Sebelum Beli, Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Mi 11 Lite

Xiaomi menghadirkan serangkaian smartphone unggulan yang menarik dengan kehadiran Mi 11 dan Mi 11 Ultra. Namun, sebagai perusahaan yang terus berkembang pesat, Xiaomi juga mengambil keuntungan dari popularitas merek Mi 11 dengan meluncurkan varian terjangkau, yaitu Mi 11 Lite 4G, dengan harga mulai dari 3 jutaan saja.

Mi 11 Lite
Spesifikasi Mi 11 Lite
  • Rilis : Juni 2021
  • Layar : 6.55 inci AMOLED HDR10 90Hz
  • Chipset : Qualcomm Snapdragon 732G (8nm)
  • GPU : Adreno 618
  • RAM : 6 GB, 8 GB
  • Memori Internal : 64 GB, 128 GB
  • Memori Eksternal : Tersedia, slot microSD
  • Kamera Belakang : 64 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 5 MP (macro)
  • Kamera Depan : 16 MP (wide)
  • Baterai : Li-Po 4250 mAh, Fast Charging 33W

Selengkapnya : Spesifikasi Mi 11 Lite dan Harganya

Mi 11 Lite dipasarkan sebagai ponsel yang ramping dan stylish. Desainnya menjadi sorotan utama, sedangkan spesifikasi, kinerja, dan kamera menjadi aspek yang sedikit diabaikan. Meskipun mengadopsi bahasa desain yang sama dengan Mi 11, Mi 11 Lite memiliki beberapa perbedaan dalam fitur dan spesifikasi teknis.

Namun demikian, tidak dapat dipungkiri bahwa smartphone terbaru dari Xiaomi ini memberikan sejumlah kelebihan yang sulit untuk diabaikan, meskipun ada beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan. Mari kita lihat lebih dekat kelebihan dan kekurangan Mi 11 Lite.

Baca juga : Inilah 8 Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi 12 Lite 5G

Kelebihan Mi 11 Lite

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Mi 11 Lite menonjolkan desainnya yang menarik dan modern. Sejak diluncurkan, perangkat ini langsung menarik perhatian karena tampilannya yang up-to-date. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang kelebihan Mi 11 Lite, mari kita simak informasi berikut ini.

1. Desain Stylish dan Tipis

Mi 11 Lite tetap setia pada namanya. Perangkat ini memiliki dimensi yang ramping, dengan ketebalan hanya 6,8 mm, dan beratnya hanya 157g. Desain yang patut diapresiasi dari Mi 11 Lite adalah keputusan Xiaomi untuk menjaga agar modul kamera tidak terlalu mencolok. Dengan penutup halus di sekitar tepi dan belakang perangkat, Mi 11 Lite sangat nyaman digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Bagian belakangnya dilengkapi dengan desain matte anti-silau yang membantu mencegah sidik jari menempel dengan mudah. Xiaomi menawarkan Mi 11 Lite 4G dalam tiga pilihan warna: Boba Black, Bubblegum Blue, dan Peach Pink. Sedangkan versi 5G-nya tersedia dalam pilihan warna Mint Green, Citrus Yellow, dan Truffle Black. Dengan ini, Anda akan mendapatkan tampilan yang sama menarik dengan versi yang lebih mahal.

2. Layar AMOLED Full HD+

Smartphone cantik ini memiliki layar 6,55 inci dengan dukungan refresh rate 60 atau 90 Hz dan kecerahan maksimum hingga 800 nits. Xiaomi memilih menggunakan panel AMOLED yang mendukung HDR10 pada Mi 11 Lite dan memiliki resolusi 2400 x 1080 piksel alias Full HD+. Dengan kerapatan piksel tinggi sebesar 402 ppi, kejernihan visualnya tidak diragukan lagi.

Dengan kecerahan tinggi dari panel AMOLED, Xiaomi Mi 11 Lite dapat digunakan dengan baik di luar ruangan. Konten yang Anda baca masih tetap terlihat meski di bawah sinar matahari langsung. Selain mendukung refresh rate 90Hz, layar perangkat ini juga memiliki kecepatan sampel sentuh hingga 240Hz dan gamut warna DCI-P3 yang luas. Apakah Anda masih meragukan spesifikasi layarnya?

3. Dilengkapi dengan IP Rating dan Proteksi Layar

Xiaomi tidak pelit memberikan fitur yang bermanfaat untuk pengalaman pengguna. Anda dapat menikmati layar yang dilindungi oleh pelindung layar Corning Gorilla Glass 5, dan seluruh bodinya memiliki sertifikasi tahan air IP53. Ini berarti Mi 11 Lite dapat tahan terhadap percikan air yang tidak disengaja dan bahkan hujan ringan, sehingga Anda tidak perlu khawatir saat menggunakannya di cuaca yang sedang gerimis.

