3 Cara Screenshot Samsung Galaxy A10 dan A10s dengan Fitur Bawaan

Cara Screenshot Samsung Galaxy A10 dan A10s

Dalam banyak situasi, kita seringkali perlu untuk mengambil tangkapan layar dari ponsel kita, yang biasa disebut sebagai "screenshot." Meskipun hal ini tampak sederhana, banyak orang masih bingung tentang langkah-langkah yang benar untuk melakukannya.

Meskipun kita bisa menggunakan kombinasi tombol fisik pada ponsel, pengguna saat ini memiliki opsi untuk mencoba metode screenshot dengan mengusap tiga jari pada perangkat Samsung Galaxy A10 dan A10s mereka. Tentu saja, ini memerlukan pengaturan pada sistem Android agar fitur gesekan ini dapat digunakan.

Selain itu, ada hal menarik lainnya, di mana untuk versi Android tertentu, Anda dapat mencoba metode screenshot panjang di ponsel Samsung Galaxy A10 dan A10s. Fitur ini berguna ketika Anda ingin mengambil tangkapan layar yang lebih panjang dan hanya perlu satu kali tangkapan.

Oleh karena itu, dalam artikel ini, saya akan menjelaskan cara mengambil tangkapan layar dengan tombol kombinasi, menggunakan tiga jari, serta metode screenshot panjang di ponsel Samsung Galaxy A10 dan A10s. Namun sebelum kita masuk ke langkah-langkahnya, mari kita simak beberapa penjelasan berikut.

Baca juga : Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Vivo Semua Tipe

Cara Screenshot Samsung Galaxy A10 dan A10s

Screenshot, atau sering disebut "ss," adalah metode yang memungkinkan pengguna ponsel Android untuk mengambil gambar dari tampilan layar mereka. Secara sederhana, ini adalah cara untuk mengambil foto dari apa yang terlihat pada layar ponsel Anda.

Tentu saja, screenshot sangat berguna ketika Anda perlu merekam atau menyimpan informasi penting yang muncul di layar ponsel Anda. Karena itulah, banyak orang mencari cara yang mudah dan efisien untuk melakukan screenshot di ponsel Samsung Galaxy A10 dan A10s mereka, baik dengan menggunakan tombol fisik, gestur tiga jari, tombol navigasi, dan lainnya.

Bagi mereka yang belum terbiasa dengan proses ini, metode-metode tersebut mungkin terasa sulit. Oleh karena itu, dalam artikel ini, saya akan menjelaskan satu per satu, beserta langkah-langkahnya, cara melakukan screenshot di ponsel Samsung Galaxy A10 dan A10s Anda untuk memudahkan Anda memahaminya.

1. Kombinasi Tombol Fisik

Pertama-tama, saya akan menjelaskan metode pengambilan screenshot menggunakan tombol kombinasi. Seperti yang telah kita ketahui, hampir semua merek ponsel memiliki tombol kombinasi khusus untuk melakukan screenshot dengan mudah, dan ini juga berlaku untuk Samsung Galaxy A10 dan A10s. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka layar atau aplikasi yang ingin Anda tangkap.
  • Tekan tombol daya (power) dan tombol volume bawah (-) secara bersamaan dan tahan selama 2-3 detik.
  • Ponsel Anda akan secara otomatis mengambil tangkapan layar.
  • Hasil screenshot akan disimpan di galeri foto ponsel Anda.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah dan praktis mengambil screenshot di ponsel Samsung Galaxy A10 dan A10s Anda menggunakan tombol kombinasi.

2. Usap 3 Jari

Selain menggunakan tombol, Anda juga dapat mencoba cara untuk mengambil screenshot di Samsung Galaxy A10 dan A10s tanpa tombol menggunakan gestur usap 3 jari. Hampir semua merek ponsel kini menyediakan fitur ini, dan Anda perlu mengaktifkannya melalui pengaturan gestur atau gerakan terlebih dahulu. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka menu pengaturan pada ponsel Anda.
  • Cari opsi "Gestur" atau "Gerakan".
  • Pilih opsi "Screenshot 3 jari".

Setelah mengaktifkan fitur ini, Anda dapat mengambil screenshot tiga jari di Samsung Galaxy A10 dan A10s dengan langkah-langkah berikut:

  • Buka layar atau aplikasi yang ingin Anda tangkap.
  • Usap tiga jari Anda dari atas ke bawah layar.
  • Ponsel secara otomatis akan mengambil screenshot.
  • Hasil screenshot akan tersimpan di galeri foto Anda.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah dan praktis mengambil screenshot menggunakan gestur usap 3 jari di ponsel Samsung Galaxy A10 dan A10s Anda.

3. Bar Notifikasi

Selain menggunakan tombol dan gestur, Anda juga dapat mencoba cara mengambil screenshot di Samsung Galaxy A10 dan A10s melalui menu navigasi atau bar status. Fitur ini biasanya terdapat dalam menu navigasi yang Anda scroll dari atas ke bawah pada layar ponsel. Langkah-langkahnya tergantung pada versi Android yang Anda gunakan. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka layar atau aplikasi yang ingin Anda tangkap.
  • Gulir layar dari atas ke bawah hingga muncul menu navigasi atau bar status.
  • Cari opsi "Tangkap Layar" atau "Screenshot".
  • Pilih opsi tersebut, dan ponsel secara otomatis akan mengambil screenshot.
  • Hasil screenshot akan tersimpan di galeri foto Anda.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah mengambil screenshot tanpa tombol menggunakan menu navigasi atau bar status pada ponsel Samsung Galaxy A10 dan A10s Anda.

Baca juga : Kode Cek HP Samsung untuk Mengetahui Asli atau Tidak

4. Screenshot Panjang

Untuk melakukan screenshot panjang pada Samsung Galaxy A10 dan A10s, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Lakukan screenshot seperti biasa menggunakan tombol atau gestur yang telah dijelaskan sebelumnya.
  • Setelah melakukan screenshot, hasil tangkapan layar akan muncul di layar dalam bentuk gambar miniatur.
  • Sentuh gambar miniatur tersebut untuk membukanya.
  • Gulir atau scroll ke area yang ingin Anda tangkap dalam tangkapan layar panjang.
  • Jika sudah sampai pada bagian akhir yang Anda inginkan, tekan opsi "Simpan" atau "Save" yang muncul.
  • Hasil screenshot panjang akan tersimpan di galeri ponsel Anda.

Dengan langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah mengambil screenshot panjang sesuai kebutuhan pada ponsel Samsung Galaxy A10 dan A10s Anda.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.