Aman!! Begini Cara Mengaktifkan VPN di iPhone dengan Mudah dan Cepat

Cara Mengaktifkan VPN di iPhone

VPN memiliki peranan yang cukup penting untuk mengamankan data-data di iPhone. Maka dari itu kamu perlu tahu bagaimana cara kerja VPN pada berbagai perangkat, khususnya iPhone.

Secara umum, VPN akan membuat terowongan yang telah dienkripsi antara iPhone dengan koneksi internet. Dengan begitu ketika ada pihak luar yang ingin melakukan hal-hal yang melanggar privasi maka tidak bisa diketahui.

VPN sendiri memiliki server yang berada di berbagai negara, seperti US, UK, Singapura dan lainnya. Jadi data yang kamu kirimkan ke pengguna lain melalui protokol iP tidak melalui jaringan WiFi yang digunakan.

WiFi hanya sebagai sarana kamu terhubung dengan VPN. Jadi ketika kamu mengirimkan pesan maka dengan sendirinya terenkripsi dan menggunakan iP dari VPN. Setelah itu data akan dikirimkan ke pengguna lain yang kamu tuju. Dengan demikian tentu akan lebih aman karena tidak melalui IP dari WiFi melainkan dari VPN.

Baca juga : Cara Menampilkan Tanggal, Waktu dan Lokasi Pada Kamera iPhone

Cara Mengaktifkan VPN di iPhone Semua Tipe

Apakah menyalakan VPN di iPhone sama dengan di Android? Tentu saja tidak. Mengingat iPhone ini menggunakan OS yang berbeda yakni iOS. Tapi kamu tak perlu khawatir karena saya akan membagikan triknya berikut ini.

1. Cara Mengaktifkan VPN di iPhone Secara Manual

Cara yang pertama ini sangat direkomendasikan, karena kamu bisa menghidupkan VPN tanpa perlu aplikasi tambahan. Caranya bisa kamu ikuti berikut ini:

  • Buka menu Pengaturan HP iPhone.
  • Masuk ke pengaturan Umum.
  • Scroll ke bawah, lalu klik VPN.
  • Pilih Tambahkan Konfigurasi VPN.
  • Nanti akan muncul beberapa opsi, pilih IKEv2 atau IPSec karena memiliki keamanan dan privasi yang lebih kuat.
  • Selanjutnya isi informasi VPN seperti deskripsi, server dan remote ID.
  • Jangan lupa tambahkan unsername dan password pada kolom yang ada.
  • Selesai.

Sekarang kamu bisa langsung menggunakannya. Jika terjadi gangguan, kamu bisa ubah dan pilih jenis server yang lainnya. Pastikan semua proses dilakukan dengan benar untuk menghindari pencurian data di iPhone.

2. Cara Mengaktifkan VPN di iPhone dengan Aplikasi

Meski harus mendownload aplikasi VPN, namun cara yang kedua ini cenderung lebih simpel. Ada beberapa aplikasi yang bisa kamu coba dan untuk proses aktivasinya ada yang berbayar dan ada juga yang gratis. Adapun cara mengaktifkan VPN di iPhone dengan aplikasi, sebagai berikut:

  • Unduh dan install aplikasi WARP 1.1.1.1 melalui App Store.
  • Buka aplikasi WARP 1.1.1.1, jika ada notifkasi permintaan izin, silakan pilih izinkan.
  • Scroll ke bawah dan tekan tombol Enable.
  • Selanjutnya setelah berubah menjadi WARP atau WARP+, kamu bisa klik tombol ON/OFF untuk mulai mengaktifkan VPN.
  • Selesai.

Rekomendasi Aplikasi VPN Terbaik untuk iPhone

Selain dari dua aplikasi yang sudah disebutkan di atas, kamu juga bisa menggunakan aplikasi lainnya untuk mengaktifkan VPN di iPhone. Dengan adanya beberapa aplikasi lainnya, kamu bisa memilih mana yang terbaik untuk digunakan di smartphone.

Berikut beberapa daftar rekomendasi aplikasi VPN terbaik untuk iPhone yang bisa kamu coba:

  • Surf Shark - Aplikasi ini salah satu aplikasi VPN terbaik yang bisa kamu coba. VPN ini memiliki kecepatan akses yang powerful dan juga mudah digunakan. Selain itu, ada beberapa pilihan negara yang bisa kamu gunakan secara gratis.
  • ExpressVPN - VPN ini memiliki koneksi yang cepat untuk digunakan pada iPhone. Untuk pilihan IP yang ada pada aplikasi VPN ini juga cukup banyak dan semuanya memiliki koneksi yang bagus dan stabil.
  • NordVPN - Aplikasi VPN ini memiliki banyak sekali fitur, diantaranya ada opsi 6 IP yang bisa dipilih. Hal ini bisa menjadi nilai plus karena pada umumnya VPN di iPhone hanya menyediakan 5 IP saja.
  • IPVanish - Aplikasi VPN yang satu ini telah menghadirkan fitur-fitur terbaiknya. Salah satunya penggunaan layar yang cukup kecil dengan tingkat penyetelan presisi terbaik. Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan grafis visual dan pengendalian LAN yang cukup mudah.

Baca juga : Arti Not Enough Storage Space, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kenapa VPN tidak bisa dihidupkan di iPhone?

VPN tidak dapat berfungsi dengan baik di iPhone umumnya disebabkan oleh beberapa faktor. Penyebab yang pertama biasanya terjadi karena jaringan seluler yang kamu gunakan koneksinya kurang stabil sehingga tidak bisa terhubung secara penuh.

Penyebab yang kedua terjadi karena permasalah pada server pusat yang ada pada VPN itu sendiri. Oleh sebab itu, penting bagi kita untuk memilih aplikasi atau layanan VPN yang terbaik.

Itulah pembahasan singkat mengenai cara mengaktifkan VPN di iPhone dengan mudah baik secara manual maupun dengan aplikasi tambahan. Setiap cara pasti punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing, kamu bisa pilih cara mana yang menurut kamu paling mudah dan simpel untuk digunakan.