Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan HP Oppo A74 5G

Dalam tahun ini, dukungan jaringan 5G telah menjadi fokus utama, terutama di segmen smartphone entry level dan kelas menengah di Indonesia. Jika Anda sedang mencari rekomendasi smartphone 5G terbaru yang tidak akan menguras kantong, maka Oppo A74 5G adalah pilihan yang layak dipertimbangkan.

Oppo A74 5G
Spesifikasi Oppo A74 5G
  • Rilis : April 2021
  • Layar : 6.5 inci LTPS IPS LCD 90Hz ~405ppi
  • Chipset : Qualcomm SM4350 Snapdragon 480 5G (8nm)
  • GPU : Adreno 619
  • RAM : 6 GB
  • Memori Internal : 128 GB
  • Memori Eksternal : Tersedia, slot microSD
  • Kamera Belakang : 48 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 2 MP (macro), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan : 16 MP (wide)
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, Fast Charging 18W

Selengkapnya : Spesifikasi Oppo A74 5G dan Harganya

Meskipun bukan termasuk dalam kategori ponsel 5G termurah atau yang paling lengkap fiturnya, Oppo A74 5G menawarkan harga yang masuk akal sambil tetap memiliki beberapa kelebihan yang dapat diandalkan.

Dengan harga sekitar 3 jutaan, Oppo A74 5G adalah salah satu ponsel 5G yang cukup terjangkau. Meskipun memiliki kesamaan dengan Oppo A54 5G, Oppo A74 5G menawarkan RAM yang 50% lebih besar dan kapasitas penyimpanan dua kali lipat lebih besar. Hal ini memberikan peningkatan kinerja dan ruang penyimpanan yang lebih baik bagi pengguna.

Tidak perlu menunggu lebih lama, saatnya untuk mengetahui kelebihan yang menjadi nilai jual Oppo A74 5G serta komponen mana yang termasuk kekurangannya. Oleh karena itu, penting untuk membaca artikel ini sampai selesai agar Anda dapat memperoleh informasi yang lengkap.

Baca juga : Yuk, Intip 11 Kelebihan dan Kekurangan Vivo V25e

Kelebihan Oppo A74 5G

Secara umum, Oppo A74 5G memiliki kelebihan yang juga dimiliki oleh versi 4G-nya. Namun, perbedaan performa akan sangat terasa karena chipset yang berbeda di antara keduanya. Mari kita bahas lebih dalam kelebihan Oppo A74 5G agar Anda tidak salah memilih.

1. Desain Simpel dan Menawan

Oppo dikenal sebagai vendor yang rajin meluncurkan smartphone dengan desain yang khas dan menarik. Hal ini terlihat pada seri Reno yang memiliki desain yang cantik dan kamera yang bagus. Oppo A74 5G juga tidak kalah menarik dalam hal desain.

Desain Oppo A74 5G memberikan kesan bahwa perangkat ini sangat menyenangkan untuk dilihat, dipegang, dan digunakan. Meskipun merupakan ponsel kelas menengah, Oppo A74 5G memiliki desain premium dengan tampilan metalik. Bagian belakangnya memiliki lengkungan yang halus dan tidak terlihat seperti plastik murahan, yang merupakan kelebihan tersendiri.

Ponsel ini juga hadir dalam dua varian warna, yaitu Fluid Black dan Space Silver, dengan warna yang menyebar dengan lembut.

2. Layar Besar dengan Resolusi Full HD+

Oppo A74 5G memiliki layar yang cukup besar dengan ukuran 6,5 inci dan resolusi Full HD+ (1080 x 2400 piksel). Layarnya memiliki kecepatan refresh maksimum 90Hz, namun Anda dapat mengubahnya ke 60Hz untuk meningkatkan daya tahan baterai sedikit.

Layar Oppo A74 5G juga telah dilengkapi dengan sertifikasi Widevine L1, sehingga Anda dapat menikmati konten favorit dalam resolusi HD di platform favorit Anda. Kualitas visualnya pun tak diragukan lagi, dengan kerapatan piksel mencapai 405 ppi.

3. Performa Kencang di Kelasnya

Kelebihan Oppo A74 5G terletak pada sektor performanya yang cukup menarik dibandingkan dengan pesaingnya. Ponsel ini dilengkapi dengan prosesor Snapdragon 480 5G dengan arsitektur 8nm. Chipset ini merupakan octa-core dual-cluster, dengan dua core berperforma tinggi 2.0GHz Kryo 460 dan enam core hemat daya 1.8GHz Kryo 460.

