Cara Screenshot Realme C20 Menggunakan Fitur Bawaan

Cara Screenshot Realme C20

Di ponsel Realme C20, fitur tangkapan layar (screenshot) telah ditingkatkan lebih lanjut oleh Realme. Anda dapat mengambil tangkapan layar dengan berbagai cara, mulai dari kombinasi tombol, gerakan tangan di atas layar, hingga menggunakan gestur.

Layar Realme C20 memiliki ukuran 6.5 inci dengan kerapatan 270 ppi. Ponsel ini didukung oleh chipset Helio G35 buatan MediaTek serta GPU PowerVR GE8320.

Salah satu fitur menarik yang perlu Anda coba di Realme C20 adalah "3-finger swipe down," yang membuat pengambilan tangkapan layar semakin praktis. Selain menggunakan tiga jari, pengguna juga memiliki opsi metode lain.

Mengambil tangkapan layar di Realme memiliki banyak kegunaan yang mempermudah berbagai aktivitas, seperti berbagi tutorial kepada teman atau keperluan lainnya. Untuk panduan langkah demi langkah tentang cara mengambil tangkapan layar di Realme C20, berikut penjelasannya.

Baca juga : Cara Menonaktifkan Talkback di HP Realme Semua Tipe

Cara Screenshot di HP Realme C20

Pada dasarnya, pengambilan tangkapan layar di ponsel Realme dilakukan dengan cara yang sama. Tetapi masih banyak pengguna yang merasa bingung ketika hendak mengambil tangkapan layar pada smartphone ini. Hal ini mungkin disebabkan oleh fakta bahwa beberapa pengguna hanya mengenal cara menggunakan tombol fisik.

Terdapat beberapa metode yang dapat digunakan untuk mengambil tangkapan layar pada perangkat Realme. Mulai dari penggunaan kombinasi tombol fisik hingga memanfaatkan fitur-fitur canggih lainnya. Selain itu, Anda juga dapat membuat tangkapan layar panjang, menggunakan gestur tiga jari, atau memanfaatkan Smart Sidebar.

1. Menggunakan Tombol

Cara mengambil tangkapan layar di Realme tidaklah terlalu sulit dan Anda tidak perlu menginstal aplikasi tambahan.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Tentukan halaman atau area yang ingin Anda tangkap.
  • Tekan tombol Volume Bawah dan tombol Daya secara bersamaan.
  • Setelahnya, Anda akan melihat gambar tangkapan layar dan opsi untuk berbagi.

Meskipun metode ini sudah umum dan banyak digunakan, sebagian pengguna mungkin lebih suka menggunakan metode yang lebih canggih, seperti menggunakan fitur tangkapan layar tiga jari.

2. Gunakan Gesture 3 Jari

Fitur tangkapan layar tiga jari di Realme C20 sangat mempermudah pengguna karena dapat menghemat waktu dibandingkan dengan menggunakan tombol fisik. Di sini, kami akan memberikan panduan tentang cara menggunakan fitur tangkapan layar tiga jari di Realme C20 bagi pengguna yang mungkin masih belum familiar dengan cara melakukannya.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka menu "Pengaturan" (Settings).
  • Pilih opsi "Pengaturan Tambahan" (Additional settings).
  • Selanjutnya, pilih "Gambar Layar" (Screenshot).
  • Aktifkan fitur "Gesek Turun 3 Jari" (3-finger swipe down).
  • Setelah mengaktifkan fitur tersebut, Anda cukup mengusapkan tiga jari Anda pada layar untuk mengambil tangkapan layar.
  • Ponsel Anda akan memberikan umpan balik dengan berkedip dan mengeluarkan suara kamera.

Cara ini memang terlihat keren, tetapi ada beberapa pengguna yang merasa terganggu olehnya saat bermain game. Solusinya cukup dengan menonaktifkan kembali fitur ini melalui pengaturan yang sama.

3. Smart Sidebar

Sebenarnya, fitur Smart Sidebar tidak begitu istimewa. Realme memperkenalkan fitur ini sejak Android Nougat dan tetap mempertahankannya di semua ponsel mereka.

Melalui fitur Smart Sidebar ini, pengguna dapat membuat tangkapan layar tanpa perlu mengunduh aplikasi screenshot tambahan dari Play Store.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka menu "Pengaturan".
  • Gulir ke bawah hingga Anda menemukan opsi "Alat Serba Guna", lalu ketuk "Bilah Samping Cerdas".
  • Aktifkan fitur ini dengan mengetuk tombol "On".
  • Selanjutnya, Anda dapat memilih area yang ingin diambil tangkapan layarnya.
  • Ketuk ikon Smart Sidebar, lalu pilih pintasan "Screenshot".

Setelah berhasil mengambil tangkapan layar, pengguna dapat melihat dan mengedit hasilnya melalui aplikasi "Foto". Dari aplikasi tersebut, masuk ke bagian Album, lalu pilih "Screenshot".

Baca juga : Cara Menampilkan Tanggal, Waktu dan Lokasi Pada Kamera iPhone

4. Screenshot Panjang

Bagi pengguna HP Realme C20 dengan sistem operasi RealmeUI, membuat tangkapan layar panjang sangat mudah karena sudah menjadi fitur bawaan dari Realme. Namun, masih banyak yang mungkin belum terbiasa menggunakan fitur tangkapan layar panjang ini.

Berikut adalah cara melakukan tangkapan layar panjang di Realme C20 tanpa perlu mengunduh aplikasi tambahan, dengan tampilan yang ramah pengguna untuk semua kalangan:

  • Buka halaman yang ingin Anda tangkap dalam bentuk tangkapan layar panjang, seperti misalnya sebuah artikel di Chrome yang lebih panjang dari satu layar.
  • Lakukan tangkapan layar dengan menekan tombol daya dan tombol volume bawah secara bersamaan.
  • Setelah beberapa saat, gambar tangkapan layar akan muncul di layar Realme C20, lalu ketuk tombol "Screenshot Panjang" (Long screenshot).
  • Selanjutnya, gulirkan gambar sepanjang yang Anda inginkan.
  • Setelah selesai, ketuk tombol "Selesai".
  • Setelah Anda membuat tangkapan layar panjang, Anda dapat memilih opsi "Edit" untuk menambahkan pencahayaan, filter, atau teks.

Tangkapan layar panjang memungkinkan Anda untuk menyimpan gambar layar dalam bentuk yang lebih panjang, sangat berguna untuk mengambil tangkapan halaman website atau tampilan linimasa Facebook yang panjang.

Ponsel Realme semakin canggih dengan dukungan fitur tangkapan layar di semua ponselnya. Namun, jika Anda merasa kurang puas, Anda juga dapat menggunakan aplikasi tambahan untuk mengambil tangkapan layar.

Demikianlah cara membuat tangkapan layar di HP Realme C20 lebih cepat dan mudah. Semoga tutorial ini berhasil dan bermanfaat bagi Anda.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.