Harga Realme C21 Terbaru 2024 dan Spesifikasi

Realme C21

Fitur Unggulan


  • Sertifikasi keandalan tinggi dari TUV Rheinland
  • Dual SIM
  • Slot microSD khusus, mampu menampung memori hingga 256 GB
  • Baterai 5000 mAh, mendukung pengisian balik
  • Konfigurasi tiga kamera belakang

Selengkapnya : Kelebihan dan kekurangan Realme C21

Spesifikasi Realme C21

Umum
Rilis2021
Jaringan2G, 3G, 4G
SIM CardDual SIM (Slot Khusus)
eSIMTidak

Body
Berat190 gram
Dimensi165.2 x 76.4 x 8.9 mm
Ketahanan
Fitur Lainnya

Layar
TipeIPS LCD
Ukuran6.5 inci
Refresh Rate60 Hz
Resolusi720 x 1600 piksel
Rasio20:9
Kerapatan270 ppi
Proteksi
Fitur Lainnya

Hardware
ChipsetMediaTek Helio G35
CPUOcta-core (4x2,3 GHz Cortex-A53 & 4x1,8 GHz Cortex-A53)
GPUPowerVR GE8320

Memori
RAM3 GB, 4 GB
Memori Internal32 GB, 64 GB
Memori EksternalAda (Slot Khusus)

Kamera Belakang
Jumlah Kamera3
Konfigurasi 13 MP (wide), f/2.2 2 MP (macro), f/2.4 2 MP (monochrome), f/2.4
FiturPDAF, LED flash, HDR, panorama, Video: 1080p@30fps

Kamera Depan
Jumlah Kamera1
Konfigurasi5 MP (wide), f/2.2
FiturHDR, panorama, Video: 1080p@30fps

Konektivitas
WLANWi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot
Bluetooth5.0, A2DP, LE
GPSGPS, A-GPS, GLONASS, BDS
InfraredTidak Ada
NFCTidak Ada
USBmicroUSB 2.0, USB On-The-Go

Baterai
TipeLi-Po
Kapasitas5000 mAh
FiturPengisian cepat 10W, Pengisian balik

Fitur
OS (Saat Rilis)Android 10, realme UI
SensorFingerprint (belakang), akselerometer, cahaya, proksimitas, kompas
Jack 3.5mmAda
WarnaCross Black, Cross Blue
Fitur LainnyaRadio FM

Benchmark
Antutu

Harga Realme C21

Harga
3/32 GB - Rp 1.429.900

Catatan: Informasi yang tercantum di atas mungkin tidak sepenuhnya akurat. Silakan hubungi kami jika anda menemukan kesalahan pada informasi di atas.

Selengkapnya Tentang Realme C21

Bagaimana desain HP realme C21?

Realme C21 memiliki dimensi 165.2 x 76.4 x 8.9 mm dan berat 190 gram. Meskipun ukurannya bisa dianggap agak besar, namun ponsel ini tetap nyaman digunakan dalam kegiatan sehari-hari.

Pada bagian depannya, realme memasangkan tampilan waterdrop notch yang populer pada saat peluncurannya. C21 juga menampilkan desain menarik meskipun menggunakan material plastik. Salah satu daya tariknya adalah konsep Geometric Art Design yang diusungnya.

Geometric Art Design tersebut mencakup aksen garis silang di bagian belakang bodi ponsel, memberikan sentuhan gaya yang dinamis. Selain memberikan tampilan yang menarik, desain ini juga membuat bagian belakang ponsel lebih tahan terhadap kotoran akibat noda sidik jari.

Apa saja varian warna HP realme C21?

Terdapat dua opsi warna untuk C21, yaitu Cross Black dan Cross Blue. Jika Anda lebih suka warna netral, maka pilihan warna hitam dapat dipertimbangkan. Sedangkan jika Anda menginginkan warna yang lebih kalem, opsi warna biru dapat menjadi pilihan.

Berapa inci layar realme C21?

C21 hadir dengan layar berukuran 6,5 inci dan rasio screen-to-body mencapai 89,5%. Dengan desain mini drop notch, ukuran layarnya terasa semakin luas.

Meskipun begitu, kualitas layarnya tergolong standar. Ponsel ini masih menggunakan panel IPS LCD dengan resolusi 720 x 1600 piksel.

Apakah layar HP realme C21 dilengkapi Gorilla Glass?

Tidak, ponsel Realme ini belum dilengkapi dengan lapisan Gorilla Glass untuk melindungi ponsel dari goresan.

Bagaimana konfigurasi kamera realme C21?

Realme C21 hadir dengan sistem kamera AI Triple Camera yang terdiri dari lensa utama 13 MP (f/2.2), lensa B&W 2 MP (f/2.4), dan lensa makro 2 MP (f/2.4). Selain itu, terdapat juga kamera selfie AI 5 MP (f/2.2).

Apakah kualitas kamera realme C21 bagus?

Secara keseluruhan, spesifikasi kamera pada smartphone ini dapat dianggap baik untuk harga realme C21 di kelas entry level. Hasil foto yang dihasilkan terlihat jernih, cerah, dan memiliki kontras warna yang bagus, terutama saat diambil dalam kondisi cahaya yang memadai.

Kamera utama smartphone ini juga telah dilengkapi dengan fitur yang cukup lengkap. Pengguna dapat memilih dari berbagai mode seperti Nightscape, Panoramic View, Expert, Portrait Mode, HDR, AI Beauty, Filter, Chroma Boost, dan Ultra Macro.

