Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A31

Dalam deretan ponsel seri Samsung Galaxy A yang beragam, Samsung Galaxy A31 hadir sebagai salah satu varian yang menarik. Sebagai penerus Samsung Galaxy A30s, Samsung Galaxy A31 menjanjikan berbagai fitur dan kemampuan yang menarik perhatian.

Samsung Galaxy A31
Spesifikasi Samsung Galaxy A31
  • Rilis : April 2020
  • Layar : 6.4 inci Super AMOLED
  • Chipset : MediaTek MT6768 Helio P65 (12nm)
  • GPU : Mali-G52 MC2
  • RAM : 6 GB, 8 GB
  • Memori Internal : 128 GB
  • Memori Eksternal : Tersedia, slot microSD
  • Kamera Belakang : 48 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 5 MP (macro), 5 MP (depth)
  • Kamera Depan : 20 MP (wide)
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, Fast Charging 15W

Selengkapnya : Spesifikasi Samsung Galaxy A31 dan Harganya

Meskipun dibandrol dengan harga sekitar Rp. 4,1 juta yang tergolong cukup tinggi, apakah ponsel ini mampu memberikan daya tarik yang sebanding dengan nilai investasinya? Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A31, mari kita telaah bersama-sama.

Baca juga : Inilah Beberapa Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A71

Kelebihan Samsung Galaxy A31

Jika Anda sedang mencari ponsel dengan berbagai keunggulan menarik, Samsung Galaxy A31 bisa menjadi pilihan yang tepat. Dengan spesifikasi unggulan yang dihadirkannya, ponsel ini menawarkan sejumlah fitur yang dapat memikat minat Anda.

Dari performa yang tangguh hingga kamera yang berkualitas, Samsung Galaxy A31 menjanjikan pengalaman yang memuaskan bagi para pengguna. Mari kita simak secara lebih rinci spesifikasi keunggulan yang ditawarkan oleh Samsung Galaxy A31 dalam artikel ini.

1. Empat Kamera yang Bagus

Samsung Galaxy A31 hadir dengan empat kamera di bagian belakang, mirip dengan saudaranya, Samsung Galaxy A51. Keempat kamera ini memiliki desain yang serupa dengan kamera Galaxy A51. Konfigurasi kameranya termasuk kamera utama 48 MP, kamera ultrawide 8 MP, kamera makro 5 MP, dan kamera depth sensor. Meskipun konfigurasinya mirip dengan Galaxy A51, terdapat perbedaan pada kamera ultrawide. Galaxy A51 menawarkan kamera ultrawide dengan resolusi 12 megapiksel yang lebih tinggi.

Perbedaan kualitas kamera antara Galaxy A31 dan Galaxy A51 juga terjadi karena keduanya memiliki chipset yang berbeda, yang berpengaruh pada kualitas pengolahan sinyal digital (Digital Signal Processing). Namun demikian, kualitas kamera pada Samsung Galaxy A31 tetap mengesankan. Dalam review dari KumparanTech, Samsung Galaxy A31 dikatakan memiliki performa kamera yang sangat baik. Kamera utamanya dengan resolusi 48 MP mampu menghasilkan gambar berkualitas tinggi, baik di dalam maupun di luar ruangan.

Samsung Galaxy A31 juga dilengkapi dengan fitur kamera lain yang mampu menghasilkan foto-foto bagus. Kamera ultrawide 8 MP mampu menangkap gambar dengan sudut pandang lebar, dan menurut KumparanTech, hasilnya cukup memuaskan. Sementara itu, kamera makro pada ponsel ini mampu menghasilkan gambar dengan detail tekstur dan warna yang kaya, meskipun menurut Dailysocial, gambar dari kamera makro tersebut sedikit kurang tajam.

