3 Cara Setor Tunai di ATM BCA, Bisa Tanpa Kartu

Menabung di Bank BCA kini menjadi lebih praktis karena nasabah dapat melakukan setor tunai melalui ATM BCA tanpa perlu mengunjungi teller. Proses ini memungkinkan nasabah menyimpan uang ke rekening sendiri atau mengirimkan dana ke rekening bank lain.

Cara Setor Tunai di ATM BCA

Layanan ATM merupakan salah satu fasilitas umum yang disediakan oleh berbagai bank, termasuk di Indonesia. Keberadaan mesin ATM memudahkan nasabah untuk melakukan berbagai transaksi tanpa harus datang ke kantor cabang.

Salah satu keunggulan utama mesin ATM adalah ketersediaannya yang luas, sehingga nasabah dapat mengaksesnya dengan mudah tanpa perlu antrean panjang seperti di kantor cabang.

Mesin ATM memungkinkan nasabah untuk melakukan berbagai transaksi, termasuk tarik tunai, pengecekan saldo, transfer uang, dan bahkan setor tunai. Kemudahan ini sangat membantu mengurangi waktu tunggu yang mungkin terjadi jika setiap nasabah hanya dapat menabung melalui teller di kantor cabang.

Penting untuk dicatat bahwa melakukan setor tunai melalui mesin ATM juga merupakan opsi yang dapat dipilih oleh nasabah. Dengan begitu, proses menabung atau setor tunai dapat dilakukan secara efisien tanpa perlu mengikuti jam operasional kantor cabang BCA. Jadi, mesin ATM BCA menjadi solusi praktis bagi nasabah dalam melakukan transaksi keuangan mereka.

Berbicara tentang setor tunai, mungkin beberapa nasabah belum mengetahui cara melakukannya langsung melalui mesin ATM. Oleh karena itu, dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara melakukan setor tunai di mesin ATM BCA.

Cara Setor Tunai di ATM BCA

Sebelumnya, perlu diingat bahwa tidak semua mesin ATM dapat digunakan untuk setoran tunai. Ada mesin ATM yang hanya untuk tarikan tunai, yang lain untuk non-tunai, ada juga yang serbabisa, termasuk setoran tunai.

Jika ingin melakukan setoran tunai, Anda perlu mencari dan memilih mesin ATM khusus yang menyediakan layanan setoran tunai atau mesin ATM serbabisa.

Berikut adalah contoh mesin ATM setoran tunai dari Bank BCA.

Contoh Mesin ATM BCA

Mesin ATM BCA tidak hanya terbatas di kantor cabang BCA, tetapi sekarang tersebar di berbagai lokasi seperti mal, Alfamart, stasiun, dan tempat lainnya.

Jika Anda telah menemukan dan berada di dekat mesin ATM, ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk melakukan setoran tunai melalui ATM BCA.

Setor Tunai di ATM BCA

  1. Siapkan kartu debit BCA Anda, lalu masukkan dengan arah yang benar ke mesin ATM. Tunggu sebentar.
  2. Masukkan PIN Anda, yang terdiri dari enam digit, dengan benar.
  3. Selanjutnya, akan muncul dua pilihan di layar: "Setoran tunai" dan "Penarikan tunai/transaksi lainnya". Pilih "Setoran tunai". Tempat untuk memasukkan uang akan terbuka secara otomatis.
    ab
  4. Masukkan uang kertas sebesar 50.000 atau 100.000 ke tempat tersebut, pastikan agar tidak terlipat. Jika uang terbalik atau memiliki ukuran yang berbeda, tidak menjadi masalah.
    as
  5. Setelah uang dimasukkan, tempat uang akan otomatis tertutup. Layar akan menampilkan pesan "Uang Anda Sedang Diproses". Tunggu sejenak.
  6. Setelah proses selesai, layar akan mengonfirmasi jumlah uang yang telah dimasukkan. Pastikan jumlah uang sesuai dengan yang ditampilkan di layar.
  7. Klik "Setor" setelah memastikan dan meyakini bahwa semua informasi benar.
    fr
  8. Pada layar berikutnya, pilih "Rekening Anda" jika Anda ingin uang masuk ke saldo ATM Anda.
    vd
  9. Tunggu transaksi diproses, dan setelah beberapa saat, struk akan keluar.
  10. Pilih "tidak" jika Anda tidak ingin melakukan transaksi lagi.
  11. Ambil kartu Anda dan proses setoran tunai selesai.

