Yuk, Cari Tahu Kelebihan dan Kekurangan Realme C25Y!

Realme C25Y, smartphone entry-level terbaru yang diluncurkan pada akhir November 2021, hadir dengan slogan "AI Camera 50MP, bisa digunakan sepanjang hari". Desain Realme C25Y sangat mirip dengan seri-seri C sebelumnya. Perangkat ini memiliki modul kamera persegi dengan sensor sidik jari di sampingnya.

Realme C25Y
Spesifikasi Realme C25Y
  • Rilis : September 2021
  • Layar : 6.5 inci IPS LCD
  • Chipset : Unisoc T610 (12nm)
  • GPU : Mali-G52
  • RAM : 4 GB
  • Memori Internal : 64 GB
  • Memori Eksternal : Tersedia, slot microSD
  • Kamera Belakang : 50 MP (wide), 2 MP (macro), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan : 8 MP (wide)
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, Fast Charging 18W

Selengkapnya : Spesifikasi Realme C25Y dan Harganya

Yang menarik, Realme C25Y memiliki permukaan yang tekstur sehingga sidik jari tidak mudah terlihat di bagian belakang perangkat. Realme telah merilis beberapa smartphone secara global pada bulan September, dan peluncuran resmi di Indonesia dilakukan pada bulan November, menunjukkan kesibukan mereka dalam menghadirkan produk-produk baru.

Selain Realme C25Y, mereka juga meluncurkan seri Realme 8 dan speaker Bluetooth Realme. Ini adalah kabar baik bagi para penggemar Realme. Dengan harga sekitar 2 jutaan, kalian sudah dapat memiliki Realme C25Y. Sebelum membelinya, penting untuk mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangannya.

Baca juga : Yuk, Ketahui 7 Kelebihan dan Kekurangan Realme GT Master Edition

Kelebihan Realme C25Y

Realme C25Y hadir dengan layar lebar, kamera standar, dan baterai kuat, menjadikannya pilihan menarik bagi pengguna Android yang mencari smartphone terbaru dengan anggaran terbatas. Meskipun sebagai varian lite dari Realme C25, fitur internalnya tetap memberikan performa yang memadai. Mari kita bahas lebih dalam mengenai kelebihan Realme C25Y.

1. Kamera Utama 50MP

Kelebihan pertama Realme C25Y adalah sensor kamera yang dimilikinya. Dengan tiga kamera, Realme C25Y menawarkan kualitas gambar yang dinamis. Kamera utama 50MP memberikan kemampuan untuk mengambil foto dengan resolusi tinggi hingga 8160 x 6144 piksel.

Dengan begitu, kalian dapat menghasilkan foto-foto jernih baik pada siang hari maupun malam hari. Tambahan sensor monokrom 2MP dan makro 2MP memberikan cakupan yang lebih luas untuk menghasilkan fotografi yang bagus.

Kamera selfie 8MP juga memadai untuk standar harga smartphone di kisaran 2 jutaan. Dengan dukungan kecerdasan buatan (AI), kamera ini cocok untuk videocall dan selfie berkualitas.

Realme C25Y juga memiliki kemampuan merekam video yang baik. Kamera belakang dapat merekam video Full HD 1080p (30 frame per detik) dan memiliki fitur zoom digital hingga 4x. Meskipun bukan yang terbaik, fitur-fitur ini tetap menjadi pilihan yang terjangkau.

2. Baterai Berkapasitas Tinggi

Keunggulan lain dari Realme C25Y adalah daya tahan baterainya yang lama. Dengan kapasitas baterai 5.000mAh, perangkat ini dapat bertahan hingga 48 hari dalam mode standby menurut pengujian Realme Lab. Pada penggunaan sehari-hari, baterai ini dapat digunakan selama 2 hari dengan nyaman. Dukungan teknologi pengisian cepat 18W juga memungkinkan pengisian daya yang lebih efisien.

Realme C25Y juga dilengkapi dengan Mode Hemat Daya Super. Dalam mode ini, meskipun baterai hanya tersisa 5%, perangkat ini masih dapat digunakan untuk panggilan telepon selama 2,21 jam, mendengarkan musik melalui Spotify selama 6,17 jam, menggunakan WhatsApp selama 1,62 jam, atau berada dalam mode standby selama lebih dari 59 jam. Fitur ini tentu sangat menarik.

3. Performa Mendukung Aktivitas Sehari-hari

Meskipun Realme C25Y menonjolkan keunggulan kamera, performanya tetap mampu mengatasi aktivitas sehari-hari dengan baik. Ditenagai oleh prosesor Unisoc T618 berarsitektur 64-bit Octa Core dengan GPU Arm Mali-G52, perangkat ini mampu memberikan performa yang memadai untuk penggunaan standar.

RAM 4GB dan penyimpanan internal 128GB memberikan ruang yang cukup untuk video, foto, dan file. Jika diperlukan, penyimpanan juga dapat diperluas hingga 256GB dengan kartu MicroSD.

Realme C25Y merupakan pilihan yang menarik bagi mereka yang mencari smartphone dengan harga terjangkau. Dengan kelebihan kamera, daya tahan baterai yang baik, dan performa yang memadai, Realme C25Y layak dipertimbangkan.

Baca juga : Inilah 7 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S21 5G

Kekurangan Realme C25Y

Meskipun Realme C25Y tidak mengikuti tren desain dan spesifikasi terkini, perangkat ini memiliki beberapa kekurangan yang perlu kalian ketahui.

1. Layar IPS LCD Beresolusi HD+

Realme C25Y menggunakan layar IPS 6,5 inci dengan resolusi HD+ yang dapat memenuhi kebutuhan pengguna dalam hal lebar layar. Namun, resolusi 720p dengan kepadatan piksel 270 ppi dan refresh rate 60Hz masih di bawah standar untuk smartphone terbaru di kisaran harga 2 jutaan. Jika kalian mencari visualisasi yang lebih menawan, ada opsi lain dengan layar full HD+ yang tersedia dalam budget yang sama.

2. Bobot Berat dan Body Tebal

Realme C25Y memiliki bobot total 200 gram dan ketebalan 9,1 mm. Bobot dan ketebalan ini terkait dengan baterai berkapasitas tinggi yang ditawarkan perangkat ini. Namun, kelebihan baterai tersebut juga membuatnya tergolong dalam kategori smartphone berat dan tebal. Jika kalian lebih menyukai desain ultra-tipis, hal ini bisa menjadi pertimbangan.

3. Penggunaan Micro USB

Hal yang mengejutkan adalah Realme masih menggunakan konektor Micro USB untuk pengisian daya pada perangkat terbarunya di akhir 2021. Mengingat keberadaan USB Type-C yang umum digunakan pada berbagai perangkat, ini merupakan kekurangan yang disayangkan. USB Type-C tidak hanya digunakan untuk transfer data, tetapi juga untuk pengisian daya, sehingga lebih efisien dan dapat menggantikan konektor listrik lainnya.

Itulah beberapa kekurangan Realme C25Y yang perlu kalian pertimbangkan. Meskipun demikian, perangkat ini masih menawarkan beberapa kelebihan yang layak dipertimbangkan.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.