juga menyediakan refresh rate tinggi sebesar 120 Hz dan touch sampling rate 240 Hz, mengikuti tren terbaru dalam dunia smartphone. Selain memberikan kenyamanan saat melakukan scroll dan navigasi, layar ini juga sangat responsif saat digunakan untuk bermain gim. Menurut pengujian GSM Arena, refresh rate 120 Hz bekerja dengan baik pada gim yang mendukungnya, seperti Dead Trigger 2 dan Alto's Odyssey.

Kamera 64 MP Triple Camera dengan Lensa Telefoto

Tecno Camon 19 Pro memiliki konfigurasi kamera yang unik di kelas menengahnya. Kamera utamanya memiliki resolusi 64 MP (f/1,6) dengan panjang fokus 26 mm dan ukuran sensor 1/1,7 inci. Kamera kedua menggunakan sensor telefoto 50 MP (f/2,0) dengan panjang fokus 50 mm yang mampu melakukan zoom optik 2x.

Sementara itu, kamera ketiganya adalah sensor kedalaman 2 MP (f/2,4) yang lebih berfungsi untuk melengkapi konfigurasi kamera, sehingga Tecno Camon 19 Pro memakai "Triple Camera" sebagai "judul" kamera.

Meskipun kamera 2 MP ini bisa diabaikan karena fungsi sensor kedalaman dapat digantikan oleh perangkat lunak, keberadaan fitur OIS pada kamera utama dapat meningkatkan pengalaman dalam memotret dan merekam video.

Dengan kamera 64 MP sebagai sensor utamanya, perangkat menggunakan teknologi Quad Bayer yang memungkinkan empat piksel berdekatan digabung menjadi satu piksel besar, menghasilkan output foto 16 MP.

Tecno Camon 19 Pro juga disebut-sebut sebagai ponsel pertama yang menggunakan sensor ISOCELL RGBW, sehingga mampu menangkap 30% lebih banyak cahaya. Beberapa contoh hasil foto dari kamera Tecno Camon 19 Pro juga telah dipamerkan.

Kualitas foto yang dihasilkan oleh kamera utama tergolong baik di bawah sinar matahari, dengan pencahayaan yang memadai dan detail yang terjaga. Namun, reproduksi warna pada hasil foto tidak begitu mencolok seperti yang diharapkan. Meski begitu, pengguna dapat mengaktifkan mode AI Color Enhancer untuk meningkatkan ketajaman warna.

Tecno Camon 19 Pro memiliki kamera depan dengan resolusi 32 MP yang menggunakan sensor Samsung ISOCELL S5KGD2 dan teknologi Quad Bayer, sehingga mampu menghasilkan foto selfie portrait 8 MP yang lebih baik dalam reproduksi warna kulit, tekstur, dan ketajaman, menurut GSM Arena.

Tersedia Konektivitas NFC

NFC (Near Field Communication) telah menjadi fitur umum yang tersedia pada banyak smartphone terjangkau. Oleh karena itu, keberadaan fitur NFC pada Tecno Camon 19 Pro sangat dihargai di kelas menengah.

Dengan NFC, pengguna dapat dengan mudah mengisi saldo e-money dengan membuka aplikasi dan menempelkan kartu ke bagian belakang ponsel. Fitur ini sangat membantu saat dalam perjalanan dan ingin membayar tol atau parkir.

Selain NFC, ponsel ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur konektivitas lain, seperti Bluetooth, A-GPS, FM Radio, dan port USB Type-C yang mendukung antarmuka on-the-go. Ponsel ini juga menyediakan port audio jack agar pengguna dapat menghubungkan earphone kabel tanpa perlu menggunakan adapter.

Baterai Tahan Lama 5.000 mAh dengan Fast Charging Cepat 33 W

Kapasitas baterai adalah salah satu faktor penting dalam smartphone, terutama bagi mereka yang menggunakan ponsel dalam aktivitas di luar ruangan. Namun, Anda tidak perlu khawatir tentang daya tahan baterai Tecno Camon 19 Pro, karena ponsel ini dilengkapi dengan baterai berkapasitas besar sebesar 5.000 mAh yang tahan lama.

Meskipun Helio G96 yang digunakan pada ponsel ini memiliki fabrikasi 12 nm, bukan 6 nm seperti Helio G99, daya tahan baterai tetap kuat. Menurut GSM Arena, endurance rating Tecno Camon 19 Pro mencapai 121 jam.

Durasi ini mencakup waktu bicara selama 37 jam 13 menit, browsing selama 15 jam, dan pemutaran video hampir 17 jam. Dibandingkan dengan Redmi Note 11 Pro (5.000 mAh) yang memiliki endurance rating 100 jam, ponsel ini masih lebih unggul. Namun, Tecno Camon 19 Pro kalah dari Samsung Galaxy A23 (5.000 mAh) yang memiliki skor endurance rating sebesar 130 jam.

Selain itu, Tecno Camon 19 Pro juga dilengkapi dengan fast charging 33 W yang memungkinkan pengisian daya baterai dengan cepat. Menurut pengujian GSM Arena, ponsel ini dapat mengisi daya baterai hingga 47% dalam 30 menit pengisian daya. Untuk pengisian daya penuh, diperlukan waktu sekitar 1 jam 28 menit.

Desain Modern dan Menarik dengan Bezel Tipis

Tecno Camon 19 Pro memiliki desain yang modern dan menarik. Produsen smartphone sering kali menggunakan desain camera bump berbentuk persegi panjang pada setiap produk, yang pada akhirnya membuat tampilan tersebut terasa monoton.