Setor Tunai di ATM BCA Tanpa Kartu

Bank BCA menyediakan cara yang praktis untuk melakukan pengecekan setoran uang melalui fitur cek setoran uang di ATM tanpa kartu. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Siapkan ponsel Anda dan pastikan data dihidupkan.
  2. Buka aplikasi BCA Mobile.
  3. Masuk ke menu m-BCA dengan memasukkan PIN Anda.
  4. Pilih menu "Cardless" pada halaman berikutnya.
  5. Pilih transaksi "Setor Tunai".
  6. Di layar berikutnya, pilih "Rekening Sendiri" jika ingin menabung ke rekening Anda sendiri.
  7. Akan muncul tampilan nama dan nomor rekening. Setelah memastikan informasinya benar, klik "OK" dan masukkan PIN Anda.
  8. Akan muncul kode transaksi. Simpan kode tersebut.
  9. Pergi ke mesin ATM terdekat.
  10. Pada layar mesin ATM, pilih "Transaksi tanpa kartu".
  11. Masukkan nomor HP dan klik "Benar".
  12. Masukkan kode transaksi dan klik "Benar".
  13. Masukkan uang dengan rapih, tunggu beberapa saat, dan klik "Setor".
  14. Proses transaksi menyetor uang tunai ke ATM BCA selesai.

Setor Tunai di ATM BCA ke Rekening Bank Lain

Jika Anda ingin melakukan setor tunai dari Bank BCA ke rekening bank lain menggunakan ATM BCA, caranya sangat mudah! Bank BCA menyediakan fitur yang memungkinkan nasabah untuk mentransfer uang dengan cepat melalui mesin ATM. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Siapkan kartu debit BCA dan masukkan dengan arah yang benar ke mesin ATM. Tunggu sebentar.
  2. Masukkan PIN Anda, yang terdiri dari enam digit, dengan benar.
  3. Selanjutnya, akan muncul dua pilihan di layar: "Setoran tunai" dan "Penarikan tunai/transaksi lainnya". Pilih "Setoran tunai". Tempat untuk memasukkan uang akan terbuka secara otomatis.
  4. Masukkan uang ke dalam tempat tersebut.
  5. Setelah uang dimasukkan, tempat uang akan otomatis tertutup. Layar akan menampilkan pesan "Uang Anda Sedang Diproses". Tunggu sejenak.
  6. Setelah proses selesai, layar akan mengonfirmasi jumlah uang yang telah dimasukkan.
  7. Klik "Setor".
  8. Pilih "Rekening bank lain" dan masukkan nomor rekening tujuan.
  9. Tunggu sejenak, proses selesai.

Menyetorkan uang tunai melalui mesin ATM BCA sepenuhnya gratis tanpa biaya administrasi. Setiap kali penyetoran di ATM dibatasi hingga maksimal 100 lembar dengan uang pecahan 50 ribu dan 100 ribu. Pastikan uang yang dimasukkan ke mesin ATM dalam kondisi baik, tidak boleh terlipat atau sobek.

Penting untuk dicatat bahwa jika terjadi kesalahan transfer ke rekening lain, pihak bank tidak bertanggung jawab. Tidak ada opsi untuk mengembalikan uang yang sudah ditransfer ke rekening yang salah. Oleh karena itu, sangat penting untuk memeriksa dan konfirmasi data dengan cermat sebelum menyelesaikan transaksi.

Akhir Kata

Demikianlah tiga langkah mudah untuk menyetorkan uang tunai melalui mesin ATM Bank BCA. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, kamu tidak perlu lagi menghabiskan waktu berlama-lama untuk antri saat hendak melakukan transaksi setor tunai.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.