Fitur kamera depth sensor pada Samsung Galaxy A31 juga berkontribusi dalam menghasilkan foto bokeh yang baik. Menurut situs web Uzone, kamera depth sensor dengan resolusi 5 megapiksel ini dapat menghasilkan foto dengan efek bokeh yang halus dan menarik. Secara keseluruhan, Samsung Galaxy A31 dapat dianggap sebagai ponsel dengan kamera yang bagus dan handal untuk harganya. Namun, disayangkan bahwa kamera belakang ponsel ini tidak dilengkapi dengan fitur Super Steady yang menarik, seperti halnya Samsung Galaxy A51 dan Samsung Galaxy A71.

Tak hanya kamera belakang, kamera selfie Samsung Galaxy A31 juga menawarkan hasil yang mengesankan. Dalam ulasan dari GSMArena, kamera selfie dengan resolusi 12 MP ini mampu mengambil foto dengan baik, menghasilkan warna dan detail yang bagus, serta rentang dinamis yang luas. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa Samsung Galaxy A31 merupakan ponsel dengan kamera yang solid dan dapat diandalkan dengan harga yang terjangkau.

2. Layar Super AMOLED yang Memukau

Samsung Galaxy A31 hadir dengan layar Super AMOLED 6,4 inci dan resolusi 1080 x 2400 piksel. Layar ini memiliki rasio screen-to-body sebesar 84,9 persen dan kerapatan piksel sebesar 411 ppi.

Dengan menggunakan panel Super AMOLED, ponsel ini mampu menghasilkan tampilan warna yang sangat kaya, terutama untuk warna hitam. Seperti yang diungkapkan oleh Dailysocial, tampilan pada ponsel ini memiliki warna-warna cerah dan tingkat hitam yang sangat mendalam.

Uzone juga menyatakan hal yang sama. Menurut Uzone, layar dengan panel AMOLED pada ponsel ini mampu memberikan warna yang menakjubkan. Layar seperti ini sangat nyaman untuk menonton video atau bermain game.

3. Sensor Sidik Jari pada Layar

Samsung Galaxy A31 mengoptimalkan penggunaan panel layar AMOLED-nya. Keberadaan panel AMOLED ini memungkinkan ponsel ini untuk menyertakan pemindai sidik jari di dalam layar, yang juga dikenal sebagai pemindai sidik jari di layar. Selain itu, ponsel ini juga dilengkapi dengan fitur pengenalan wajah, yang juga dikenal sebagai sensor pengenalan wajah.

4. Baterai yang Besar dan Awet

Samsung Galaxy A31 dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh. Kapasitas baterai ini sangat besar untuk seri ponsel Galaxy A. Sebagai perbandingan, Samsung Galaxy A30s dan Samsung Galaxy A31 hanya memiliki baterai berkapasitas 4.000 mAh.

Meskipun kapasitas baterai 5.000 mAh sudah bukan hal yang luar biasa karena beberapa ponsel lain juga memiliki baterai dengan kapasitas serupa, namun daya tahan baterai ponsel ini patut diacungi jempol.

Menurut Uzone, baterai pada perangkat ini mampu bertahan selama 24 jam dalam penggunaan sehari-hari yang normal. Hasil tersebut tentunya sangat mengesankan.

5. Desain Padat dan Modern

Samsung Galaxy A31 memiliki desain yang sederhana namun tidak mencolok. Ponsel ini tidak menampilkan desain yang aneh dan memiliki gaya yang simpel.

Pada bagian bawah, terdapat pola garis vertikal yang tidak memberikan kesan desain yang terlalu berbeda. Meskipun demikian, desain ini tetap menarik dan tidak terlalu mencolok.

Bagian belakang ponsel terbuat dari plastik. Penggunaan plastik sebagai bahan material sudah menjadi hal yang wajar karena banyak ponsel lain juga menggunakan desain serupa. Meskipun tampilannya menggunakan plastik, ponsel ini tetap kokoh dan nyaman saat digenggam.

Desain ramping pada ponsel ini dikombinasikan dengan bezel yang tipis di sekitar layar. Hal ini menciptakan tampilan yang cantik dan modern berkat konsep layar Infinity-U.

