Inilah 8 Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi 12 Lite 5G

Xiaomi terus menggebrak dengan menghadirkan smartphone baru yang tak hanya menarik minat, tetapi juga ramah di kantong. Kali ini, kita akan berbicara tentang Xiaomi 12 Lite 5G, perangkat yang membawa peningkatan spesifikasi dari pendahulunya dengan harga terjangkau. 

Xiaomi 12 Lite 5G
Spesifikasi Xiaomi 12 Lite 5G
  • Rilis : Juli 2022
  • Layar : 6.55 inci AMOLED 120Hz Dolby Vision HDR10+
  • Chipset : Qualcomm Snapdragon 778G 5G (6nm)
  • GPU : Adreno 642L
  • RAM : 8 GB
  • Memori Internal : 256 GB
  • Memori Eksternal : Tidak tersedia
  • Kamera Belakang : 108 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 2 MP (macro)
  • Kamera Depan : 32 MP (wide)
  • Baterai : Li-Po 4300 mAh, Fast Charging 67W

Selengkapnya : Spesifikasi Xiaomi 12 Lite 5G dan Harganya

Inilah serangkaian kelebihan dan kekurangan yang akan kalian temui pada perangkat menawan ini.

Baca juga : Ini Dia 7 Kelebihan dan Kekurangan Asus ROG Phone 5 Ultimate

Kelebihan Xiaomi 12 Lite 5G

Sesuai yang tertera pada namanya, perangkat ini adalah versi ‘Lite’ dari seri Xiaomi 12 sehingga bisa kalian cicipi performanya dengan harga murah. Daripada semakin penasaran, simak informasi mengenai kelebihan Xiaomi 12 Lite 5G berikut.

1. Desain Memikat Hati

Saat pandangan pertama terarah pada Xiaomi 12 Lite 5G, aura stylish dan memikat langsung memenuhi ruang. Xiaomi menghadirkan kombinasi warna kalem dengan efek gradasi satin, menciptakan kesan premium yang tak dapat diabaikan. Bagi mereka yang mencari keindahan dalam desain smartphone, Xiaomi 12 Lite 5G adalah pilihan utama yang tak boleh terlewatkan.

Ramping dan ringan, dengan ketebalan hanya 7,3 mm dan berat 173 gram, Xiaomi 12 Lite 5G memberikan kenyamanan maksimal. Dengan flat frame dan back cover yang menggunakan finishing matte, perangkat ini tahan noda dan siap menemani kalian dalam segala petualangan.

2. Layar AMOLED 120 Hz yang Luas

Kelebihan lainnya adalah layar AMOLED lapang berukuran 6,55 inci pada Xiaomi 12 Lite 5G. Layar DotDisplay ini menawarkan resolusi Full HD Plus (1080 x 2400 piksel) dengan kerapatan piksel 402 ppi. Pengalaman visualnya sangat mengesankan berkat refresh rate 120 Hz dan touch sampling rate 240 Hz yang memberikan gulir dan respons sentuh yang halus.

Layar Xiaomi 12 Lite 5G menawarkan kedalaman warna hingga 12-bit dan mendukung HDR10+ serta Dolby Vision. Proteksi Corning Gorilla Glass 5 menjaga layar dari goresan dan benturan.

3. Performa Gesit dengan Snapdragon 778G 5G

Xiaomi 12 Lite 5G membuktikan ketangguhannya dengan chipset Snapdragon 778G 5G dari Qualcomm. Dengan CPU 8 inti berkecepatan hingga 2,4 GHz dan GPU Adreno 642L, perangkat ini menjanjikan performa yang mengesankan dan kinerja yang lancar.

Dengan kapasitas RAM LPDDR4X hingga 8 GB dan memori internal UFS 2.2 sebesar 256 GB, Xiaomi 12 Lite 5G mampu menyimpan banyak data dan menjalankan berbagai aplikasi dengan lancar.

4. Kamera 108 MP untuk Jepretan Ciamik

Xiaomi 12 Lite 5G membawa peningkatan signifikan pada sektor kamera. Kamera utama 108 MP dengan PDAF menawarkan kualitas jepretan yang tajam dan detail. Didukung oleh kamera ultrawide 8 MP dan sensor makro 2 MP, serta kamera depan 32 MP dengan autofocus, perangkat ini siap mengabadikan momen berharga dalam bentuk foto dan video hingga resolusi 4K.

5. Baterai Awet dan Pengisian Cepat 67W

Dengan kapasitas baterai 4.300 mAh, Xiaomi 12 Lite 5G menjanjikan daya tahan yang luar biasa. Fitur Turbo Charging 67W memungkinkan pengisian daya cepat, dari 0 hingga 100% dalam waktu kurang dari 45 menit.

6. Speaker Stereo untuk Pengalaman Audio yang Memuaskan

Xiaomi 12 Lite 5G tak hanya menawarkan visual yang menawan, tetapi juga audio yang memuaskan. Dengan dual speaker yang disusun dengan cerdas, perangkat ini memberikan suara jernih dan nyaring untuk menikmati film atau bermain gim.

Baca juga : Sebelum Beli, Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Mi 11 Lite

Kekurangan Xiaomi 12 Lite 5G

Sebelum yakin memilih Xiaomi 12 Lite 5G sebagai smartphone terbaru kalian tahun ini, pertimbangkan kembali beberapa kekurangannya berikut.

1. Tidak Mendukung Slot MicroSD

Sayangnya, Xiaomi 12 Lite 5G tidak menyediakan slot microSD untuk ekspansi penyimpanan. Hal ini perlu menjadi pertimbangan bagi mereka yang membutuhkan kapasitas tambahan untuk data.

2. Tidak Dilengkapi dengan OIS

Xiaomi 12 Lite 5G tidak menyertakan fitur OIS (Optical Image Stabilization) pada kameranya. Untuk pengguna yang mengutamakan stabilitas gambar saat memotret atau merekam video, ini menjadi salah satu kelemahan yang perlu diperhatikan.

Dari desain yang memukau hingga kinerja yang tangguh, Xiaomi 12 Lite 5G membawa pesona yang tak terbantahkan di kelasnya. Sementara ada beberapa pertimbangan, tidak dapat dipungkiri bahwa perangkat ini menawarkan pengalaman yang luar biasa dengan harga yang menggoda. Pilihan akhir ada di tangan kalian, adakah yang berani meresapi pesona Xiaomi 12 Lite 5G?

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.