4. Performa Bersaing dengan Penyimpanan Luas

Selain dukungan jaringan, perbedaan besar antara Mi 11 Lite dan versi 5G-nya terletak pada performa. Versi 5G menggunakan Snapdragon 780G, sementara Mi 11 Lite 4G menggunakan Snapdragon 732G yang sedikit lebih lambat dengan chip grafis Adreno 618. Meskipun demikian, Snapdragon 732G berbasis 8nm bukanlah chipset baru. Ini sebenarnya adalah versi overclock dari Snapdragon 730G yang pertama kali diumumkan oleh Qualcomm pada tahun 2019.

Namun, perlu diketahui bahwa keduanya menggunakan jenis penyimpanan flash yang sama, yaitu UFS 2.2. Di Indonesia dan pasar global, Mi 11 Lite tersedia dalam tiga varian penyimpanan. Anda dapat memilih antara RAM 6/6/8GB yang dikombinasikan dengan penyimpanan internal 64/128/128GB. Semua model tersebut dibanderol dengan harga sekitar 3 jutaan saja, sehingga tetap terjangkau bagi banyak orang.

Dengan chipset Snapdragon 732G, RAM hingga 8GB, dan penyimpanan UFS 2.2 yang cepat, Mi 11 Lite dapat diandalkan untuk penggunaan sehari-hari.

5. Kamera Unggulan

Mi 11 Lite dilengkapi dengan tiga kamera di bagian belakang, termasuk kamera utama 64MP (aperture f/1.79), kamera ultra-wide 8MP (aperture f/2.2), dan kamera telemakro 5MP (aperture f/2.4). Sementara itu, sensor wide 16MP (aperture f/2.45) bertanggung jawab mengambil foto selfie yang baik di bagian depan.

Sensor optik pada Mi 11 Lite juga dilengkapi dengan berbagai fitur kamera menarik, termasuk Efek Film seperti Time Freeze, Slow Shutter, enam mode Long Exposure, dan banyak lagi.

Yang menarik dari sistem kamera ini adalah mode Pro yang sangat serbaguna, yang tersedia untuk ketiga lensa kamera, bahkan saat merekam video. Anda dapat merekam video dengan kualitas hingga 4K pada 30fps melalui kamera utama.

6. Baterai Tahan Lama

Salah satu hal yang menjadi perhatian utama saat memilih smartphone baru adalah kapasitas baterai. Xiaomi Mi 11 Lite dilengkapi dengan baterai 4.250mAh yang siap mendukung aktivitas sepanjang hari. Dukungan fast charging 33W juga membuat waktu pengisian daya menjadi lebih singkat. Anda tidak perlu menunggu lama untuk mengisi ulang baterai perangkat ini.

Dengan segala kelebihan yang dimilikinya, Xiaomi Mi 11 Lite menawarkan pengalaman smartphone yang menarik dengan harga yang terjangkau. Meskipun ada beberapa kekurangan seperti performa yang sedikit lebih rendah dibandingkan dengan versi 5G dan tidak adanya dukungan 5G, Mi 11 Lite tetap menjadi pilihan yang menarik bagi mereka yang menginginkan smartphone yang ramping, dengan tampilan yang modern, dan kamera yang mumpuni.

Baca juga : 8 Kelebihan dan Kekurangan Infinix Note 11 NFC, Apakah Worth It?

Kekurangan Mi 11 Lite

Di antara segala kelebihan Mi 11 Lite, terdapat beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan. Berikut ini adalah ringkasan dari kekurangan-kekurangan tersebut:

1. Tidak ada Jack Audio 3.5mm

Berbeda dengan beberapa pesaingnya, Mi 11 Lite tidak dilengkapi dengan jack audio 3.5mm. Hal ini mungkin menjadi kekecewaan bagi sebagian pengguna yang masih mengandalkan penggunaan earphone dengan koneksi kabel. Xiaomi memilih untuk menghilangkan fitur ini demi mempertahankan desain yang ramping. Sebagai gantinya, pengguna harus menggunakan earbud atau headphone nirkabel.

2. Slot Hybrid untuk Kartu SIM

Meskipun Mi 11 Lite mendukung ekspansi microSD, namun perangkat ini menggunakan slot hybrid, yang berarti pengguna harus memilih antara menggunakan SIM 2 atau menyematkan kartu microSD. Jenis slot ini dianggap kurang efisien, terutama bagi mereka yang ingin menggunakan dua kartu SIM secara bersamaan dan juga memperluas penyimpanan dengan kartu microSD.

Kekurangan Mi 11 Lite tidaklah menjadi masalah yang besar. Terlebih lagi jika mempertimbangkan harga yang terjangkau dan spesifikasi menarik yang ditawarkan, smartphone stylish dari Xiaomi ini tetap layak untuk dibeli.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.