Meskipun angka-angka pada chipset ini tampak lebih rendah dibandingkan dengan prosesor terbaru, namun performanya hampir setara dengan efisiensi baterai Snapdragon 720G dengan sedikit lebih sedikit kekuatan dalam kinerja CPU dan gaming. Yang perlu diperhatikan adalah Snapdragon 480 5G diklaim lebih kuat daripada Snapdragon 662 karena menggunakan GPU kelas atas.

4. Mengusung Quad Kamera

Oppo tidak pernah ketinggalan dalam hal inovasi fitur kamera smartphone. Oppo A74 5G dilengkapi dengan empat kamera, termasuk sensor utama 48MP dengan PDAF dan aperture f/1.7, kamera ultra-wide 8MP (aperture f/2.0), serta dua sensor 2MP yang masing-masing didedikasikan untuk makro dan mono dengan aperture f/2.4. Di bagian depan, terdapat kamera selfie 8MP dengan aperture f/2.0.

Meskipun sensor utama 48MP tidak tergolong yang terbesar, Oppo A74 5G tetap memberikan kualitas foto yang baik. Anda juga dapat mengandalkan fitur-fitur inovatif dalam fotografi smartphone Oppo.

5. Baterai Besar dan Tahan Lama

Oppo A74 5G dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5.000mAh, yang cukup umum untuk smartphone di kelasnya. Dengan kapasitas baterai yang besar, Oppo A74 5G dapat bertahan selama sehari penuh atau bahkan lebih lama jika penggunaannya tidak terlalu intensif.

6. Kapasitas Penyimpanan yang Lega

Untuk mendapatkan performa yang lancar, Oppo A74 5G dilengkapi dengan kapasitas RAM 6GB dan penyimpanan internal 128GB. Keberadaan tipe penyimpanan UFS 2.1 juga memberikan keuntungan dalam kecepatan transfer data. Dengan konfigurasi ini, Anda dapat menjalankan game atau aplikasi berat tanpa mengalami lag.

7. Mendukung NFC

Salah satu kelebihan Oppo A74 5G adalah dukungan untuk fitur NFC. Dengan fitur ini, Anda dapat melakukan transaksi tanpa kontak dan memanfaatkannya dalam berbagai situasi, terutama dalam kondisi pandemi saat ini.

Itulah beberapa kelebihan Oppo A74 5G yang dapat Anda pertimbangkan saat memilih smartphone. Apakah ada hal lain yang bisa saya bantu?

Baca juga : 10 Kelebihan dan Kekurangan HP Oppo A17, Apa Saja?

Kekurangan Oppo A74 5G

Meskipun Oppo A74 5G telah berusaha memenuhi harapan pengguna dengan menjadi smartphone andalan masa kini, namun perangkat ini juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan. Berikut adalah informasinya:

1. Kualitas Rekaman Video yang Terbatas

Kekurangan pertama yang dapat ditemui pada Oppo A74 5G adalah keterbatasan chipset dalam merekam video. Perangkat ini hanya mampu merekam video hingga resolusi 1080p pada 30fps dan tidak dapat merekam video dengan kualitas ultrawide atau resolusi yang lebih tinggi. Hal ini dapat menjadi kekecewaan bagi pengguna yang menginginkan kemampuan merekam video berkualitas lebih tinggi, terutama dengan budget di kisaran 3 jutaan di mana seharusnya sudah bisa mendapatkan smartphone dengan kemampuan merekam minimal 4K.

2. Fast Charging Terbatas pada 18W

Meskipun Oppo A74 5G memiliki baterai yang besar dengan daya tahan yang baik, namun kekurangan lainnya terletak pada kemampuan fast charging yang terbatas hanya hingga 18W. Hal ini berarti pengisian daya tidak akan terlalu cepat, dan pengguna tidak dapat mengharapkan pengisian daya kurang dari 1 jam.

3. Panel Layar Masih Menggunakan LCD

Kekurangan lainnya dari Oppo A74 5G terletak pada panel layarnya. Sayangnya, Oppo masih menggunakan panel LCD pada perangkat ini, yang tidak dapat memberikan kontras dan reproduksi warna yang sebaik panel AMOLED. Hal ini dapat menjadi kekurangan bagi pengguna yang menginginkan pengalaman visual yang lebih baik pada smartphone dengan harga sekitar 3 jutaan.

Itulah informasi mengenai kelebihan dan kekurangan Oppo A74 5G sebagai smartphone 5G terbaru dari Oppo. Apakah menurut Anda smartphone ini layak untuk dibeli?

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.