Kenali 11 Kelebihan dan Kekurangan Tecno Spark 8C Ini!

Tecno Spark 8C adalah ponsel pintar yang ekonomis namun penuh fitur, menawarkan pengalaman mewah tanpa menguras kantong. Dengan spesifikasi yang tangguh di kelasnya, pengguna dapat merasakan kemewahan ponsel mahal hanya dengan budget sekitar Rp1,5 juta.

Tecno Spark 8C
Spesifikasi Spark 8C
  • Rilis : Januari 2022
  • Layar : 6.6 inci IPS LCD 90Hz
  • Chipset : -
  • GPU : -
  • RAM : 2 GB
  • Memori Internal : 64 GB
  • Memori Eksternal : Tersedia, slot microSD
  • Kamera Belakang : 13 MP (wide), QVGA
  • Kamera Depan : 8 MP
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh

Selengkapnya : Spesifikasi Tecno Spark 8C dan Harganya

Keunggulan utamanya termasuk desain yang menawan, kemampuan untuk meningkatkan kapasitas RAM, daya tahan baterai yang bisa bertahan sepanjang hari, serta performa yang mumpuni untuk keperluan bermain game. Bahkan, Tecno Spark 8C mampu melampaui beberapa ponsel di kategori harga 2 jutaan dengan selisih yang signifikan.

Namun, sebelum Anda memutuskan untuk membeli, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan. Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan mengenai Tecno Spark 8C

Baca juga : Inilah 9 Kelebihan dan Kekurangan Infinix Note 10 Pro

Kelebihan Tecno Spark 8C

Walaupun dengan budget terbatas, pengguna masih bisa menikmati pengalaman smartphone berkualitas melalui Tecno Spark 8C. Berikut adalah beberapa keunggulan yang dimiliki oleh Tecno Spark 8C.

Layar Besar dengan Refresh Rate 90 Hz

Tecno Spark 8C hadir dengan layar besar dan kaya fitur yang memberikan kenyamanan ekstra bagi pengguna. Layarnya memiliki ukuran 6,6 inci dengan resolusi HD+ 720p dan rasio aspek 20:9.

Layar dengan bezel tipis ini memberikan pengalaman menonton film dan bermain game yang mendalam. Desain waterdrop notch untuk kamera depan membantu mencapai rasio layar-bodi sekitar 83,7%. Refresh rate 90 Hz memberikan animasi yang lebih mulus dibandingkan dengan standar 60 Hz.

Fitur ini tentu menjadi nilai tambah yang patut diapresiasi, terutama dalam kisaran harga Rp1 jutaan. Pengguna juga bisa memilih mode 60 Hz atau Auto-Switch Refresh Rate untuk beradaptasi dengan aktivitas yang sedang dilakukan.

Sensor Sidik Jari

Meskipun termasuk dalam kategori smartphone entry-level, Tecno Spark 8C tetap dilengkapi dengan sensor sidik jari di bagian belakang atau rear fingerprint scanner. Penempatan sensor ini dirancang agar tidak terlalu mencolok, berbeda dengan sebagian besar ponsel lainnya.

Desain bodi yang mengalir merata hingga ke modul kamera belakang membuat sensor sidik jari ini terintegrasi secara halus. Dengan adanya fitur ini, pengguna tidak hanya mengandalkan Face Unlock atau pola/kata sandi untuk membuka kunci layar.

Performa Unggul dengan Chipset Unisoc T606 dan Memory Fusion

Meskipun berada pada kategori harga terjangkau, Tecno Spark 8C menghadirkan performa yang kompetitif. Chipset yang digunakan adalah Unisoc Tiger T606, sebuah SoC yang istimewa dalam kelas anggaran.

SoC ini memiliki prosesor delapan inti yang mencakup dua inti Cortex A75 dan enam inti Cortex A55, dengan kecepatan hingga 1,6 GHz. Keberadaan mikroarsitektur Cortex A75 memungkinkan ponsel mampu menangani aktivitas yang lebih berat, seperti gaming atau editing video.

Tecno Spark 8C juga dibekali dengan kartu pengolah grafis Mali G57 MP1 dengan frekuensi 650 MHz. Versi yang dirilis di Indonesia hanya tersedia dalam satu varian RAM, yaitu 4 GB LPDDR4x dan penyimpanan internal 64 GB eMMC 5.1. Meski demikian, pengguna masih bisa memperluas kapasitas penyimpanan melalui kartu microSDXC pada slot yang tersedia. Dukungan Memory Fusion memungkinkan ponsel menambah RAM virtual hingga 3 GB, sehingga total RAM mencapai 7 GB.

Baterai Besar 5.000 mAh

Dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh, Tecno Spark 8C menjawab standar umum dalam industri smartphone. Meskipun tergolong sebagai ponsel entry-level, baterai ini mampu bertahan lebih dari sehari dengan penggunaan normal.

