Anti Ribet! Simak 4 Cara Screenshot Realme 6, 6i, 6s dan 6 Pro

Cara Screenshot Realme 6, 6i, 6s dan 6 Pro

Smartphone terbaru Realme 6 dan Realme 6 Pro secara resmi diluncurkan pada pekan pertama Maret 2020. Beberapa bulan kemudian, produsen smartphone asal Tiongkok ini kembali merilis dua varian baru, yaitu Realme 6i dan Realme 6s.

Keempat perangkat ini menggunakan antarmuka RealmeUI (RUI), yang menggantikan ColorOS yang sebelumnya digunakan oleh Realme. Antarmuka ini mirip dengan yang digunakan pada Realme C3 yang dirilis sebelumnya. RealmeUI telah dilengkapi dengan berbagai fitur baru, termasuk fitur tangkapan layar yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan cuplikan layar.

Ada empat opsi yang ditawarkan untuk mengambil tangkapan layar, termasuk metode umum dengan tombol fisik, tangkapan layar tanpa tombol (melalui usapan layar atau swipe 3 jari), Smart Sidebar, dan tangkapan layar panjang.

Tangkapan layar adalah proses untuk mengambil gambar dari layar yang dapat digunakan untuk dokumentasi, bukti, berbagi di media sosial, dan banyak lagi.

Bagi pemilik Realme 6, 6i, 6s, atau Realme 6 Pro yang masih belum tahu bagaimana cara mengambil tangkapan layar, berikut panduan lengkapnya mulai dari penggunaan tombol, tanpa tombol, hingga tangkapan layar panjang.

Baca juga : Cara Screenshot Realme C21 Panjang dan Gesture

Cara Screenshot Realme 6 Series

Menggunakan Kombinasi Tombol Fisik

Metode pertama yang paling mudah digunakan adalah dengan menggunakan tombol fisik menggunakan kedua jari. Caranya adalah dengan menekan tombol [Power + Volume Bawah] secara bersamaan atau tekan dan tahan selama kurang lebih 2 detik.

Ketika screenshot berhasil diambil, layar akan berkedip diikuti dengan bunyi shutter atau muncul pop-up notifikasi yang berisi opsi untuk mengedit, berbagi, memotong, dan sebagainya.

Meskipun cara ini mudah dan praktis, penggunaan berulang seringkali dapat menyebabkan kerusakan pada kedua tombol tersebut. Untuk solusi terbaik, Anda dapat menggunakan opsi tanpa tombol dan tanpa menginstal aplikasi tambahan. Bagaimana caranya, berikut langkah-langkahnya.

Tanpa Tombol

Sejauh ini, Realme 6, 6 Pro, dan 6i menawarkan dua pilihan untuk mengambil tangkapan layar tanpa menggunakan tombol. Pertama, pengguna dapat menggunakan fitur swipe 3-jari, dan kedua, pengguna dapat menggunakan pintasan melalui Smart Sidebar.

Namun, untuk menggunakan kedua fitur ini, pengguna perlu mengaktifkannya terlebih dahulu melalui menu pengaturan. Berikut adalah panduan langkah demi langkahnya.

Usap Layar Tiga Jari

1. Pertama, buka menu [Pengaturan].

2. Selanjutnya, cari opsi [Alat Bantu] » [Gesekan & Gerakan], lalu aktifkan [Screenshot 3 Jari].

3. Setelah diaktifkan, pilih area layar yang ingin di-screenshot.

4. Untuk mengambil tangkapan layar hanya pada sebagian area layar, gesekkan tiga jari, tahan, dan arahkan ke area yang diinginkan. Lihat gambar di bawah untuk panduan lebih lanjut.

5. Jika tangkapan layar berhasil, ponsel akan mengeluarkan suara shutter atau layar akan berkedip.

6. Untuk melihat hasil tangkapan layar, buka folder galeri.

Smart Sidebar

Untuk menggunakan fitur screenshot melalui shortcut Smart Sidebar, Anda perlu mengaktifkannya terlebih dahulu. Berikut langkah-langkahnya.

1. Buka menu [Pengaturan] > [Peralatan Kenyamanan] > aktifkan [Smart Sidebar].

2. Setelah diaktifkan, masuk ke area layar yang ingin di-capture.

3. Geser dari kiri ke kanan pada bagian layar sebelah kanan untuk memunculkan Smart Sidebar.

4. Setelah Smart Sidebar muncul, ketuk menu [Screenshot] untuk mengambil tangkapan layar.

Harap diperhatikan bahwa Smart Sidebar pada Realme 6, 6i, 6 Pro, juga menyediakan berbagai pilihan lain seperti perekaman layar, manajer file, pesan, dan lainnya. Anda dapat dengan mudah mengatur, menambahkan, atau menghapus shortcut tersebut sesuai kebutuhan.

Baca juga : Cara Mengatasi Baterai HP Cepat Habis

Screenshot Panjang Realme 6 Series

Untuk membuat tangkapan layar yang panjang, Anda dapat menggunakan opsi Long Screenshot. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Pertama, ambil tangkapan layar menggunakan salah satu dari tiga metode yang telah dijelaskan sebelumnya.
  2. Setelah itu, ketuk gambar hasil tangkapan layar yang muncul di sisi kiri layar.
  3. Pilih opsi [Long Screenshot].
  4. Gulir ke bawah hingga mencapai area yang ingin Anda tangkap.
  5. Setelah selesai, ketuk [Selesai] (Done).

Dengan demikian, Anda telah berhasil mengambil tangkapan layar panjang di ponsel Realme 6, 6 Pro, 6i, dan 6s. Selamat mencoba! 

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.