10 Kelebihan dan Kekurangan HP Oppo A17, Apa Saja?

OPPO Indonesia telah meluncurkan produk baru dalam varian entry-level, yaitu OPPO A17. Varian ini hadir dengan tujuan memberikan pengalaman menggunakan smartphone yang serba bisa untuk mendukung aktivitas sehari-hari.

Oppo A17
Spesifikasi Oppo A17
  • Rilis : Oktober 2022
  • Layar : 6.56 inci IPS LCD
  • Chipset : MediaTek MT6765 Helio G35 (12nm)
  • GPU : PowerVR GE8320
  • RAM : 4 GB
  • Memori Internal : 64 GB
  • Memori Eksternal : Tersedia, slot microSD
  • Kamera Belakang : 50 MP (wide), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan : 5 MP (wide)
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh

Selengkapnya : Spesifikasi Oppo A17 dan Harganya

Meskipun spesifikasinya tidak terlalu mewah, OPPO A17 tetap menawarkan fitur berkualitas yang mendekati fitur yang ada pada ponsel flagship.

OPPO bahkan telah menyertakan kamera belakang baru dalam ponsel ini, sehingga menghasilkan gambar yang lebih baik. Pertanyaannya adalah, apa saja keunggulan yang dimiliki oleh OPPO A17 ini?

Baca juga : Yuk Intip 8 Kelebihan dan Kekurangan Oppo A54

Kelebihan OPPO A17

Teridentifikasi ada lima poin kelebihan yang ditemukan pada ponsel ini. Poin-poin ini merupakan kekuatan utama dari seri A OPPO. Apa saja itu? Mari kita bahas lebih detail.

Desain Mewah

OPPO A17 tampil dengan desain yang berbeda dari seri A16 dan A15, dengan tujuan menciptakan ponsel yang nyaman, terjangkau, namun tetap memberikan kesan mewah.

Ponsel ini memiliki desain retro ultra slim dengan bingkai tengah dan tepian datar. Desain ini memberikan tampilan yang ramping dan premium. Bodi belakangnya menggunakan pemrosesan komposit yang memberikan tampilan dan tekstur mirip kulit. Bagian dalamnya diembos dengan butiran kulit yang ringan, sedangkan bagian luar dilapisi dengan lapisan UV.

Bagian belakang ponsel ini juga terlihat lebih bersih karena menggunakan modul kamera berbentuk lingkaran dengan dua kamera. Modul pertama berisi kamera utama di bagian atas, sedangkan di bawahnya terdapat modul kedua dengan kamera depth dan LED Flash.

Sensor sidik jari ditempatkan di samping bodi, terintegrasi dengan tombol power. Penempatan sensor ini dianggap ideal untuk membuka ponsel dengan cepat.

Di bagian depan, OPPO A17 masih menggunakan desain lama dengan poni model waterdrop. Meskipun sebagai ponsel entry-level, hal ini sedikit mengecewakan karena pada harga yang sama sudah ada produk Android murah dengan desain yang lebih modern.

Selain modul kamera dan bodi belakang yang unik, OPPO A17 juga nyaman digenggam. Ponsel ini memiliki dimensi 164,2 x 75,6 x 8,3 mm dan berat 189 gram.

Terakhir, OPPO A17 sedikit unggul dibandingkan ponsel murah lainnya karena sudah dilengkapi dengan sertifikasi IPX4, yang membuatnya tahan air dan tahan debu.

Layar IPS HD+ yang Memuaskan

OPPO A17 menyasar pasar ponsel entry-level dengan sungguh-serius, dan untuk itu, ponsel ini dilengkapi dengan layar yang patut diperhatikan. Pada ponsel ini, terdapat layar panel IPS berukuran 6,56 inci. Layar ini memberikan visual yang cukup jelas dengan resolusi HD+.

Layar ini memiliki tingkat kecerahan yang sesuai, yaitu 430 nit dalam mode normal dan 600 nit dalam mode kecerahan tinggi. Dengan tingkat kecerahan yang pas ini, Anda dapat melihat tampilan layar di HP OPPO dengan jelas bahkan saat berada di luar ruangan pada siang hari.

Pilihan panel IPS ini mampu menampilkan warna yang memuaskan bagi mata pengguna. Keseimbangan warna yang diberikan juga cukup akurat. Anda dapat dengan nyaman melihat layar di luar ruangan karena tingkat kecerahan layar yang ideal.

Selain itu, OPPO juga menambahkan fitur AI Eye Care. Fitur ini membantu mengurangi rasa lelah dan iritasi pada mata akibat penggunaan layar dalam waktu lama.

