8+ Contoh Nomor Rekening BCA, Jumlah Digit & Cek Nomornya

Contoh Nomor Rekening BCA

Nomor rekening BCA adalah serangkaian angka yang memiliki fungsi sebagai alat pembayaran, tempat menabung, dan alat untuk melakukan transfer. Nomor rekening ini berperan sebagai identitas resmi pemilik kartu ATM BCA.

Dengan nomor rekening, seseorang dapat melacak dan mengetahui informasi tentang pemilik rekening bank tersebut. Akses untuk melihat informasi ini biasanya terdapat pada aplikasi khusus yang hanya dipegang oleh pihak yang berwenang, seperti yang bekerja sama dengan perusahaan BCA.

Dari nomor rekening, kita juga dapat mengetahui dari cabang atau daerah mana ATM bank BCA tersebut dikeluarkan.

Anda dapat menemukan nomor rekening bank Anda sendiri di buku tabungan, melakukan pengecekan di ATM, menggunakan layanan Mobile Banking atau Internet Banking, menerima informasi melalui SMS, hingga mengunjungi kantor cabang BCA terdekat.

Berapa Digit Nomor Rekening BCA?

Bagi Anda yang belum mengetahui jumlah digit nomor rekening BCA, Anda sudah berada di halaman yang tepat. Saat ini, BCA juga telah memiliki Bank Syariah yang mendukung berbagai jenis transaksi sesuai dengan prinsip syariah.

Dengan adanya hal tersebut, diharapkan lebih banyak masyarakat yang akan bergabung dengan Bank BCA. Namun, tahukah Anda bahwa meskipun keduanya berasal dari BCA Group, baik bank konvensional maupun syariah memiliki kode bank dan kode transfer yang berbeda.

Untuk kode transfer Bank BCA konvensional, dimulai dengan angka 014.

Sementara itu, untuk transfer ke bank Syariah, kodenya adalah 536. Jumlah digit nomor rekeningnya sendiri adalah 10 digit. Agar tidak lupa, sebaiknya Anda mencatat kode bank tersebut.

Cara Melihat Nomor Rekening BCA

Penting untuk diketahui bahwa nomor rekening merupakan data penting bagi seorang nasabah. Nomor ini digunakan untuk berbagai jenis transaksi perbankan, termasuk menerima uang, mengajukan kredit, mengirim uang, dan melakukan pembayaran.

1. Buku Tabungan BCA

Buku Tabungan BCA

Setiap nasabah biasanya memiliki buku tabungan yang mengandung beberapa informasi penting, termasuk data pribadi. Jika Anda ingin mengetahui berapa digit nomor rekening BCA, informasi tersebut dapat ditemukan di bagian sampul buku tabungan.

Di sampul buku tabungan, terdapat informasi seperti nama pemilik, unit pembantu, nomor rekening, dan tandatangan. Namun, bagaimana jika Anda tidak membawa buku tabungan saat dibutuhkan, terutama jika Anda merupakan nasabah kategori Tahapan Xpresi BCA yang tidak mendapatkan buku tabungan.

2. Kartu Debit BCA

Bagi Anda yang tidak memiliki buku tabungan karena masuk ke Tahapan Xpresi BCA, tidak perlu khawatir. Sebab, customer service telah mencantumkan nomor rekening di bagian belakang kartu debit. Jadi, setiap kali membutuhkan, tinggal cek kartu tersebut.

3. ATM BCA

Sebagai masyarakat masa kini yang tidak selalu membawa buku tabungan, nasabah dapat mengecek jumlah digit nomor rekening BCA melalui ATM. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu pergi ke ATM terdekat dengan membawa kartu debit. Berikut adalah beberapa langkah yang perlu dilakukan.

  1. Masukkan kartu dan PIN ATM.
  2. Pilih menu "Transaksi Lainnya".
  3. Pilih opsi "Informasi".
  4. Pilih "Mutasi Rekening".
  5. Nomor rekening akan ditampilkan.

4. M-BCA

Tidak membawa buku tabungan atau kartu debit? Tidak masalah, karena hampir semua aktivitas kini dapat dilakukan melalui smartphone. BCA menyediakan layanan mobile banking yang memungkinkan pengguna melihat nomor rekening BCA melalui aplikasi. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Buka aplikasi M-BCA.
  2. Klik menu M-BCA.
  3. Masukkan 6 digit kode akses.
  4. Klik "Login".
  5. Tekan "M-info".
  6. Klik "Info Saldo".
  7. Masukkan kembali PIN.

