Inilah Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y21s yang Harus Diketahui

Vivo telah mengadopsi kebiasaan memperbarui varian perangkat standar mereka dengan versi yang lebih menarik. Jika Anda tidak puas dengan fitur yang ditawarkan oleh Vivo Y21, maka Vivo Y21s bisa menjadi alternatif yang tepat. Perangkat ini menawarkan sejumlah spesifikasi yang lebih menjanjikan dengan sedikit perbedaan harga, masih berada dalam kisaran harga 2 jutaan sehingga tidak akan memberatkan dompet Anda.

Vivo Y21s
Spesifikasi Vivo Y21s
  • Rilis : September 2021
  • Layar : 6.51 inci IPS LCD
  • Chipset : MediaTek MT6765 Helio P35 (12nm)
  • GPU : PowerVR GE8320
  • RAM : 4 GB
  • Memori Internal : 128 GB
  • Memori Eksternal : Tersedia, slot microSD
  • Kamera Belakang : 50 MP (wide), 2 MP (depth), 2 MP (macro)
  • Kamera Depan : 8 MP (wide)
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, Fast Charging 18W

Selengkapnya : Spesifikasi Vivo Y21s dan Harganya

Vivo Y21s adalah salah satu anggota dari seri Y Vivo yang baru diluncurkan pada bulan September 2021. Namun, apakah Vivo Y21s benar-benar sebaik yang dijanjikan oleh Vivo? Mari kita telaah lebih lanjut kelebihan dan kekurangan Vivo Y21s dalam artikel ini.

Baca juga : Yuk, Baca Dulu 8 Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y21!

Kelebihan Vivo Y21s

Meskipun tidak sepopuler flagship seri X dari Vivo, Vivo Y21s sebenarnya menarik untuk dimiliki. Dengan peningkatan spesifikasi kamera yang lebih tinggi, baterai tahan lama, dan chipset yang lebih kuat, Anda tidak akan menyesal mengandalkannya untuk penggunaan sehari-hari. Berikut adalah beberapa kelebihan Vivo Y21s yang perlu Anda ketahui.

1. Kamera Utama 50MP

Vivo Y21s menawarkan kamera utama dengan resolusi 50MP yang jarang ditemukan pada smartphone Vivo dengan harga terjangkau. Kamera ini membantu Anda mengambil foto yang tajam dan jernih dalam berbagai kondisi pencahayaan, termasuk saat malam hari.

Selain itu, terdapat juga sensor kedalaman 2MP dan kamera makro 2MP yang memungkinkan Anda mengambil gambar dengan sudut dan detail yang menarik. Dengan kemampuan gambar super close-up dari jarak 3-5cm, kamera makro dapat menangkap detail kecil seperti bunga, daun, dan serangga dengan mudah.

Sensor kedalaman juga berguna untuk menghasilkan efek bokeh yang menyoroti subjek utama dan mengaburkan latar belakang. Kombinasi ini menghasilkan foto-foto yang memuaskan bagi penggemar fotografi.

Vivo Y21s juga dilengkapi dengan fitur perekaman video anti-goyangan yang membuat hasil video terlihat lebih halus dan profesional. Jangan lupa bahwa perangkat ini juga memiliki kamera selfie 8MP dengan fitur kecantikan AI untuk tampilan kulit yang cerah dan mulus.

2. Ditenagai oleh Chipset Gaming

Vivo Y21s dilengkapi dengan chipset gaming Helio G80 buatan MediaTek, yang merupakan peningkatan dari chipset Helio P35 yang digunakan pada Vivo Y21. Helio G80 adalah SoC octa-core dengan inti ARM Cortex-A75 berkecepatan hingga 2 GHz dan inti ARM Cortex-A55 hemat daya berkecepatan hingga 1,8 GHz.

Dengan kartu grafis mid-range yang terintegrasi dalam chipset ini, Vivo Y21s mampu menjalankan game dengan grafis menengah dengan baik. ARM juga menyatakan bahwa seri G52 yang digunakan dalam chipset ini 30% lebih cepat dan 15% lebih efisien dibandingkan dengan seri G51 pada node proses yang sama.

3. Penyimpanan Luas

Vivo Y21s dilengkapi dengan RAM hingga 4GB dan penyimpanan internal 128GB, yang lebih besar daripada versi Y21. Selain itu, perangkat ini juga mendukung teknologi Extended RAM yang memungkinkan Anda menggunakan tambahan RAM hingga 1GB dari Vivo Y21s.