Dengan sejumlah fitur tersebut, dapat dikatakan bahwa HP OPPO ini memiliki kualitas layar yang baik untuk penggunaan sehari-hari maupun bermain game. Namun, sayangnya, ponsel ini tidak dilengkapi dengan perlindungan anti gores dari Gorilla Glass. OPPO hanya menyediakan pelindung anti gores standar.

Versi Terbaru dari ColorOS

OPPO tetap menggunakan ColorOS sebagai antarmuka pengguna. Namun, ColorOS yang digunakan pada OPPO A17 adalah versi terbaru yang lebih ringan dan lebih aman. Ponsel ini menggunakan ColorOS 12.1 berbasis Android 12. ColorOS 12.1 hadir dengan sistem keamanan baru yang diklaim lebih baik daripada versi sebelumnya.

Dalam sistem ini, terdapat fitur permintaan kata sandi saat perangkat akan dimuat ulang. Fitur ini membantu mencegah pencuri atau orang yang tidak bertanggung jawab untuk mereset HP Anda secara sembarangan.

Kamera dengan Resolusi 50 MP

Meskipun OPPO seri A tidak ditujukan secara khusus untuk fotografi, OPPO berusaha untuk memberikan peningkatan pada sektor kamera di setiap seri.

Namun, sayangnya, dalam seri A17 ini, OPPO hanya membawa konfigurasi kamera yang sederhana. Ponsel ini hanya dilengkapi dengan dua kamera, yaitu kamera utama dan kamera depth.

Pada bagian belakang, OPPO A17 memiliki kamera utama dengan resolusi 50 MP dan bukaan f/2.2, serta fitur PDAF. Sedangkan kamera kedua hanya memiliki resolusi 2 MP. Untuk kamera depan, ponsel ini menggunakan kamera 5 MP dengan bukaan f/2.2.

Dalam hal hasil foto, OPPO A17 memberikan hasil yang cukup baik dengan warna yang akurat dan detail yang baik. Namun, pada kamera depan, detailnya sedikit kurang akurat karena penggunaan resolusi 5 MP. Seperti yang ditunjukkan dalam video di YouTube Sesuai Harga, hasil foto dari A17 cukup bagus.

Gambar yang dihasilkan cukup tajam dan detail. Saturasi warna dan kecerahan juga cukup pas. Namun, untuk foto selfie, hasilnya terlihat biasa saja.

Baca juga : Ketahui 7 Kelebihan dan Kekurangan Vivo X80 Pro

Kekurangan OPPO A17

Selain lima kelebihan di atas, ada juga lima hal lain yang perlu diperhatikan pada ponsel OPPO ini. Kelima hal ini dapat dianggap sebagai kekurangan, tergantung dari sudut pandang masing-masing pengguna dalam menilai ponsel ini.

Chipset Biasa untuk Kelas Harganya

OPPO tetap mengandalkan chipset MediaTek Helio G35 sebagai penggerak utama pada OPPO A17. Chipset ini juga digunakan pada OPPO A16. Pemilihan chipset ini didasarkan pada efisiensi konsumsi daya, performa yang baik, dan konektivitas 4G.

MediaTek Helio G35 dibuat dengan proses fabrikasi 12 nm. Chipset ini memiliki prosesor octa-core yang terdiri dari 4 core Cortex A53 dengan kecepatan 2,3 GHz untuk performa, dan 4 core Cortex A53 dengan kecepatan 1,8 GHz untuk efisiensi daya. GPU PowerVR GE8320 digunakan sebagai pengolah grafis pada chipset ini.

Prosesor octa-core ini dilengkapi dengan fitur HyperEngine untuk memberikan performa yang lancar dan efisiensi daya yang tinggi. OPPO A17 juga dilengkapi dengan RAM 4 GB dan memori internal 64 GB.

Untuk meningkatkan performa, OPPO juga menyediakan opsi RAM Extension hingga 4 GB, sehingga total RAM 8 GB dapat digunakan pada OPPO A17.

Menurut laman YouTube Sesuai Harga, OPPO A17 mendapatkan skor AnTuTu sebesar 109.149. Sedangkan skor GeekBench 5 untuk single-core mencapai angka 167 dan multicore mencapai angka 899. Dalam kelas harga 2 jutaan, performa HP ini dapat dikatakan sebagai biasa saja.

Refresh Rate Layar Hanya 60 Hz

Ponsel dengan kelas menengah dan flagship saat ini umumnya memiliki layar yang lebar. Tidak hanya lebar, beberapa layar juga dilengkapi dengan fitur refresh rate yang tinggi untuk memberikan pengalaman visual yang impresif.