6. OneUI Android 10 dan NFC

Salah satu fitur yang paling menarik dari Samsung Galaxy A31 adalah antarmuka One UI 2.1, yang merupakan adaptasi dari Android 10. Antarmuka ini menyajikan beberapa fitur menarik bagi pengguna. Beberapa fitur menarik yang disediakan oleh One UI antara lain opsi mode layar yang hidup atau alami, akses cepat ke tepi layar, ikon aplikasi yang lebih besar, dan masih banyak lagi.

Selain itu, perlu dicatat bahwa Samsung Galaxy A31 juga dilengkapi dengan fitur NFC. NFC menjadi fitur yang sangat berguna, terutama mengingat harga ponsel ini yang berada di kisaran Rp 4 jutaan. Keberadaan NFC ini menjadi keunggulan tersendiri karena tidak banyak smartphone yang menyediakannya.

Baca juga : 10 Kelebihan dan Kekurangan Smartphone Tecno Spark Go 2023

Kekurangan Samsung Galaxy A31

Samsung Galaxy A31 memiliki beberapa kelemahan yang perlu diperhatikan. Berikut adalah empat area di mana Samsung Galaxy A31 menghadapi kelemahan.

1. Performa yang Tidak Tertandingi

Meskipun Samsung Galaxy A31 dilengkapi dengan chipset Helio P65 yang memiliki prosesor octa-core, performanya tergolong rata-rata. Skor Antutu 8 yang diperolehnya sebesar 149.999 juga tidak mengesankan. Terdapat ponsel lain dengan chipset Helio P65, seperti Vivo S1 dan Vivo Y19, yang dijual dengan harga lebih terjangkau dibandingkan Samsung Galaxy A31.

Meski demikian, penggunaan sehari-hari Samsung Galaxy A31 dapat memenuhi kebutuhan dengan baik. RAM 6GB dan memori internal 128GB memberikan kinerja yang memadai untuk tugas-tugas sehari-hari, meskipun tidak begitu kuat untuk bermain game.

2. Kamera Depan 20MP yang Kurang Maksimal

Kamera depan Samsung Galaxy A31 memiliki resolusi 20MP, yang lebih tinggi dibandingkan dengan pendahulunya, Galaxy A30. Namun, kualitas foto selfie yang dihasilkan kurang ideal dalam kondisi pencahayaan yang kurang memadai, terutama dalam ruangan. Banyak ponsel pesaing yang menawarkan kualitas kamera depan yang lebih baik.

Dalam perekaman video, kamera depan hanya mampu merekam dengan resolusi 1080p pada 30 frame per detik, yang tidak terlalu mengesankan.

3. Pengisian Cepat Hanya 15W

Samsung Galaxy A31 hanya mendukung teknologi pengisian cepat 15W, yang terbilang standar untuk ponsel pada rentang harga tersebut. Walaupun waktu pengisian penuh yang memakan waktu 1 jam 30 menit tergolong cepat, namun terdapat ponsel lain dengan teknologi pengisian daya yang lebih tinggi pada harga serupa.

4. Selisih Harga dengan Galaxy A51

Salah satu masalah utama Samsung Galaxy A31 adalah harganya, yaitu sekitar Rp. 4,1 juta. Harga ini tergolong tinggi jika dibandingkan dengan Samsung Galaxy A51 yang tersedia dengan harga sekitar Rp. 4,8 juta. Banyak penawaran online yang menjual Samsung Galaxy A51 dengan harga lebih rendah, sekitar Rp. 4,3 juta.

Dalam hal penampilan dan fitur, Samsung Galaxy A51 terlihat lebih menarik dan lebih baik daripada Galaxy A31. Oleh karena itu, dengan selisih harga yang sedikit, Galaxy A31 mungkin bukan pilihan yang baik. Harga yang lebih rendah, sekitar Rp. 3 juta atau kurang, dapat membuat Samsung Galaxy A31 menjadi pilihan yang lebih menarik. Namun, seiring berjalannya waktu, biaya ponsel cenderung menurun, sehingga perlu dipertimbangkan dengan baik sebelum membeli Samsung Galaxy A31.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.