10 Kelebihan dan Kekurangan Tecno Pova 4 Pro, Apa Saja?

Bulan Oktober 2022 menjadi momen bersejarah bagi Tecno Mobile, ketika mereka merilis serangkaian produk baru di Indonesia. Tidak diragukan lagi, salah satu produk yang mencuri perhatian publik adalah Tecno POVA 4 Pro, ponsel gaming terjangkau dengan spesifikasi lengkap di kelasnya.

Tecno Pova 4 Pro
Spesifikasi Pova 4 Pro
  • Rilis : Oktober 2022
  • Layar : 6.6 inci AMOLED 90Hz
  • Chipset : MediaTek Helio G99 (6nm)
  • GPU : Mali-G52 MC2
  • RAM : 8 GB
  • Memori Internal : 128 GB, 256 GB
  • Memori Eksternal : Tersedia, slot microSD
  • Kamera Belakang : 50 MP (wide), Unspecified
  • Kamera Depan : 8 MP
  • Baterai : Li-Po 6000 mAh, Fast Charging 45W

Selengkapnya : Spesifikasi Pova 4 Pro dan Harganya

Tampil dengan desain futuristik dan dimensi yang kompak, POVA 4 Pro berhasil memikat hati penggemar gadget. Di tengah maraknya ponsel dengan layar lebar, pilihan ukuran yang lebih compact pada ponsel ini memberikan kenyamanan luar biasa bagi penggunanya. Selain itu, penggunaan panel AMOLED pada ponsel ini juga menambah sentuhan kemewahan yang tak terbantahkan.

Performa unggulan POVA 4 Pro didukung oleh chipset terbaru dari MediaTek, yaitu Helio G99. Prosesor octa-core ini berpadu sempurna dengan RAM yang besar, menghasilkan kelancaran dalam menjalankan berbagai aplikasi. Tak hanya itu, baterai berkapasitas besar di dalamnya juga memastikan pengguna bisa menikmati perangkat ini dalam waktu lama.

Tak hanya dari segi tampilan, POVA 4 Pro juga mampu memberikan pengalaman gaming yang memikat. Dengan performa yang andal dan spesifikasi yang lengkap, ponsel ini menjadi pilihan menarik bagi para pecinta game di Indonesia.

Baca juga : Ketahui 9 Kelebihan dan Kekurangan Tecno POVA Neo 2 Ini!

Kelebihan Tecno Pova 4 Pro

Berikut kelebihan Pova 4 Pro yang menarik untuk kalian pertimbangkan.

Tampil Futuristik, Dimensi Kompak, dan Panel AMOLED Mewah

Tecno Mobile berhasil mencuri perhatian masyarakat dengan meluncurkan serangkaian produk baru di Indonesia pada bulan Oktober 2022. Salah satu produk yang menjadi pusat perhatian adalah Tecno POVA 4 Pro, sebuah ponsel gaming yang diakui memiliki spesifikasi lengkap namun tetap terjangkau.

Salah satu keunggulan utama ponsel ini adalah layar AMOLED berukuran 6,6 inci yang mampu menampilkan gambar dan video dengan kejernihan yang memukau. Ukuran layar yang pas tidak hanya membuat permainan menjadi lebih nyaman, tetapi juga memberikan tampilan yang lebih detil dan jelas dibandingkan ponsel mid-range lainnya.

Refresh rate 90 Hz pada layar POVA 4 Pro membuat pergerakan pada layar terasa lebih halus dan kecerahan yang ideal menambah pengalaman visual yang memikat.

Layar AMOLED ini juga mampu menampilkan warna-warna yang lebih hidup dan mempesona. Keunggulan penggunaan layar AMOLED memberikan tampilan yang lebih dinamis dengan kecerahan dan kompleksitas warna yang lebih baik.

Dengan panel ini, perangkat ini menjamin kecepatan refresh rate yang tinggi, memberikan tampilan gambar yang lebih halus dan memukau untuk pengalaman gaming yang luar biasa!

Keamanan Mudah dengan Sensor Sidik Jari Cepat

Tecno POVA 4 Pro juga menawarkan tingkat keamanan yang lebih baik berkat sensor sidik jari yang dipasang di sisi bodi ponsel. Integrasinya dengan tombol power memudahkan pengguna untuk dengan cepat membuka dan mengunci layar ponsel. Selain mudah diakses, sensor sidik jari ini juga menghadirkan akurasi yang tinggi dan dapat diandalkan dalam berbagai situasi.

Desain Unik dan Kokoh untuk Sensasi Gaming

Tecno POVA 4 Pro didesain khusus untuk menjadi primadona pasar ponsel gaming mid-range. Bodi ponsel ini terlihat kokoh dengan dua kamera belakang yang ditemani LED flash. Selain memberikan kesan gaming yang kuat, desain bodi belakang juga hadir dengan corak dan tekstur yang memberikan kenyamanan saat bermain game atau melakukan aktivitas lainnya.

Desain bodi belakang POVA 4 Pro terinspirasi dari pola meteor luar angkasa yang bernama Widmanstatten, menampilkan kesan futuristik dan ketangguhan saat digunakan untuk bermain game.

Sementara itu, di bagian depan, seri Tecno POVA ini menampilkan desain bodi yang modern dengan kamera depan punch hole yang menempati posisi tengah layar. Desain ini lebih unggul karena di kelas harga yang sama, masih banyak produsen yang menggunakan desain waterdrop yang lebih kuno.