Salah satu fitur yang sering diperhatikan adalah refresh rate. Beberapa ponsel terbaru saat ini sudah menggunakan refresh rate tinggi, mulai dari 90 Hz hingga 120 Hz. Namun, OPPO A17 hanya menggunakan refresh rate standar 60 Hz. Hal ini tidak berpengaruh terlalu banyak dalam penggunaan sehari-hari.

Namun, bagi mereka yang sering bermain game dan menjelajahi internet, refresh rate yang tinggi menjadi penting untuk mendapatkan tampilan animasi yang lebih halus dan lancar.

Tidak Dilengkapi Stereo Speaker

OPPO tampaknya belum memaksimalkan seri A dengan menyediakan stereo speaker. Hal ini cukup mengecewakan karena pada kelas harga yang sama, beberapa ponsel sudah dilengkapi dengan speaker stereo.

Kehadiran stereo speaker dapat memberikan pengalaman menonton video dan bermain game yang lebih seru dan menyenangkan. Suara dari speaker ganda juga lebih kuat dan lebih jernih dibandingkan dengan speaker tunggal biasa.

Kapasitas Baterai 5000 mAh Tanpa Fast Charging

OPPO telah menyematkan baterai dengan kapasitas 5000 mAh yang diklaim memiliki daya tahan yang lama. Namun, disayangkan bahwa baterai ini tidak didukung oleh fitur fast charging atau pengisian cepat. Padahal, fitur ini sangat berguna bagi pengguna yang mengandalkan smartphone secara intensif.

Dengan harga jual yang ditawarkan, seharusnya OPPO dapat menyediakan fitur pengisian cepat yang lebih baik, seperti 18W atau 25W. Pasalnya, dalam kisaran harga yang sama, ada produsen lain yang sudah menghadirkan fitur pengisian cepat 25W.

Tidak Dilengkapi Sensor Ultra-wide pada Kamera

Meskipun OPPO A17 ditujukan untuk kelas entry-level, ponsel ini mengalami peningkatan yang cukup baik pada sektor kamera. Kualitas foto yang dihasilkan cukup tajam dan detail. Namun, sayangnya produsen tidak menyertakan sensor ultra-wide dalam konfigurasi kamera belakang.

Ketidakhadiran sensor ini dapat dianggap sebagai kekurangan karena sensor ultra-wide sangat berguna untuk memotret objek dengan sudut pandang yang lebih luas. Meskipun begitu, Anda masih dapat menggunakan mode panorama untuk menghasilkan foto ala ultra-wide, meskipun lebih rumit dan memerlukan teknik khusus.

Masih Menggunakan Port MicroUSB

OPPO A17 menyediakan konektivitas yang cukup lengkap dengan dukungan jaringan seluler 4G, WiFi 5, dan FM Radio. Selain itu, terdapat juga Bluetooth 5.2 yang memiliki sejumlah peningkatan dibandingkan versi sebelumnya. Peningkatan tersebut mencakup keandalan, efisiensi energi, serta pengalaman pengguna di aplikasi.

Namun, sayangnya OPPO A17 masih menggunakan port microUSB. Hal ini dianggap sebagai kemunduran teknologi karena sebagian besar ponsel entry-level saat ini sudah beralih ke penggunaan USB Type-C. Kehadiran port microUSB ini menjadi penilaian negatif karena USB Type-C menawarkan kecepatan transfer data dan daya yang lebih cepat.

Kesimpulan

OPPO A17 merupakan ponsel harian dengan harga sekitar 2 jutaan yang menawarkan desain mewah, kamera 50 MP, dan sistem operasi baru. Keberadaan fitur anti air juga menjadi nilai tambah yang cocok digunakan dalam aktivitas sehari-hari tanpa khawatir terkena air hujan atau tumpahan minuman.

Meskipun menggunakan chipset MediaTek Helio G35 yang sudah digunakan pada seri A sebelumnya, adanya peningkatan memori RAM memastikan performa yang cukup baik.

Namun, terdapat dua kekurangan yang cukup fatal pada HP ini, yaitu tidak adanya fitur pengisian cepat baterai dan penggunaan port microUSB yang kurang optimal di era modern saat ini.

Bagi Anda yang mencari ponsel entry-level dengan desain layaknya flagship dan kemampuan kamera yang baik, OPPO A17 dapat menjadi pilihan yang menarik. Bagaimana menurut Anda? Apakah ponsel ini cukup menarik?

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.