4 Cara Cek Nomor Rekening Penipu atau Bukan, Kalian Wajib Tahu!

Cek Nomor Rekening Penipu

Penipuan online sering terjadi di Indonesia, oleh karena itu, kita perlu mengetahui cara memeriksa apakah nomor rekening tersebut terlibat dalam penipuan atau tidak.

Banyak insiden penipuan yang membuat kita harus tetap waspada terhadap segala tindakan kejahatan ketika melakukan transaksi secara online.

Meskipun kita sudah selalu waspada terhadap penipuan online, masih banyak orang yang menjadi korban praktik ini.

Untuk menghindari kasus penipuan online, penting untuk melakukan pemeriksaan nomor rekening terlebih dahulu sebelum melakukan transaksi.

Anda dapat mengecek nomor rekening seseorang dan melihat apakah orang tersebut pernah terlibat dalam kasus penipuan dengan menggunakan situs pengecekan nomor rekening penipuan online. Di sana, Anda dapat mengetahui apakah penjual yang akan Anda lakukan transaksi dengannya terpercaya atau tidak.

Cara Cek Nomor Rekening Penipu

Untuk cek nomor rekening penipu, Anda dapat melihat riwayat nomor rekening penjual dengan menggunakan beberapa situs pengecekan nomor rekening penipuan online seperti kredibel.co.id dan cekrekening.id.

Jika Anda ingin mengetahui cara cek nomor rekening penipu secara online, berikut adalah panduannya agar Anda selalu aman saat berbelanja online melalui media sosial dan terhindar dari penipuan online.

1. Cek Melalui Situs Kredibel.co.id

Untuk mengetahui apakah nomor rekening seseorang pernah terlibat dalam penipuan online atau aman, Anda dapat memeriksanya menggunakan situs kredibel.co.id.

Kredibel dapat mengidentifikasi apakah suatu nomor rekening pernah terdaftar dalam kasus penipuan atau tidak. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan pemeriksaan:

  1. Buka browser dan kunjungi situs cek nomor rekening penipu kredibel.co.id.
  2. Pada halaman utama, Anda akan melihat kolom input nomor rekening bank. Masukkan nomor rekening pada kolom tersebut, lalu klik tombol "Cari".
  3. Tunggu beberapa saat hingga muncul data dari nomor rekening tersebut. Data yang diberikan meliputi nomor rekening bank, nama pemilik, dan bank yang digunakan oleh penipu.
  4. Pada tutorial ini, saya mencoba memeriksa dua rekening bank berbeda. Pertama, rekening aman dengan nomor 1640001872434. Hasil pengecekan dari kredibel terlihat pada gambar di bawah ini, menunjukkan bahwa rekening bank pertama aman.
  5. Selanjutnya, yang kedua adalah rekening penipuan dengan nomor rekening 1830001866739. Hasil pengecekan dari kredibel terlihat pada gambar berikutnya.
  6. Seperti yang terlihat, nomor rekening di atas termasuk dalam daftar nomor rekening penipuan. Kredibel memberikan informasi peringatan "Waspada Penipuan!" karena rekening bank tersebut pernah terlibat dalam penipuan dan dilaporkan oleh seseorang yang menjadi korban.

2. Cek Melalui Cekrekening.id

Cara kedua untuk memeriksa nomor rekening penipuan adalah menggunakan situs cekrekening.id. Situs ini dikembangkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), sehingga data yang disediakan benar-benar aman dan terpercaya.

Nomor rekening yang dilaporkan di situs ini terkait dengan tindak pidana seperti penipuan, investasi palsu, narkotika, terorisme, dan kejahatan lainnya.

Berikut langkah-langkah untuk melakukan pengecekan nomor rekening penipu:

  1. Kunjungi situs resmi cekrekening.id melalui browser di gadget Anda.
  2. Pilih jenis akun BANK, Nama Bank, dan masukkan Nomor Rekening yang ingin Anda periksa.
  3. Lakukan verifikasi "Saya bukan robot", kemudian klik tombol "Cek Sekarang".
  4. Tunggu beberapa saat hingga muncul data dari nomor rekening tersebut.
  5. Karena yang saya periksa adalah nomor rekening penipu, hasilnya menunjukkan bahwa nomor tersebut terindikasi penipuan. Hasilnya terlihat pada gambar di bawah ini.
  6. Informasi yang diberikan oleh cekrekening.co.id mencakup nomor rekening, nama pemilik rekening, status laporan nomor rekening, waktu pelaporan, dan kategori tindak pidana.

