Inilah 7 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S21 5G

Samsung Galaxy S21 5G menempati posisi flagship termurah dalam jajaran Galaxy S21 tahun lalu, tetapi hal itu tidak mengurangi daya tariknya. Seri ini menyajikan berbagai peningkatan yang mengesankan bagi penggemar Samsung. Meskipun body belakangnya menggunakan material plastik dan semi glasstic, Galaxy S21 5G tampil dengan desain baru yang dikenal sebagai Contour Cut, yang menegaskan kehadirannya sebagai bagian dari lini S-series pada tahun 2021.

Samsung Galaxy S21 5G
Spesifikasi Samsung Galaxy S21 5G
  • Rilis : Januari 2021
  • Layar : 6.2 inci Dynamic AMOLED 2X 120Hz HDR10+ ~421ppi
  • Chipset : Exynos 2100 (5nm)
  • GPU : Mali-G78 MP14
  • RAM : 8 GB
  • Memori Internal : 128GB, 256 GB
  • Memori Eksternal : Tidak tersedia
  • Kamera Belakang : 12 MP (wide), 64 MP (telephoto), 12 MP (ultrawide)
  • Kamera Depan : 10 MP (wide)
  • Baterai : Li-Ion 4000 mAh, Fast Charging 25W

Selengkapnya : Spesifikasi Samsung Galaxy S21 5G dan Harganya

Sebagai versi dasar di antara dua saudaranya, Galaxy S21 5G memiliki beberapa kekurangan. Namun, pengguna Android tidak perlu khawatir karena kelebihan perangkat ini juga sangat menarik perhatian. Untuk memastikan tidak ada kesalahan dalam memilih, mari kita telusuri apa saja kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S21 5G.

Baca juga : 10 Kelebihan dan Kekurangan Smartphone Tecno Spark 9T

Kelebihan Samsung Galaxy S21 5G

Dalam industri smartphone, Samsung telah dikenal sebagai pemain utama yang selalu menghadirkan terobosan baru dengan setiap rilis perangkat high-end mereka. Samsung Galaxy S21 5G tidak terkecuali, menawarkan serangkaian kelebihan yang mengesankan. Mari kita bahas lebih detail mengenai keunggulan-keunggulan menarik dari perangkat ini.

Desain Yang Berkelas

Samsung Galaxy S21 5G menonjol dengan desain Contour Cut yang menarik perhatian. Penempatan modul kamera yang harmonis memberikan sentuhan premium pada perangkat ini, dengan bodi yang kokoh dan tahan lama. Tersedia dalam pilihan warna yang tenang, seperti Phantom Violet, Phantom White, Phantom Gray, dan Phantom Pink, perangkat ini cocok bagi mereka yang mencari smartphone bergaya. Meskipun menggunakan lapisan plastik daripada Gorilla Glass Victus seperti versi Ultra-nya, Galaxy S21 tetap memancarkan kesan mewah.

Dengan bobot hanya 169 gram, Galaxy S21 5G menjadi salah satu flagship paling ringan pada tahun 2021, berkat material yang digunakan dalam pembuatannya. Samsung juga memberikan perlindungan maksimal dengan menggunakan Gorilla Glass Victus pada kaca depan, sehingga mengurangi risiko goresan dan retak.

Layar Dynamic AMOLED 2X 120Hz

Galaxy S21 hadir dengan layar Dynamic AMOLED 2X berukuran 6,2 inci. Layar ini dapat menyesuaikan kecepatan refresh hingga 120Hz, tergantung pada aktivitas yang Anda lakukan di atas layar, apakah itu bermain game, menonton video, atau sekadar menjelajahi web.

Samsung telah dikenal akan kualitas panel layar yang luar biasa, dan Galaxy S21 5G tidak mengecewakan. Dengan menggunakan fitur Eye Comfort Shield, Anda dapat menggunakan perangkat ini dengan nyaman sepanjang hari. Selain itu, dukungan HDR10+ pada perangkat ini memastikan visualisasi video yang lebih nyata. Dengan tingkat kecerahan puncak mencapai 1.300 nits, Anda tidak akan mengalami masalah saat menggunakan ponsel di luar ruangan.

Sensor dan Fitur Kamera yang Menarik Perhatian

Bagian kamera selalu menjadi salah satu aspek yang dicari oleh generasi muda dalam sebuah smartphone. Samsung Galaxy S21 5G menempatkan sensor terbesar di belakang kamera telefoto, memungkinkan Anda untuk memperbesar objek foto dan mendapatkan detail yang luar biasa. Kombinasi tiga kamera belakang terdiri dari kamera utama 12MP, sensor ultrawide 12MP, dan kamera telefoto 64MP.

Samsung juga memperkenalkan mode baru dalam jajaran Galaxy S21 yang disebut Director's View. Dengan fitur ini, Anda dapat melihat pratinjau dari ketiga kamera yang menghadap ke belakang langsung di layar, sehingga Anda dapat dengan mudah beralih antara kamera saat sedang merekam video.

