Yuk, Baca Dulu 8 Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y21!

Pasar smartphone entry-level memang didominasi oleh Xiaomi dan Realme yang terkenal dengan spesifikasi yang kompetitif. Namun, Vivo juga tidak ingin ketinggalan dengan meluncurkan smartphone terjangkau yang dapat diandalkan. Salah satunya adalah Vivo Y21, perangkat terbaru dengan harga sekitar 2 jutaan.

Vivo Y21
Spesifikasi Vivo Y21
  • Rilis : September 2021
  • Layar : 6.51 inci IPS LCD
  • Chipset : MediaTek MT6765 Helio P35 (12nm)
  • GPU : PowerVR GE8320
  • RAM : 4 GB
  • Memori Internal : 64 GB
  • Memori Eksternal : Tersedia, slot microSD
  • Kamera Belakang : 13 MP (wide), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan : 8 MP (wide)
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, Fast Charging 18W

Selengkapnya : Spesifikasi Vivo Y21s dan Harganya

Selain memiliki desain yang cantik dan stylish, Vivo Y21 juga memiliki keunggulan yang menarik untuk pasarnya. Jika kalian memiliki budget terbatas namun ingin memiliki smartphone baru yang ramping dan menawan, Vivo Y21 bisa menjadi pilihan yang tepat. Sebelum memutuskan, mari kita kenali terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan dari Vivo Y21.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A32, Murah dan Menarik

Kelebihan Vivo Y21

Vivo Y21 hadir dengan tampilan yang segar untuk para pengguna muda. Selain itu, Vivo Y21 juga menawarkan kelebihan-kelebihan menarik sebagai berikut:

1. Desain Ramping dan Sederhana

Vivo Y21 memiliki desain yang menarik dan sesuai dengan tren terkini. Vivo dikenal karena menghadirkan desain inovatif dengan fitur kamera canggih dan kombinasi yang sempurna antara gaya dan inovasi.

Y21 dilengkapi dengan desain 2.5D dengan AG Coating yang membuatnya tahan terhadap goresan. Lapisan AF-nya juga mengaburkan sidik jari, kotoran, dan noda sehingga tampilan smartphone tetap bersih. Dengan berat hanya 182 gram dan ketebalan 8 mm, Vivo Y21 mudah digunakan dengan satu tangan.

2. Layar Besar

Vivo Y21 memiliki layar luas berukuran 6,51 inci yang memungkinkan pengalaman menonton film, scrolling media sosial, streaming, atau bermain game yang lebih menyenangkan. Layar lebar pada smartphone cenderung lebih disukai oleh pengguna karena efisiensinya. Y21 juga memiliki rasio aspek 20:9 yang sesuai dengan standar saat ini.

3. Baterai Besar dan Fitur Reverse Charge

Vivo Y21 dilengkapi dengan baterai berkapasitas besar 5.000 mAh yang dapat bertahan sepanjang hari. Dukungan fast charging 18W juga memungkinkan pengisian daya yang cepat. 

Selain itu, Vivo Y21 juga memiliki fitur Reverse Charge yang memungkinkan pengguna untuk mengisi daya smartphone lain menggunakan kabel USB, seperti menggunakan power bank. Fitur ini tentu sangat berguna dan menarik.

4. Penyimpanan Luas dengan Extended RAM

Vivo Y21 menawarkan penyimpanan yang luas dengan RAM 4GB, yang sudah cukup besar untuk harga 2 jutaan. Vivo juga menyertakan teknologi Extended RAM 1GB pada perangkat ini.

Extended RAM adalah ruang tambahan yang berasal dari efisiensi memori internal smartphone untuk meningkatkan kinerja yang lebih lancar. Jika masih kurang, pengguna juga dapat menggunakan slot microSD hingga 1TB.

5. Performa yang Menjanjikan

Vivo Y21 didukung oleh chipset MediaTek Helio P35 yang menawarkan performa yang handal. Meskipun bukan ditujukan untuk gaming, perangkat ini dapat diandalkan untuk penggunaan sehari-hari. Dengan kecepatan clock hingga 2,35 GHz dan proses fabrikasi 12nm, Vivo Y21 menawarkan performa yang memuaskan.

Baca juga : 8 Kelebihan dan Kekurangan Vivo V21 5G yang Harus Diketahui!

Kekurangan Vivo Y21

Tentunya, kita harus memperhatikan beberapa hal yang belum dijabarkan dalam spesifikasi Vivo Y21. Berikut adalah kekurangan-kekurangan dari Vivo Y21:

1. Layar IPS LCD dengan Resolusi HD+

Meskipun ukuran layarnya cukup besar, sayangnya Vivo Y21 menggunakan panel IPS LCD. IPS LCD memerlukan backlight pada semua piksel, dan tidak dapat mematikan piksel individu untuk mengatur kecerahan.

Meskipun panel IPS LCD dirancang untuk meningkatkan kualitas gambar, pengguna masih bisa memilih smartphone lain dengan panel AMOLED dalam kisaran harga 2 jutaan.

Selain itu, perlu juga diperhatikan bahwa resolusi layar Vivo Y21 masih HD+ yang mungkin kurang memuaskan dibandingkan dengan resolusi Full HD+.

2. Kombinasi Kamera yang Tidak Bersaing

Bagi pengguna yang suka fotografi, memiliki smartphone dengan kamera yang baik tentu menjadi keinginan. Namun, sayangnya Vivo Y21 tidak dapat memenuhi ekspektasi tersebut. Perangkat ini hanya dilengkapi dengan dual kamera belakang, yaitu kamera utama 13MP dan kamera makro 2MP.

Sedangkan kamera selfie pada notch water-drop di bagian depan hanya memiliki resolusi 8MP. Konfigurasi ini kalah dibandingkan dengan beberapa smartphone dengan harga di kisaran 1 jutaan yang sudah dilengkapi dengan 3 kamera belakang, bahkan beberapa kompetitor menawarkan 4 kamera atau fitur-fitur lain yang menarik.

3. Tidak Ada Speaker Stereo

Vivo Y21 juga tidak dilengkapi dengan speaker stereo, yang sangat diharapkan untuk perangkat dengan harga seperti itu. Dengan adanya speaker stereo, pengguna dapat menikmati kualitas audio yang lebih baik saat menonton film. Jadi, sangat disayangkan bahwa Vivo tidak menyertakan speaker stereo ini dalam fitur perangkat ini.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan Vivo Y21 yang dapat menjadi pertimbangan ketika ingin membeli smartphone terbaru. Meskipun memiliki kekurangan, apakah kelebihan yang telah disebutkan sudah sesuai dengan preferensi Anda? Atau mungkin Anda memiliki rekomendasi smartphone lain dalam kisaran harga 2 jutaan?

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.