Ukuran kompak dengan dimensi 164,8 x 77 x 9,2 mm memberikan kenyamanan penggunaan yang lebih baik dan tak tertandingi oleh ponsel mid-range lainnya. Dengan ponsel ini, Anda dapat menggunakan sensor sidik jari yang akurat dan dapat diandalkan dalam berbagai situasi.

Dapur Pacu Canggih dengan Chipset MediaTek Helio G99

Tecno Mobile menawarkan performa gaming tangguh namun tetap terjangkau pada ponsel gaming mereka. Untuk mendukung performa yang prima, produsen ini memilih chipset MediaTek Helio G99, sebuah prosesor octa-core dengan kecepatan tinggi yang terdiri dari dua core Cortex A76 dengan kecepatan 2,2 GHz dan enam core Cortex A55 berkecepatan 2,0 GHz untuk efisiensi daya yang optimal.

Tidak hanya itu, chipset ini didukung oleh GPU Mali G57, RAM LPDDR4X sebesar 8GB, dan memori penyimpanan 256GB. Seperti seri POVA sebelumnya, POVA 4 Pro juga hadir dengan teknologi Memory Fusion yang memungkinkan RAM dapat ditambah hingga 5GB, memberikan performa gaming yang lancar dan bebas dari lag.

Skor AnTuTu pada chipset Helio G99 mencapai 373.074 menandakan performa Tecno POVA 4 Pro yang unggul dan bebas dari gangguan saat bermain game. Walaupun pengaturan grafis pada game Mobile Legends masih terkunci, performanya tetap lancar dan memuaskan.

Konektivitas dan Sensor Lengkap untuk Pengalaman Gaming Lebih Baik

Tecno Mobile memberikan konektivitas dan sensor yang lengkap pada seri POVA 4 Pro untuk memberikan pengalaman komunikasi dan gaming yang lebih baik. Meskipun masih menggunakan jaringan 4G, ponsel ini telah dilengkapi dengan Bluetooth 5.2, WiFi 5, NFC, dan fitur USB Type-C.

Fitur NFC membuka peluang bagi pengguna untuk melakukan pembayaran non-tunai, transfer data ke perangkat lain dengan cepat, dan fungsi lainnya. Sedangkan sensor-sensor seperti sidik jari, akselerometer, kompas, proksimitas, dan gyro akan menjadi pendukung utama dalam meningkatkan pengalaman bermain game, terutama game seperti PUBG Mobile yang mengandalkan gerakan.

Pengisian Daya Super Cepat untuk Penggunaan yang Lama

Tecno POVA 4 Pro membawa baterai berkapasitas 6000 mAh yang besar, mampu mendukung pengguna untuk menggunakan ponsel lebih lama dalam aktivitas harian maupun gaming.

Fitur pengisian cepat 45W yang dimilikinya memungkinkan pengguna mengisi daya baterai dengan cepat, hanya dalam waktu 24 menit untuk mencapai 50% pengisian baterai.

Selain itu, ponsel ini juga hadir dengan mode hemat daya, yang memungkinkan Anda untuk menelpon selama 12 jam, bermain game PUBG selama 3 jam, atau menonton video hingga 4 jam dengan baterai yang hanya terisi sebesar 20%.

Baca juga : Yuk, Ketahui 8 Kelebihan dan Kekurangan Realme Narzo 50A!

Kekurangan Pova 4 Pro

Meskipun memiliki banyak kelebihan, Tecno POVA 4 Pro juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum membelinya.

Mudah Kotor dan Licin

Meskipun merupakan ponsel mid-range, POVA 4 Pro memiliki desain bodi yang cukup menarik dan futuristik, namun terbuat dari plastik. Kelemahan desain ini adalah mudah kotor dan meninggalkan sidik jari.

Selain itu, bodi plastiknya juga dapat terasa licin ketika tangan berkeringat. Untuk itu, disarankan untuk menggunakan casing agar ponsel ini lebih nyaman saat digenggam.

Performa Kamera Medioker

Tecno POVA 4 Pro memang menonjolkan performa gaming, sehingga performa kamera menjadi kurang istimewa. Ponsel ini hanya dilengkapi dua kamera belakang, yaitu kamera utama 50 MP dengan bukaan f/1.8 dan kamera AI 2 MP.

Meskipun menggunakan teknologi AI, foto yang dihasilkan masih memiliki kualitas yang biasa saja, terutama dalam kondisi pencahayaan yang kurang baik.

Tanpa Dukungan 5G

Meskipun konektivitas ponsel ini cukup lengkap dengan WiFi 5, Bluetooth, sensor gyro, dan lainnya, namun sayangnya POVA 4 Pro belum mendukung jaringan 5G dan masih menggunakan jaringan 4G.

Fitur Perlindungan Terbatas

Tecno Mobile menawarkan berbagai fitur menarik di POVA 4 Pro, namun fitur perlindungan yang disediakan terbilang terbatas untuk ponsel mid-range. Ponsel ini tidak dilengkapi dengan pelindung layar dan tidak memiliki fitur tahan air atau tahan debu, yang dapat menjadi kekurangan bagi beberapa pengguna.

Meskipun demikian, Tecno POVA 4 Pro tetap menjadi pilihan menarik untuk mereka yang mencari ponsel gaming dengan spesifikasi mumpuni namun tetap terjangkau. Performa canggihnya, layar AMOLED yang memukau, dan desain futuristiknya menjadi nilai tambah yang sulit diabaikan. Dengan mempertimbangkan kekurangan-kekurangannya, POVA 4 Pro dapat menjadi teman setia bagi para penggemar gaming di kelas menengah.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.