Sebagai alternatif, Tecno Camon 19 Pro menampilkan dua lingkaran besar di pojok kiri atas sebagai tempat kamera utama dan dua kamera pendamping, serta lampu LED Flash di sampingnya.

Bodi ponsel ini dirancang untuk memberikan pengalaman penggunaan yang nyaman dengan sisi bodi yang datar dan keempat sudut yang melengkung. Bagian depan ponsel memiliki desain kamera punch hole berbentuk lingkaran dengan bezel yang tipis di sisi kiri, kanan, dan atas. Bezel ini memiliki ketebalan 0,98 mm, sesuai dengan informasi dari Tecno.

Bodi dan frame bagian belakang terbuat dari plastik polikarbonat dengan finishing yang dirancang untuk menghindari peninggalan sidik jari. Dengan ketebalan 8,6 mm dan berat 204 gram, ponsel ini cukup ramping dan ringan.

Anda dapat memilih dari dua pilihan warna, yakni Polar Blue yang dapat berubah warna, atau Eco Black yang berwarna hitam elegan. Jika Anda mengutamakan tampilan desain, Tecno Camon 19 Pro bisa menjadi pilihan yang tepat.

Baca juga : 8 Kelebihan dan Kekurangan Infinix Hot 10s, Apa Saja?

Kekurangan Tecno Camon 19 Pro

Tecno Camon 19 Pro bukanlah satu-satunya ponsel kelas menengah yang memiliki kualitas yang layak. Mengingat persaingan yang ketat, wajar jika ada beberapa aspek yang masih kurang. Berikut adalah beberapa kekurangan Tecno Camon 19 Pro.

Tanpa Sertifikasi IP

Kecelakaan bisa terjadi kapan saja. Ponsel yang tidak memiliki sertifikasi tahan air akan berisiko cepat rusak, terutama jika digunakan di lokasi dengan curah hujan tinggi. Oleh karena itu, absennya sertifikasi Ingress Protection pada Tecno Camon 19 Pro cukup disayangkan.

Banyak ponsel kelas menengah yang sudah memiliki sertifikasi IP67, seperti Samsung Galaxy A53 5G dan Galaxy A33 5G. Seri Galaxy A dari Samsung dikenal memiliki IP Rating. Sertifikasi IP67 tidak hanya melindungi dari percikan air, tetapi juga memungkinkan ponsel tetap berfungsi meskipun terendam air.

Hanya Menyediakan Speaker Mono

Tecno Camon 19 Pro masih menjadi salah satu ponsel kelas menengah yang memiliki port audio 3.5 mm jack. Meskipun begitu, kualitas speaker di ponsel ini tergolong standar atau biasa saja.

Ini disebabkan oleh absennya speaker ganda untuk memberikan kualitas suara seimbang antara kiri dan kanan. GSM Arena mencatat bahwa kualitas suara dari speaker pada ponsel ini tergolong Average dengan skor kelantangan -28,7 LUFS.

Tidak Menyediakan Kamera Ultrawide

Konfigurasi kamera Tecno Camon 19 Pro memang patut diacungi jempol karena memiliki resolusi yang tinggi untuk kamera depan dan belakang. Namun, absennya kamera ultrawide pada ponsel ini bisa menjadi hal yang mengganjal.

Meskipun hadir dengan Triple Camera, Tecno memilih untuk menambahkan sensor kedalaman sebagai sensor ketiga, bukan kamera ultrawide. Kamera ultrawide sebenarnya sudah menjadi standar pada ponsel kelas menengah, sehingga membuat Tecno Camon 19 Pro kalah bersaing dengan pesaingnya.

Pengalaman Perekaman Video Kurang Memuaskan

Meskipun dilengkapi dengan OIS dan gyro-EIS sebagai stabilisasinya, hasil perekaman video di GSM Arena masih terlihat goyang. OIS tidak banyak membantu dalam meredam guncangan pada kamera utama.

Sementara itu, gyro-EIS hanya mampu meredam guncangan yang kuat, tetapi tidak efektif dalam meredam guncangan kecil yang membuat video terasa tidak nyaman saat ditonton.

Kamera utama dan kamera selfie mendukung perekaman hingga resolusi 1440p pada 30 FPS. Sementara kamera telefoto hanya mendukung hingga 1080p pada 30 FPS. Kamera belakang ponsel ini tidak mendukung perekaman video dalam resolusi 4K, sehingga tidak terlalu fleksibel saat diedit menggunakan aplikasi pengedit video. Video dengan resolusi rendah juga akan mengalami penurunan kualitas saat melewati proses kompresi oleh algoritma Instagram.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, Tecno Camon 19 Pro dapat Anda dapatkan dengan harga sekitar 280 dolar AS atau setara dengan Rp4,14 juta setelah dikonversi. Dalam kisaran harga tersebut, Anda akan mendapatkan layar besar 6,8 inci dengan refresh rate 120 Hz, performa yang kuat untuk bermain gim berkat Helio G96, baterai yang tahan lama, serta fitur NFC.

Namun, aspek fotografi pada Tecno Camon 19 Pro juga patut diacungi jempol, terutama dengan adanya lensa telefoto yang mampu menghasilkan detail dan ketajaman yang baik dalam foto. Namun, sayangnya, ponsel ini tidak menyediakan kamera ultrawide dan speaker stereo. Dalam hal ini, beberapa pesaingnya mungkin lebih unggul.

Sebagai kesimpulan, Tecno Camon 19 Pro menawarkan kombinasi fitur yang kuat dan harga yang terjangkau, dengan beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.