Kombinasi ini memberikan performa yang baik untuk smartphone dengan harga 2 jutaan. Vivo Y21s juga mendukung kartu microSD eksternal hingga 1TB, sehingga Anda memiliki ruang penyimpanan yang sangat luas.

4. Desain Modern

Vivo Y21s memiliki desain yang modern dan muda. Tersedia dalam dua varian warna, Midnight Blue dan Pearl White, perangkat ini memiliki bagian belakang dengan gradasi warna yang indah dan berkilau.

Vivo Y21s memiliki desain ramping dengan ketebalan hanya 8mm dan berat 182 gram. Hal ini membuat Vivo Y21s disukai oleh pengguna yang memperhatikan detail desain saat memilih smartphone baru.

Perangkat ini juga dilengkapi dengan fitur keamanan biometrik seperti face unlock dan sensor sidik jari samping. Sensor sidik jari yang ditempatkan di samping perangkat diklaim responsif dan nyaman digunakan.

5. Baterai Besar

Sebagai smartphone yang ditujukan untuk pengguna muda, Vivo Y21s dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh. Dengan layar resolusi rendah, baterai ini mampu memberikan penggunaan sepanjang hari atau bahkan lebih dari dua hari. Anda tidak perlu khawatir mengisi daya baterai di tengah hari.

Vivo Y21s juga dilengkapi dengan pengisi daya cepat 18W, sehingga Anda dapat mengisi ulang baterai dengan cepat dan menghemat waktu.

Vivo Y21s menawarkan kombinasi fitur yang menarik dalam kisaran harga 2 jutaan. Jika Anda mencari smartphone dengan kamera yang baik, performa yang kuat, penyimpanan yang luas, desain modern, dan baterai yang tahan lama, Vivo Y21s layak dipertimbangkan.

Baca juga : Simak 9 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A72 Berikut Ini

Kekurangan Vivo Y21s

Ketika membahas kekurangan Vivo Y21s, ada beberapa hal yang menjadi kesamaan dengan versi standar Y21. Hal ini tidak mengherankan mengingat harga jualnya yang tidak terlalu berbeda, sehingga Vivo hanya melakukan peningkatan spesifikasi penting pada perangkat ini.

1. Layar masih menggunakan LCD dan resolusi HD+

Vivo tidak melakukan perubahan pada standar layar Y21s dibandingkan dengan versi standar. Y21s memiliki layar IPS LCD berukuran 6,51 inci dengan desain tetesan air.

Layar yang luas ini memberikan pengalaman visual yang baik untuk menjelajahi aplikasi seperti TikTok, Facebook, menonton YouTube, atau bermain game. Namun, sayangnya resolusinya masih HD+ dan tidak mencapai kualitas maksimal.

Jika Anda seorang pengguna Android yang mengerti bahwa layar AMOLED memiliki kualitas yang lebih baik daripada LCD, Anda mungkin enggan memilih Vivo Y21s.

Layar AMOLED memiliki waktu respons yang lebih cepat, kemampuan untuk menyalakan dan mematikan piksel dengan cepat untuk menghasilkan gerakan yang lebih jelas.

Sedangkan panel LCD membutuhkan waktu sebentar untuk berubah dari buram menjadi jelas, dan kualitas warnanya kurang memadai.

2. Tidak memiliki speaker stereo

Seperti Y21, Vivo Y21s juga tidak dilengkapi dengan kualitas audio kelas atas yang mendukung kenyamanan saat menikmati konten. Selain layarnya yang kurang bersaing dengan kompetitor, output suara dari Vivo Y21s juga tidak menawarkan yang lebih.

3. Tidak dilengkapi dengan perlindungan Corning Gorilla Glass dan IP Rating

Berdasarkan spesifikasi yang dirilis di situs web resmi, Vivo Y21s tidak dilengkapi dengan perlindungan tambahan pada layar dan tidak memiliki sertifikasi tahan air atau debu. Artinya, Anda perlu berhati-hati saat menggunakan Vivo Y21s di tempat yang rentan terhadap goresan atau percikan air.

Itulah beberapa kekurangan Vivo Y21s, salah satu produk terbaru dari Vivo. Semoga informasi di atas dapat membantu Anda dalam memilih smartphone yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.