Begini Cara Screenshot Realme C21 Panjang dan Gesture

Cara Screenshot Realme C21

Kali ini, kami akan memberikan panduan tentang cara mengambil tangkapan layar di Hp Realme C21, dengan tujuan membantu pengguna saat ingin berbagi gambar layar di media sosial atau sebagai bukti.

Ponsel ini memiliki layar berukuran 6.5 inci dengan resolusi 720 x 1600 piksel, serta dibekali baterai berkapasitas 5000 mAh. Di bagian kamera, terdapat dual kamera utama dan kamera selfie berkekuatan 16 MP, yang membantu menghasilkan foto dengan cakupan yang lebih luas.

Dalam era digital saat ini, menggunakan smartphone untuk berbagai aktivitas adalah hal yang biasa. Oleh karena itu, Realme C21 menjadi pilihan yang sangat tepat untuk pengguna. Setiap pengguna ponsel dapat dengan mudah mengambil tangkapan layar tanpa perlu mengunduh aplikasi tambahan.

Salah satu fitur yang ada di Realme C21 adalah Gesture screenshot yang memungkinkan pengguna untuk membuat tangkapan layar atau screenshot dengan lebih praktis. Selain itu, pengguna juga dapat mengambil tangkapan layar dengan tiga jari, membuat tangkapan layar panjang, atau menggunakan tombol fisik.

Baca juga : Cara Screenshot Realme 6, 6i, 6s dan 6 Pro

Cara Screenshot di HP Realme C21

Smartphone buatan Realme memang menarik perhatian banyak orang dari berbagai kalangan. Oleh karena itu, semakin banyak orang yang memilih menggunakan Realme C21 untuk memenuhi kebutuhan mereka dalam berbagai aktivitas, termasuk pengambilan tangkapan layar.

Untuk mempermudah pengguna dalam aktivitas ini, Realme telah menyediakan empat fitur tangkapan layar bawaan. Selain dapat menggunakan kombinasi tombol fisik, pengguna juga dapat mengambil tangkapan layar dengan menggunakan gestur tiga jari atau membuat tangkapan layar panjang.

1. Melalui Fitur Smart Sidebar

Sebenarnya, fitur Smart Sidebar tidak terlalu istimewa. Realme memperkenalkan fitur ini sejak Android Marshmallow dan tetap mempertahankannya di semua ponsel mereka.

Dengan fitur ini, Anda dapat membuat tangkapan layar tanpa harus menggunakan tombol fisik.

Berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk mengaktifkan dan menggunakan Smart Sidebar pada ponsel Realme:

  • Buka menu "Pengaturan" (Settings).
  • Pilih opsi "Alat Bantu" (Convenience tools).
  • Pilih "Bilah Samping Cerdas" (Smart Sidebar), lalu aktifkan fitur ini.
  • Setelah diaktifkan, Anda akan melihat Smart Sidebar melayang di layar ponsel Realme Anda.
  • Selanjutnya, Anda dapat memilih area yang ingin Anda tangkap.
  • Untuk mengambil tangkapan layar, buka Smart Sidebar dan ketuk ikon "Screenshot".

Pengguna dapat berterima kasih kepada sistem operasi RealmeUI yang memungkinkan kita untuk mengambil tangkapan layar tanpa harus repot menekan tombol fisik.

2. Screenshot Panjang di Realme C21

Berbeda dari yang lain, fitur ini umumnya digunakan untuk mengambil tangkapan layar dari halaman yang dapat digulir, seperti halaman blog ini.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Siapkan area yang dapat digulir yang ingin Anda tangkap, lalu buat tangkapan layar biasa.
  • Setelah gambar tangkapan layar muncul, Anda akan melihat beberapa pilihan, seperti Bagikan (Share), Edit, dan Long Screenshot (Screenshot Panjang).
  • Ketuk ikon Screenshot Panjang (Long Screenshot).
  • Selanjutnya, geser gambar ke atas atau ke bawah sesuai kebutuhan Anda.
  • Setelah selesai, ketuk tombol "Selesai" atau "Done" untuk menyimpan tangkapan layar panjang.

Metode khusus ini sangat berguna ketika Anda ingin mengambil gambar dari halaman yang panjang, seperti situs web atau dokumen, tanpa perlu menggabungkan gambar-gambar secara manual.

3. Menggunakan Tombol Fisik

Berbicara tentang pengambilan tangkapan layar menggunakan tombol, cara ini dapat diterapkan pada semua smartphone Realme, baik itu model baru maupun model lama.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka layar ponsel di area yang ingin Anda tangkap dalam tangkapan layar.
  • Kemudian, tekan tombol Daya dan tombol Volume Bawah secara bersamaan.
  • Jika berhasil, Anda akan mendengar suara kamera yang menandakan bahwa tangkapan layar telah diambil.
  • Setelah itu, Anda dapat memilih untuk mengedit atau berbagi gambar tangkapan layar.

Sebenarnya, cara mengambil tangkapan layar dengan tombol hampir sama dengan cara yang digunakan pada perangkat Android lainnya. Jika Anda ingin menggunakan metode yang lebih canggih, Anda dapat mengikuti panduan untuk menggunakan gestur tiga jari.

4. Gunakan Gesture 3 Jari

Sebenarnya, fitur ini telah ada sejak pembaharuan versi Realme UI. Namun, ternyata masih banyak pengguna Realme C21 yang tidak tahu cara menggunakan gesture screenshot dengan tiga jari.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan fitur gesture screenshot tiga jari:

  • Buka menu "Pengaturan" (Settings).
  • Ketuk opsi "Pengaturan Tambahan" (Additional settings).
  • Pilih "Screenshot," lalu ketuk "3 Finger Screenshot".
  • Sekarang, Anda dapat mengambil tangkapan layar dengan mengusapkan tiga jari Anda di layar.
  • Beberapa detik kemudian, layar akan berkedip.
  • Jika Anda ingin membagikan gambar kepada teman, ketuk "Bagikan" (Share).

Jika fitur gesture screenshot tiga jari ini mengganggu aktivitas Anda, Anda dapat mematikannya dengan mengikuti langkah-langkah di atas.

Baca juga : Cara Menghapus Watermak Foto Paling Mudah

Akhir Kata

Ini menjadi dasar pemikiran mengapa seseorang harus menyertakan tangkapan layar ponsel saat mengunggah pesan di platform seperti Whatsapp, Telegram, Snapchat, dan sebagainya. Ada banyak manfaat yang dapat diperoleh dengan menggunakan cara mengambil tangkapan layar di Hp Realme C21.

Itulah panduan cara mudah untuk mengambil tangkapan layar di Realme C21 dengan cepat dan praktis. Dengan demikian, Anda tidak perlu lagi repot mengunduh aplikasi tambahan atau melakukan rooting pada ponsel Anda hanya untuk mengambil tangkapan layar.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.