Sementara itu, untuk pengambilan video, pengguna dapat merekam dalam resolusi 720p atau 1080p@30fps sesuai kebutuhan. Terdapat juga pilihan mode pengambilan video Time Lapse dan Slow Motion yang dapat dimanfaatkan.

Berapa kapasitas RAM HP realme C21?

Smartphone dari seri C21 realme ini dapat diperoleh dalam dua opsi RAM dan memori internal. Opsi tersebut melibatkan RAM 3 GB dengan memori internal 32 GB, serta varian dengan RAM 4 GB dan memori internal 64 GB.

Chipset apa yang disematkan pada HP realme C21?

Dapur pacu C21 mengandalkan chipset Mediatek Helio G35. Meskipun pemilihan chipset ini terasa kurang mencolok dan kurang bersaing jika dibandingkan dengan pendahulunya seperti realme C15, namun di sisi positif, chipset Mediatek Helio G35 yang digunakan pada ponsel ini mampu mendukung penggunaan daya yang lebih efisien berkat fabrikasi yang diusungnya.

Realme melengkapinya dengan CPU Octa-core (4x2.3 GHz Cortex-A53 & 4x1.8 GHz Cortex-A53) dan GPU PowerVR GE8320. Kombinasi dapur pacu ini memberikan performa yang dapat diandalkan untuk penggunaan sehari-hari.

Dalam pengujian benchmark AnTuTu, C21 mencetak skor sebesar 106,373 poin. Meskipun skornya lebih tinggi daripada Asus Zenfone Max M2, namun berada di bawah Samsung Galaxy A03s dan realme 9A, meskipun perbedaannya tidak terlalu signifikan.

Apakah realme C21 cocok buat main game?

HP realme ini tidak optimal untuk gaming berat, mengingat spesifikasinya mulai dari chipset budget MediaTek Helio G35 SoC hingga RAM 3 GB/4 GB yang relatif kecil, membuat kinerjanya kurang kuat untuk bermain game yang memerlukan daya komputasi tinggi.

Meskipun demikian, dengan spesifikasi kartu grafis PowerVR GE8320, ponsel ini masih dapat digunakan untuk bermain game ringan seperti Candy Crush Saga atau Temple Run. Untuk game multiplayer seperti PUBG Mobile dan Call of Duty Mobile, masih dapat dimainkan dengan menurunkan pengaturan grafis agar kinerjanya tetap lancar.

realme C21 pakai sistem operasi Android apa?

Saat peluncurannya, realme C21 dibekali dengan sistem operasi Android 10 dengan antarmuka realme UI. Dengan spesifikasi ini, ponsel ini dapat menyajikan berbagai fitur tanpa membuat antarmukanya terlihat berantakan.

Beberapa fitur menarik yang terdapat pada sistem operasi ini melibatkan Dual Mode Music Share, yang memungkinkan pengguna mendengarkan musik bersama teman secara bersamaan. Selain itu, terdapat dukungan Mode Fokus yang dapat digunakan untuk mematikan notifikasi yang dapat mengganggu kenyamanan saat menonton video di ponsel.

Berapa kapasitas baterai HP realme C21?

Realme C21 dilengkapi dengan kapasitas baterai sebesar 5000 mAh. Kapasitas baterai yang besar ini membuat HP memiliki daya tahan yang lebih lama saat digunakan, sehingga Anda tidak perlu mengisi ulang baterai berulang kali dalam sehari.

Jika digunakan untuk keperluan kasual sehari-hari, C21 dapat bertahan hingga 2 hari tanpa perlu diisi ulang! Dalam uji coba, smartphone realme ini bahkan dapat memainkan video HD selama 24 jam 21 menit dari baterai penuh hingga habis.

Daya tahan baterai 5000 mAh ini semakin ditingkatkan dengan hadirnya fitur seperti Super Power Saving Mode yang berguna ketika ponsel hampir kehabisan daya. Dengan fitur ini, Anda masih bisa menggunakan C21 untuk mengakses aplikasi WhatsApp selama 85 menit meskipun daya baterai tersisa hanya 5%.

Apakah realme C21 didukung fast charging?

Ponsel ini tidak mendukung pengisian daya cepat. Menggunakan charger 10W yang disertakan, Anda akan memerlukan waktu sekitar 3 jam untuk mengisi baterai C21 hingga penuh.

realme C21 apakah bisa dual SIM?

Ya, realme C21 sudah dilengkapi dengan tiga slot kartu yang dapat digunakan untuk dual SIM dan satu kartu memori eksternal tambahan.

Apakah realme C21 tahan air?

Realme tidak secara eksplisit menyebutkan apakah smartphone ini telah dilengkapi dengan sertifikasi IP Rating untuk tahan air dan debu atau tidak.

Bagaimana ketahanan HP realme C21?

HP realme ini dikatakan memiliki daya tahan yang lebih baik. Hal ini karena C21 telah melewati serangkaian pengujian kualitas yang ketat dan telah memperoleh sertifikasi lulus uji ketahanan smartphone dari TUV Rheinland. Oleh karena itu, umur ponsel ini diklaim menjadi lebih tahan lama.

Apakah realme C21 ada sensor sidik jari?

Iya, realme telah menyematkan sensor sidik jari pada bagian belakang bodi seri C21. Proses membuka kunci layar ponsel menjadi lebih cepat dan tetap aman.

realme C21 apakah sudah pakai USB Type-C?

Tidak, ponsel entry level dari realme ini masih menggunakan port microUSB 2.0, bukan USB Type-C.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.