3. Cek Melalui lapor.go.id

Situs terakhir yang dapat digunakan untuk mengetahui apakah nomor rekening bank seseorang pernah terlibat dalam penipuan atau tidak adalah lapor.go.id.

Situs ini dibuat oleh instansi pemerintah yang berwenang dan menyediakan Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat. Layanan yang disediakan melibatkan pengaduan, aspirasi, dan permintaan informasi.

Intinya, dengan menggunakan situs lapor.go.id, Anda dapat meminta pengecekan nomor rekening bank atau melaporkannya ke instansi sesuai dengan daerah.

Untuk dapat menggunakan layanan pada situs lapor.go.id, Anda perlu membuat akun terlebih dahulu.

Berikut adalah cara melaporkannya: langsung pilih klasifikasi laporan dan isi semua kolom sesuai dengan kasus yang sedang Anda hadapi, kemudian klik tombol "LAPOR!".

Masyarakat juga dapat melaporkan aduan melalui:

  • SMS ke nomor 1708
  • Aplikasi LAPOR!
  • Twitter @LAPOR1708 dengan tagar #lapor

4. Cek Melalui Instagram @indonesiablacklist

Cara lain yang dapat Anda lakukan untuk mengetahui apakah nomor rekening merupakan nomor rekening penipu atau tidak adalah dengan melihat daftar nomor rekening penipu di akun Instagram @indonesiablacklist.

Akun Instagram ini telah aktif sejak tahun 2013 dan digunakan khusus untuk menerima laporan mengenai nomor rekening penipuan. Semua data nomor rekening penipuan online yang dilaporkan oleh korban akan dikumpulkan ke dalam sebuah database.

Jika Anda ingin memeriksa apakah nomor rekening penjual online aman atau tidak, Anda dapat mengirim pesan ke admin. Sampaikan pertanyaan apakah nomor rekening bank tertentu terdaftar dalam data penipuan atau tidak. Admin akan memberikan informasinya secepat mungkin.

Cara Melaporkan No Rekening Penipuan Online

Setelah mengetahui apakah nomor rekening merupakan nomor rekening penipu atau tidak, Anda juga perlu tahu cara melaporkan nomor rekening penipu.

Jika Anda telah melakukan transaksi online, mengirim uang kepada penjual, namun barang yang dijanjikan belum sampai hingga batas waktu pengiriman, langkah pertama yang harus diambil adalah melaporkan nomor rekening pelaku.

Untuk cara melaporkan penipuan online, Anda dapat melaporkannya melalui situs kredibel.co.id, cekrekening.id, dan lapor.go.id. Di sini, saya akan memberikan panduan cara melaporkan nomor rekening penipuan online ke salah satu situs yang telah disebutkan sebelumnya.

Melaporkan No Rekening Penipu ke Kredibel

Pengunjung dapat mengisi formulir laporan di situs kredibel. Di menu laporan, Anda dapat mengisi data penipuan, termasuk nomor rekening, nomor telepon, nama penipu, nama bank, platform yang digunakan penipu, produk, kronologi, lampiran, dan total kerugian.

Berikut adalah panduan untuk melaporkan nomor rekening penipuan melalui situs kredibel.co.id:

  1. Kunjungi situs kredibel.co.id.
  2. Pilih menu "Laporkan Penipuan".
  3. Pilih opsi "Laporkan Nomor Rekening".
  4. Isi semua data penipu, mulai dari nama pemilik rekening, nama bank, nomor rekening, nomor telepon, platform yang digunakan penipu, produk, kronologi, lampiran, hingga total kerugian.
  5. Setelah semua kolom diisi, klik tombol "Kirim".

Selain melaporkan melalui situs di atas, Anda juga dapat melaporkannya langsung ke OJK melalui nomor 1500655.

Demikianlah ulasan tentang cara mengecek nomor rekening penipu atau bukan, serta cara melaporkan penipuan online ke situs terpercaya.

Sebelum melakukan transaksi dengan seseorang yang baru kamu kenal, terutama melalui internet, sebaiknya periksa terlebih dahulu nomor rekening yang mereka gunakan, apakah aman atau tidak.

Jika ingin lebih aman dalam bertransaksi online, disarankan untuk menggunakan jasa rekening bersama yang sudah terpercaya. Alternatif lainnya adalah bertransaksi melalui platform toko online seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak.

Semoga informasi ini bermanfaat. Terima kasih.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.