Informasi mengenai nomor rekening akan muncul pada layar. Sebagai catatan, untuk menggunakan layanan mobile ini, Anda harus mendaftarkan nomor telepon ke kantor cabang atau ATM terdekat, dan pastikan smartphone dalam keadaan terkoneksi internet.

5. KlikBCA

Selain melalui Mobile Banking BCA, contoh nomor rekening BCA juga dapat dicek melalui layanan internet banking. Melalui internet banking, pengguna dapat mengakses informasi mengenai jumlah saldo, mutasi rekening, dan layanan transfer antar bank.

Langkah-langkah untuk mengecek nomor rekening BCA melalui internet banking adalah sebagai berikut.

  1. Buka website KlikBCA.
  2. Pilih jenis internet banking.
  3. Klik "Login".
  4. Masuk dengan user ID dan PIN.
  5. Pilih "Informasi Rekening".
  6. Klik "Informasi Saldo".

Informasi mengenai jumlah saldo dan nomor rekening nasabah akan ditampilkan pada layar. Pastikan untuk menyimpan nomor tersebut agar dapat digunakan sewaktu-waktu tanpa perlu melakukan pengecekan berulang.

6. Halo BCA

Jika nomor telepon belum terdaftar atau belum diaktivasi, Anda dapat menghubungi layanan BCA yang tersedia 24 jam. Tarif untuk layanan ini akan disesuaikan dengan provider pengguna. Untuk melakukan aktivasi, beberapa dokumen verifikasi identitas diperlukan, termasuk KTP, kartu debit, menjawab beberapa pertanyaan, dan menyampaikan maksud pengguna.

Halo BCA menyediakan berbagai kanal resmi, termasuk email, WhatsApp, Twitter, dan layanan untuk penggunaan luar negeri. Anda dapat menginstal aplikasi ini melalui Playstore agar dapat dengan mudah melakukan pengecekan contoh nomor rekening BCA.

7. Kantor Cabang BCA

Jika Anda berada dekat dengan kantor cabang BCA, Anda dapat langsung mengecek rekening di sana dan melakukan transaksi perbankan lainnya. Untuk memastikan bahwa Anda adalah pemilik sah kartu, pastikan untuk membawa KTP sebagai bukti identitas.

Contoh Nomor Rekening BCA

Contoh Nomer Rekening BCA

Jika sebelumnya Anda telah mengetahui berapa digit nomor rekening BCA, berikutnya adalah mengetahui contoh nomor rekening BCA. Berikut beberapa contoh penulisan nomor rekening BCA untuk bank konvensional.

  • 1021868
  • 5410425
  • 2380801
  • 3161523
  • 7310525

Perlu diperhatikan bahwa angka pertama yang berbeda di atas adalah identitas dari kantor cabang BCA.

Untuk nasabah Tahapan Xpresi, tidak ada perbedaan di awal nomor. Berikut juga tercantum contoh nomor rekening Bank BCA Syariah:

  • 0011555510
  • 0143000091

Nomor Rekening BCA di Buku Tabungan

Bagi Anda yang masih bingung dengan peletakan contoh nomor rekening BCA di buku tabungan, sebaiknya tanyakan langsung kepada petugas yang lebih tahu. Saat mendaftar sebagai nasabah baru, teller akan menjelaskan informasi yang tertera dalam buku tabungan.

Jika Anda ingin mengetahui contoh nomor rekening BCA, perhatikan penjelasan yang diberikan oleh teller. Apabila ada hal yang tidak dimengerti, segera tanyakan kepada teller.

Informasi mengenai nomor rekening dapat ditemukan di pojok kanan atas halaman pertama buku tabungan. Informasi ini terletak tepat di atas nama pemilik. Buku tabungan juga menyertakan informasi mengenai kantor cabang dan tanggal pembuatan.

Namun, perlu dicatat bahwa nasabah Tahapan Xpresi BCA memiliki nomor rekening yang sudah tertera pada kartu debit mereka.

Manfaat Memiliki Rekening Tabungan BCA

Jika membahas manfaat memiliki rekening BCA, terdapat banyak keuntungan. Melalui media tersebut, masyarakat dapat lebih mudah melakukan berbagai transaksi, termasuk transfer saldo antar bank secara non-tunai. Berikut beberapa manfaatnya.

