Cara Screenshot di HP Vivo Y02 S-Capture dan 3 Jari

Cara Screenshot Vivo Y02

Pada akhir November 2022, Vivo Y02 secara resmi telah diperkenalkan di Indonesia untuk bersaing di kategori ponsel entry-level. Meskipun spesifikasinya cukup sederhana, Vivo Y02 hadir dengan beberapa fitur tangkapan layar modern yang memudahkan pengguna dalam mengambil gambar dari layar perangkat.

Ponsel ini dilengkapi dengan layar IPS seluas 6,51 inci dengan resolusi HD Plus (720 x 1.600 piksel), rasio aspek 20:9, dan kerapatan piksel sebesar 270 ppi. Layar ini memiliki poni berbentuk tetesan air yang menampung kamera selfie 5 MP.

Di bagian belakang, terdapat satu bulatan hitam yang cukup besar yang berfungsi sebagai rumah bagi kamera utama 8 MP dan satu lampu kilat LED.

Vivo Y02 ditenagai oleh chipset MediaTek Helio P22 dengan RAM 3 GB dan penyimpanan internal sebesar 32 GB, yang dapat diperluas hingga 1 TB menggunakan kartu microSD.

Ponsel ini juga dibekali dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh dan mendukung pengisian daya 10W melalui konektor microUSB. Ponsel ini menjalankan sistem operasi Android 12 Go dan dijual dengan harga sekitar Rp 1.499.000.

Baca juga : Cara Merekam Video Secara Diam-Diam Dalam Kondisi Layar HP Mati

Cara Screenshot Vivo Y02

Kombinasi Tombol Fisik

Salah satu metode paling umum dan populer untuk mengambil screenshot di hampir semua ponsel Android adalah dengan menggunakan kombinasi tombol fisik. Vivo Y02 juga mendukung metode ini. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pastikan Anda membuka layar atau aplikasi yang ingin Anda tangkap gambar layarnya.
  2. Tekan tombol daya (Power) dan tombol volume bawah secara bersamaan. Keduanya biasanya terletak di sisi ponsel.
  3. Tahan kedua tombol tersebut bersamaan selama beberapa detik. Tahan hingga Anda melihat atau mendengar efek suara yang menunjukkan bahwa tangkapan layar berhasil diambil.
  4. Hasil screenshot akan otomatis tersimpan dalam galeri ponsel Anda. Anda dapat mengaksesnya melalui aplikasi galeri di ponsel.

Metode ini sederhana dan efektif, dan Anda dapat menggunakannya untuk mengambil screenshot kapan saja Anda menginginkan gambar tampilan layar ponsel Anda.

Menggunakan Fitur S-Capture

Vivo Y02 dilengkapi dengan fitur S-Capture yang memudahkan pengguna untuk mengambil screenshot dengan berbagai opsi tambahan. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Seperti sebelumnya, pastikan Anda membuka layar atau aplikasi yang ingin Anda tangkap gambar layarnya.
  2. Untuk mengakses Panel Kontrol, cukup tarik jari Anda dari bagian atas layar ke bawah. Ini akan membuka Panel Kontrol yang berisi berbagai opsi.
  3. Di dalam Panel Kontrol, cari dan ketuk opsi "S-Capture". Ini akan membuka menu S-Capture.
  4. Dalam menu S-Capture, Anda akan menemukan berbagai opsi untuk mengambil screenshot, termasuk tangkapan layar panjang, tangkapan layar dengan bentuk khusus, dan banyak lagi. Pilih opsi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
  5. Setelah Anda memilih opsi yang diinginkan, screenshot akan diambil dan otomatis tersimpan di galeri ponsel Anda.

Fitur S-Capture sangat berguna ketika Anda membutuhkan lebih dari sekadar tangkapan layar standar. Anda dapat mengambil tangkapan layar panjang untuk merekam seluruh halaman web, atau menggunakan berbagai bentuk kreatif untuk screenshot Anda.

Menggunakan Gesture 3 Jari

Vivo Y02 juga mendukung fitur Gesture 3 Jari yang memungkinkan Anda untuk mengambil screenshot dengan gerakan tangan. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pastikan Anda telah mengaktifkan fitur Gesture 3 Jari di pengaturan ponsel Anda. Anda dapat menemukan opsi ini di pengaturan.
  2. Seperti sebelumnya, buka layar atau aplikasi yang ingin Anda tangkap gambar layarnya.
  3. Tempelkan tiga jari Anda ke layar secara bersamaan, lalu gesek jari-jari tersebut ke bawah. Ini akan mengambil screenshot seketika.
  4. Hasil screenshot akan otomatis tersimpan di galeri ponsel Anda untuk diakses nanti.

Fitur Gesture 3 Jari sangat berguna untuk pengguna yang lebih suka mengambil screenshot tanpa harus menggunakan tombol fisik atau menu S-Capture. Anda dapat mengambil screenshot dengan cepat dan mudah menggunakan gerakan tiga jari.

Baca juga : Cara Screenshot Redmi 8, 8A dan 8A Pro

Kesimpulan

Mengambil screenshot adalah fitur penting di ponsel cerdas seperti Vivo Y02. Dengan tiga metode yang berbeda, Anda dapat memilih cara yang paling sesuai dengan preferensi Anda. Apakah Anda lebih suka menggunakan kombinasi tombol fisik, fitur S-Capture, atau Gesture 3 Jari, Vivo Y02 memiliki semua yang Anda butuhkan untuk mengambil screenshot dengan mudah. Jadi, mulailah memanfaatkan fitur ini untuk merekam momen penting atau berbagi informasi dengan teman dan keluarga Anda.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.