Nomor Referensi BNI, Contoh dan Cara Mendapatkan Kodenya

Nomor Referensi BNI

Transaksi uang melalui mesin ATM telah menjadi rutinitas sehari-hari bagi banyak orang di era modern ini. Namun, pernahkah Anda memperhatikan nomor referensi yang sering muncul saat Anda melakukan transaksi? Beberapa mungkin sudah mengetahuinya, tetapi ada juga yang belum tahu dengan nomor referensi tersebut.

Kali ini, kita akan membahas nomor referensi untuk transaksi di Bank BNI dan juga kode referensi yang digunakan untuk mentransfer dana ke rekening Bank BNI. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Nomor Referensi BNI?

Dalam ranah perbankan, nomor referensi BNI sering kali disebut sebagai nomor petunjuk atau dapat juga disebut sebagai nomor acuan. Penamaan ini sesuai dengan asal kata referensi, yang berasal dari kata reference dalam Bahasa Inggris dan memiliki makna sebagai acuan.

Nomor referensi tersebut dapat dibagi menjadi dua kategori, yakni nomor referensi nasabah dan nomor referensi bank.

1. Nomor Referensi Nasabah BNI

Nomor referensi nasabah adalah identifikasi yang dibuat oleh seorang nasabah untuk menandakan bahwa dia telah melakukan suatu transaksi. Biasanya, nomor referensi nasabah diperlukan saat akan melakukan pembayaran untuk produk dengan kode unik tertentu.

Karena dibuat sendiri oleh nasabah, tidak ada aturan khusus mengenai format nomor yang harus diikuti, sehingga nasabah memiliki kebebasan untuk membuatnya sesuai keinginan. Untuk pihak yang menerima transfer, nomor referensi BNI dapat diperoleh dari pengirim.

Fungsi utama nomor referensi nasabah adalah sebagai bukti bahwa transaksi telah dilakukan oleh nasabah tersebut. Meskipun demikian, penting untuk dicatat bahwa memasukkan nomor referensi nasabah bukanlah suatu keharusan. Dengan kata lain, transaksi tetap dapat dilakukan meskipun tanpa memasukkan nomor referensi nasabah.

2. Nomor Referensi Bank BNI

Nomor referensi bank adalah serangkaian angka unik yang membedakan satu bank dari bank lainnya. Biasanya, Anda perlu memasukkan nomor ini sebelum menyertakan nominal dan nomor rekening penerima saat melakukan transfer uang.

Secara umum, nomor referensi bank terdiri dari hanya 3 angka. Tiap bank memiliki nomor referensi yang berbeda, sehingga pastikan untuk memasukkan nomor yang tepat ketika akan mengirim uang. Kegagalan dalam memasukkan nomor referensi dengan benar dapat mengakibatkan gangguan pada pengiriman uang, bahkan mungkin hingga tidak terkirim ke tujuan yang diinginkan.

Contoh Nomor Referensi Transaksi Bank BNI

Di atas telah diuraikan dengan jelas mengenai nomor referensi BNI, dan perbedaan antara dua jenis nomor referensi yang ada di bank BNI juga telah dijelaskan.

Agar lebih terperinci, di bawah ini saya sertakan gambar terkait nomor referensi transaksi di bank BNI.

Contoh Nomor Referensi Transaksi Bank BNI

Sudah cukup jelas, bukan? Nomor referensi untuk transaksi atau transfer ini adalah 1243500. Nasabah membuat nomor referensi tersebut sendiri ketika melakukan transfer online antar bank.

Cara Cek Nomor Referensi Transfer BNI

Nomor referensi transfer BNI dapat diperiksa melalui beberapa cara, termasuk melalui aplikasi BNI, internet banking, dan ATM. Berikut adalah langkah-langkah untuk memeriksa nomor referensi transfer BNI.

  • Buka aplikasi BNI Mobile Banking.
  • Login dengan menggunakan akun pengguna Anda.
  • Setelah berhasil login, masuk ke menu "Produk dan Jasa Lainnya".
  • Pilih opsi "Bukti Transaksi".
  • Pilih dan atur 'No Rekening', 'Jenis Transaksi', dan 'Jangka Waktu'.
  • Klik Lanjut.
  • Secara otomatis, Anda akan diarahkan ke halaman "Daftar Transaksi".
  • Di halaman tersebut, Anda dapat melihat Nomor Referensi BNI.
  • Selesai.

Apa Itu Kode Referensi Bank BNI?

Berbeda dengan nomor referensi, kode transfer bank digunakan untuk melakukan transfer antar bank. Setiap bank memiliki kode referensi masing-masing yang terdiri hanya dari tiga angka. Nomor referensi BNI itu sendiri adalah 009, dan Anda cukup memasukkan tiga angka tersebut saat ingin mengirim uang ke rekening BNI.

Adakah Persamaan Nomor Referensi Antara Bank BNI dan BNI Syariah?

Mungkin beberapa dari Anda bertanya-tanya apakah nomor referensi antara bank BNI dan BNI Syariah sama? Jawabannya adalah keduanya memiliki nomor referensi yang berbeda.

Perbedaan nomor referensi ini disebabkan oleh sistem yang berbeda yang dijalankan oleh bank BNI dan BNI Syariah, meskipun keduanya berasal dari satu perusahaan yang sama. Oleh karena itu, kode referensi yang digunakan oleh kedua bank ini juga berbeda.

Jika Anda hendak mengirim uang ke rekening bank BNI Syariah, kode referensi bank BNI Syariah adalah 427.

Cara Mendapatkan Kode Referensi BNI

Perintah untuk memasukkan kode transfer bank akan muncul sebelum Anda diminta memasukkan nomor rekening BNI tujuan dan jumlah nominal yang akan dikirimkan. Oleh karena itu, disarankan untuk mengetahui kode referensi tujuan sebelum mengirimkan uang.

Anda dapat mencari kode referensi bank BNI dan bank lainnya melalui internet. Namun, jika Anda tidak dapat menggunakan internet, Anda juga dapat menemukannya di mesin ATM.

Pilih menu nomor referensi atau kode bank sebelum memasukkan nomor rekening tujuan. Setelah muncul daftar kode referensi bank, carilah nomor referensi dari bank tujuan Anda.

Setelah menemukannya, masukkan kode tersebut bersama dengan nomor rekening tujuan Anda. Pastikan untuk mengetik nomor referensi sebelum memasukkan nomor rekening tujuan Anda.

Demikianlah informasi mengenai nomor referensi BNI, mulai dari pengertian hingga cara untuk menemukannya. Mudah dipahami, bukan? Apakah Anda sudah mengingat kode referensi bank tujuan Anda?

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.