1. Kondisi Keuangan Lebih Sehat

Menjadi nasabah BCA membantu menciptakan kondisi keuangan yang lebih sehat. Dengan memiliki tabungan, seseorang dapat lebih mudah membedakan antara kebutuhan dan keinginan, serta mengelola pengeluaran sehari-hari.

2. Siap di Kondisi Darurat

Terdapat berbagai produk perbankan yang dirancang khusus untuk keadaan darurat. Ini memberikan solusi efektif bagi mereka yang kesulitan menyisihkan uang bulanan. Selain itu, dana dapat ditabung untuk keperluan masa depan.

3. Menabung Lebih Aman

Menabung di rekening bank memberikan keamanan, terutama bagi mereka yang masih awam dalam hal investasi. Saat niat pertama adalah menabung, uang tetap aman dan terjaga. Meskipun investasi menjanjikan keuntungan jangka panjang, namun juga memiliki risiko tertentu.

Tips Aman Menjaga Nomor Rekening BCA

Untuk menjaga keamanan nomor rekening BCA Anda, berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda ikuti.

1. Jaga kerahasiaan nomor rekening

Pastikan Anda tidak memberikan nomor rekening BCA kepada siapa pun, kecuali kepada pihak yang sah atau terpercaya seperti BCA Customer Service. Hindari memberikan nomor rekening melalui pesan atau email yang tidak aman.

2. Lindungi data pribadi

Jaga informasi pribadi Anda dengan baik, seperti nomor KTP, tanggal lahir, atau nomor telepon. Jangan pernah memberikan informasi ini kepada pihak yang tidak dikenal atau mencurigakan.

3. Gunakan sandi yang kuat

Pastikan Anda menggunakan kata sandi yang kuat dan unik untuk akun BCA Anda. Gunakan kombinasi huruf (huruf besar dan kecil), angka, dan simbol untuk meningkatkan keamanan. Jangan menggunakan kata sandi yang mudah ditebak seperti tanggal lahir atau nama anggota keluarga.

4. Jangan berbagi informasi rekening melalui telepon

Hindari memberikan informasi sensitif, seperti nomor rekening atau nomor kartu kredit, melalui panggilan telepon yang tidak sah atau tidak dikenal. Penipu sering berpura-pura menjadi perwakilan bank untuk mencuri informasi pribadi Anda.

5. Hati-hati dengan phishing

Waspadai email, pesan teks, atau situs web palsu yang mencoba mengelabui Anda untuk mengungkapkan informasi pribadi. Jangan pernah mengklik tautan yang mencurigakan atau merespons permintaan informasi pribadi melalui email atau pesan teks.

6. Aktifkan pemberitahuan transaksi

BCA menyediakan fitur pemberitahuan transaksi melalui email atau SMS. Aktifkan fitur ini agar Anda menerima pemberitahuan segera setiap ada transaksi yang dilakukan dengan nomor rekening Anda.

7. Periksa dan monitor secara berkala

Rutin periksa dan monitor aktivitas rekening Anda menggunakan layanan internet banking atau aplikasi mobile banking BCA. Jika ada transaksi yang mencurigakan, segera hubungi BCA Customer Service.

8. Pastikan perangkat Anda aman

Lindungi perangkat Anda dengan memastikan Anda memiliki perangkat lunak keamanan terbaru, seperti antivirus dan firewall. Hindari mengakses rekening BCA melalui komputer atau jaringan yang tidak aman atau tidak terpercaya.

9. Update informasi kontak

Pastikan informasi kontak Anda yang terdaftar di bank selalu diperbarui. Ini akan membantu bank menghubungi Anda jika ada aktivitas mencurigakan atau memberikan informasi penting.

10. Jaga catatan dan bukti transaksi

Simpan catatan dan bukti transaksi, seperti bukti transfer atau struk ATM. Hal ini akan membantu jika Anda perlu membuktikan aktivitas atau mengajukan klaim terkait rekening Anda

Demikianlah informasi mengenai contoh nomor rekening BCA beserta jumlah digitnya. Jika Anda cenderung mudah lupa nomor identitas, disarankan untuk mencatat dan menyimpan nomor rekening di ponsel Anda.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.