Pada pengujian yang dilakukan oleh Teknologue di YouTube, baterai hanya berkurang sekitar 10% setelah satu jam bermain PUBG Mobile dengan koneksi WiFi. Kinerja baterai yang efisien ini bisa jadi dipengaruhi oleh resolusi layar HD+ yang lebih hemat daya.

Desain Premium dengan Sentuhan Khas

Tecno Spark 8C berhasil menghadirkan desain yang elegan meskipun dengan harga yang terjangkau. Bodi belakang terbuat dari plastik polikarbonat dengan aksen garis yang rapi, ditempatkan di tepi bodi sebelah kanan. Di atas garis-garis tersebut terdapat tulisan "STOP AT NOTHING," mencerminkan kinerja unggul ponsel ini atau mungkin mengacu pada ketahanan baterainya yang bisa tahan seharian.

Sensor sidik jari yang terletak di samping modul kamera dirancang secara elegan, memberi fleksibilitas pengguna dalam memilih casing yang sesuai. Desain waterdrop notch pada bagian depan menambah kesan modern.

Kamera Ganda yang Kompeten

Dua kamera belakang pada Tecno Spark 8C mampu menghasilkan foto berkualitas baik untuk kelasnya. Meskipun terlihat seperti memiliki tiga lensa, satu di antaranya adalah sensor QVGA yang berfungsi sebagai lensa AI.

Kamera utamanya memiliki resolusi 13 MP dengan bukaan diafragma f/1.8 dan panjang fokus 27 mm. Fitur-fitur lainnya termasuk AI Scene Recognition, HDR, serta lampu LED Flash yang membantu dalam kondisi minim cahaya.

Namun, ponsel ini tidak memiliki fitur Night Mode, sehingga hasil foto pada malam hari mungkin terlihat gelap dan berisik. Meskipun begitu, dalam kondisi cahaya yang cukup, hasil pemotretan di siang hari terlihat sangat baik, terutama dalam mode potret dengan efek bokeh.

Kamera belakang juga mampu merekam video hingga resolusi 1080p dengan kecepatan 30 FPS, walaupun tanpa stabilisasi. Sementara itu, kamera depan memiliki resolusi 8 MP dengan dukungan LED Flash untuk memenuhi kebutuhan selfie dan panggilan video.

Baca juga : Yuk, Simak 10 Kelebihan dan Kekurangan Tecno Camon 19 Pro

Kekurangan Tecno Spark 8C

Walaupun menawarkan fitur mengagumkan dengan harga yang terjangkau, Tecno Spark 8C juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum melakukan pembelian. Berikut adalah beberapa kelemahan yang dimiliki oleh ponsel ini.

Layar Masih HD+

Meskipun memiliki layar besar dan refresh rate tinggi, resolusi layar masih berada pada tingkat HD+ atau 720p. Ini berarti tingkat ketajaman piksel lebih rendah daripada layar Full HD+ 1080p.

Tidak Ada NFC

Walaupun bukan kebutuhan utama, fitur NFC saat ini menjadi standar pada banyak ponsel. Sayangnya, Tecno Spark 8C tidak dilengkapi dengan fitur NFC. Meskipun mungkin tidak penting bagi sebagian orang, absennya fitur ini di Tecno Spark 8C dapat dianggap sebagai kekurangan.

Penggunaan Port MicroUSB

Tecno Spark 8C masih menggunakan port microUSB, yang dianggap sudah usang. Port ini kurang praktis dan memiliki kecepatan transfer data lebih lambat dibandingkan dengan port USB Type-C yang umum digunakan pada ponsel modern.

Pengisian Daya Lambat 10 W, Tanpa Fast Charging

Ponsel ini tidak mendukung teknologi pengisian daya cepat (fast charging) dan hanya mendukung pengisian daya 5V/2A atau 10 W. Ini berarti waktu pengisian daya ponsel akan lebih lama. Meskipun demikian, baterai besar 5.000 mAh dapat bertahan seharian dengan satu kali pengisian. Waktu pengisian dari 0-100% memerlukan sekitar 2 jam 50 menit atau hampir tiga jam.

Tecno Spark 8C membuktikan bahwa ponsel dengan harga terjangkau juga dapat memiliki fitur menarik. Dalam kisaran harga Rp1,5 jutaan, ponsel ini menawarkan layar dengan refresh rate 90 Hz, baterai besar 5.000 mAh, desain premium, dan chipset dengan performa tinggi.

Meskipun begitu, perlu diperhatikan beberapa kekurangan seperti resolusi layar HD+, ketiadaan fitur fast charging, penggunaan port microUSB, dan absennya fitur NFC. Ponsel ini cocok bagi mereka yang ingin bermain game dan mengambil foto tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.