Fitur ini memungkinkan Anda untuk merekam video selfie dengan gaya picture-in-picture atau tampilan split-view, yang sangat populer untuk pembuatan konten di platform seperti YouTube, Instagram, dan TikTok.

Galaxy S21 5G juga dapat merekam video dengan resolusi hingga 8K, mirip dengan Galaxy Note 20 Ultra, dan juga dilengkapi dengan fitur Pro Video yang meningkatkan kemampuan pengambilan video berkualitas tinggi.

Performa yang Menjanjikan

Di pasar Amerika Serikat, Galaxy S21 5G didukung oleh chipset Qualcomm, sementara di pasar Indonesia dan beberapa wilayah lainnya, perangkat ini menggunakan chipset Exynos 2100 buatan Samsung. Performa Galaxy S21 5G terdengar sangat menjanjikan di segmennya.

Chipset Exynos 2100 memiliki tiga klaster dengan total 8 CPU, yang berperan penting dalam menjalankan aplikasi multitasking dan game dengan lancar. Dengan arsitektur octa-core, prosesor Exynos 2100 menawarkan kecepatan clock yang bervariasi.

Samsung mengklaim Exynos 2100 sebagai kinerja multi-core terbaru di pasar smartphone tahun lalu. Chipset ini terdiri dari satu core ARM Cortex-X1 dengan kecepatan clock 2,9GHz, tiga core CPU Cortex-A78 berperforma tinggi dengan kecepatan clock hingga 2,8GHz, serta empat core Cortex-A55 hemat daya yang berjalan pada 2,2GHz.

Exynos 2100 dilengkapi dengan GPU ARM Mali-G78 yang dapat meningkatkan dukungan untuk berbagai teknologi smartphone tingkat atas, seperti Augmented Reality, Mixed Reality, atau Virtual Reality. Dengan RAM 8GB dan penyimpanan internal 128/256GB, Galaxy S21 5G dapat diandalkan sebagai perangkat sehari-hari.

Kapasitas Baterai yang Besar

Galaxy S21 5G dilengkapi dengan baterai berkapasitas 4000mAh, yang sama dengan versi dasar Galaxy S20 sebelumnya. Meskipun tidak sebesar kapasitas baterai S21 Ultra atau S21 Plus yang mencapai 5000mAh dan 4800mAh, Galaxy S21 5G tetap mampu mendukung aktivitas sehari-hari dengan baik. Dengan kapasitas baterai yang sesuai dan standar untuk smartphone berukuran di bawah 6,5 inci, Anda dapat mengandalkannya sepanjang hari.

Dengan desain yang berkelas, layar yang memukau, kemampuan kamera yang menarik perhatian, performa yang menjanjikan, serta kapasitas baterai yang besar, Samsung Galaxy S21 5G membuktikan dirinya sebagai salah satu perangkat terbaik di kelasnya. Ponsel ini menghadirkan inovasi baru yang menggoda dan memenuhi kebutuhan para penggemar smartphone yang cerdas dan bergaya.

Baca juga : Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A31

Kekurangan Samsung Galaxy S21 5G

Galaxy S21 5G memang menawarkan banyak keunggulan yang menggoda, tetapi tidak luput dari beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli perangkat ini.

Resolusi Layar yang Tetap Full HD+

Meskipun layar FHD+ pada Galaxy S21 5G menawarkan kualitas visual yang baik, perlu diperhatikan bahwa beberapa pesaingnya dalam rentang harga yang sama menawarkan panel dengan resolusi lebih tinggi, seperti QHD+. Hal ini dapat memberikan pengalaman visual yang lebih tajam dan detail. Jadi, bagi mereka yang menginginkan kualitas layar terbaik dalam kelasnya, Galaxy S21 5G mungkin tidak memenuhi harapan.

Dukungan Fast Charge yang Tertinggal

Salah satu kekurangan Galaxy S21 5G terletak pada dukungan fast charge-nya. Meskipun Samsung dikenal dengan daya tahan baterainya yang baik, perangkat ini hanya mendukung pengisian daya cepat hingga 25W dengan kabel, sementara beberapa pesaingnya sudah mencapai tingkat pengisian daya 65W atau lebih. Ini berarti waktu pengisian baterai Galaxy S21 5G mungkin memakan waktu lebih lama dibandingkan dengan beberapa alternatif di pasar. Namun, sebagai penggantinya, perangkat ini menyediakan fitur pengisian daya nirkabel 15W dan pengisian daya terbalik hingga 4W, yang dapat digunakan untuk mengisi daya aksesori seperti Galaxy Buds.

Meskipun terdapat beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan, Samsung Galaxy S21 5G tetap merupakan pilihan yang menarik bagi mereka yang menginginkan smartphone tangguh dengan harga yang pas. Meskipun ada pesaing dengan spesifikasi yang lebih tinggi, Galaxy S21 5G menawarkan keunggulan lain seperti desain premium, kemampuan kamera yang menarik perhatian, dan performa yang handal. Jadi, dengan mempertimbangkan kekurangan-kekurangannya, Galaxy S21 5G tetap menjadi pilihan yang layak untuk dipertimbangkan.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.