Inilah 8 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M23 5G

Seri M dari Samsung memang menjadi pilihan favorit di kalangan pengguna smartphone. Dari kelas entry-level hingga mid-range, Samsung selalu menawarkan beragam opsi sesuai dengan kebutuhan. Salah satu perangkat menarik yang diluncurkan pada April 2022 adalah Samsung Galaxy M23 5G, menggantikan posisi Galaxy M22.

Samsung Galaxy M23 5G
Spesifikasi Samsung Galaxy M23 5G
  • Rilis : April 2022
  • Layar : 6.6 inci TFT LCD 120Hz
  • Chipset : Snapdragon 750G 5G (8nm)
  • GPU : Adreno 619
  • RAM : 6 GB
  • Memori Internal : 128 GB
  • Memori Eksternal : Tersedia, slot microSD
  • Kamera Belakang : 50 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 2 MP (macro)
  • Kamera Depan : 8 MP (wide)
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, Fast Charging 25W

Selengkapnya : Spesifikasi Samsung Galaxy M23 5G dan Harganya

Penasaran dengan apa yang membuat Samsung Galaxy M23 5G istimewa? Simak informasi lengkapnya di bawah ini.

Baca juga : Yuk Simak 9 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S22 Ultra!

Kelebihan Samsung Galaxy M23 5G

Tentu saja Galaxy M23 5G tidak serta merta mengunggulkan dukungan jaringan terdepannya saja. Ada beberapa poin berupa kelebihan yang akan ditemui pada Galaxy M23 5G, yakni sebagai berikut.

1. Desain Tipis dan Stylish

Galaxy M23 5G hadir dengan desain tipis yang sangat menarik, sesuai dengan tren ponsel masa kini. Tampilannya yang stylish mengingatkan kita pada desain S10 Series dan Galaxy M52 5G, dengan modul kamera yang terletak dalam bingkai persegi panjang di bagian belakang.

Dengan ketebalan hanya 8,4 mm, Galaxy M23 5G tampak premium. Samsung menyediakan tiga varian warna yang segar, yaitu Light Blue, Deep Green, dan Orange Chopper.

Baca juga : Daftar HP Keluaran Terbaru

2. Refresh Rate 120 Hz dan Layar Full HD Plus

Keunggulan lainnya adalah layarnya yang memiliki refresh rate tinggi hingga 120 Hz. Fitur langka ini pada ponsel dengan harga sekitar 3 jutaan memberikan pengalaman visual yang mengesankan.

Resolusi layar Full HD Plus (1080 x 2408 piksel) dengan kepadatan piksel hingga 400 ppi menjadikan tampilan layar sangat tajam dan responsif.

Galaxy M23 5G juga mendukung sertifikasi Widevine L1, sehingga Anda dapat menikmati film favorit dari Netflix dengan resolusi Full HD. Untuk melindungi layar, Samsung telah menggunakan lapisan Corning Gorilla Glass 5.

3. Performa Powerful

Galaxy M23 5G didukung oleh chipset Snapdragon 750G dari Qualcomm yang menawarkan performa luar biasa. Dengan CPU Octa-core berkecepatan hingga 2,2 GHz dan proses fabrikasi 8 nanometer, ponsel ini mampu menghadapi game dan tugas berat dengan lancar. 

Samsung memadukannya dengan RAM hingga 6 GB dan memori internal sebesar 128 GB. Jika membutuhkan ruang tambahan, ponsel ini juga mendukung fitur RAM Plus hingga 6 GB dan slot microSD hingga 1 TB.

4. Triple Kamera dengan Video 4K

Bagi pecinta fotografi, Galaxy M23 5G menawarkan setup triple kamera di bagian belakangnya. Kamera utama 50 MP, kamera ultrawide 8 MP, dan kamera makro 2 MP membantu menghasilkan foto berkualitas tinggi.

Pada bagian depan, Samsung menyematkan kamera selfie dengan resolusi standar untuk kelasnya, yaitu 8 MP. Kamera utamanya juga mampu merekam video hingga resolusi 4K pada 30 frame per detik. Fitur menarik lainnya adalah Ultra Steady Video yang membuat perekaman video lebih stabil.

Baca juga : Daftar HP Samsung Terbaru

5. Baterai Besar

Galaxy M23 5G menyematkan baterai berkapasitas 5.000 mAh yang tahan lama, bahkan dapat bertahan hingga 2 hari pemakaian. Untuk pengisian daya yang cepat, Samsung menyediakan dukungan teknologi fast charging hingga 25W pada perangkat ini.

6. Konektivitas Lengkap

Samsung Galaxy M23 5G memiliki konektivitas yang lengkap, termasuk NFC dan dukungan jaringan 5G, yang semakin relevan dengan perkembangan teknologi saat ini. Selain itu, ponsel ini juga dilengkapi dengan jack audio 3.5mm yang diinginkan oleh banyak pengguna. Tidak ketinggalan, Galaxy M23 5G juga dilengkapi dengan berbagai sensor seperti akselerometer dan giroskop.

Baca juga : Ini Dia 8 Kelebihan dan Kekurangan Realme C31

Kekurangan Samsung Galaxy M23 5G

Tidak afdol rasanya membicarakan kelebihan tanpa mengungkap apa saja kekurangan Galaxy M23 5G. Oleh sebab itu, mari membahas mengenai kekurangan yang dibawa oleh perangkat ini selengkapnya.

1. Paket Penjualan

Sayangnya, Samsung tidak menyertakan kepala charger dalam paket penjualan Galaxy M23 5G sebagai bagian dari kampanye ramah lingkungan untuk mengurangi sampah elektronik dan menekan harga. Sebagai pengguna, Anda harus membeli kepala charger secara terpisah atau menggunakan kepala charger dari smartphone lama jika tidak ingin menambah biaya pengeluaran.

2. Bobot Berat Tanpa IP Rating

Meskipun memiliki desain yang ramping, Galaxy M23 5G termasuk dalam kategori smartphone berbobot mendekati 200 gram. Dengan bobot keseluruhan 198 gram, mungkin sedikit kurang nyaman saat digunakan hanya dengan satu tangan. Selain itu, Samsung tidak menyertakan IP Rating pada Galaxy M23 5G, sehingga Anda harus lebih berhati-hati terhadap debu dan percikan air.

Secara keseluruhan, Samsung Galaxy M23 5G merupakan ponsel yang menawan. Jika Anda tidak keberatan dengan absennya kepala charger dalam paket penjualan dan bobot yang relatif berat, ponsel ini tetap menjadi pilihan yang layak untuk dibeli.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.