Ini Dia 8 Kelebihan dan Kekurangan Realme C31

Realme C31 telah diperkenalkan sebagai salah satu andalan Realme pada kuartal pertama 2022. Dengan harga yang terjangkau, perangkat ini berhasil menarik minat pengguna Android entry-level.

Realme C31
Spesifikasi Realme C31
  • Rilis : Maret 2022
  • Layar : 6.5 inci IPS LCD
  • Chipset : Unisoc Tiger T612 (12 nm)
  • GPU : Mali-G57
  • RAM : 3 GB, 4 GB
  • Memori Internal : 32 GB, 64 GB
  • Memori Eksternal : Tersedia, slot microSD
  • Kamera Belakang : 13 MP (wide), 2 MP (macro), 0.3 MP (depth)
  • Kamera Depan : 5 MP
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh

Selengkapnya : Spesifikasi Realme C31 dan Harganya

Mari kita bahas beberapa keunggulan yang membuat Realme C31 menarik, serta kekurangan yang mungkin tersembunyi dari perangkat ini.

Baca juga : Cek 8 Kelebihan dan Kekurangan Realme 9i Sebelum Beli

Kelebihan Realme C31

Realme C31 memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya menonjol di pasar. Berikut adalah beberapa highlight dari Realme C31:

1. Layar Lebar

Kehadiran layar yang besar pada smartphone merupakan salah satu faktor penentu minat konsumen. Vendor smartphone bersaing untuk menyajikan spesifikasi layar yang memukau untuk memanjakan pengguna. Realme C31 hadir dengan panel IPS LCD berukuran 6,5 inci.

Meskipun memiliki resolusi HD Plus (720 x 1600 piksel), ini bukanlah masalah besar mengingat harga yang sangat terjangkau. Rasio layar ke bodi Realme C31 juga cukup tinggi, yaitu 88,7%. Layarnya memiliki tingkat responsifitas sentuhan hingga 120 Hz.

2. Desain Stylish

Untuk para penggemar smartphone dengan desain stylish, Realme C31 adalah pilihan yang tepat. Desainnya menarik dengan panel belakang yang bersih dan modul kamera yang terlihat seperti etalase kaca.

Selain itu, Realme C31 telah mendapatkan sertifikasi TUV Rheinland sebagai bukti komitmen Realme terhadap kualitas produknya. Ponsel ini juga dilengkapi dengan sensor sidik jari yang terletak di samping atau terintegrasi dengan tombol power, sehingga praktis digunakan.

3. Performa Unggul di Kelasnya

Realme C31 ditenagai oleh chipset Unisoc Tiger T612 yang kuat. Chipset ini memberikan performa yang handal dan mampu menghadapi tugas berat, termasuk bermain game.

Dalam hal multitasking, Realme C31 mampu menangani tugas sehari-hari dengan lancar berkat CPU Octa-core dengan kecepatan hingga 1,8 GHz. Chipset 4G ini juga dilengkapi dengan GPU Mali-G57 dan tiga inti ISP yang dibangun dengan fabrikasi 12 nanometer. Dengan Realme C31, Anda siap untuk berselancar dengan lancar.

4. Penyimpanan Luas

Realme C31 menawarkan ruang penyimpanan yang luas. Di Indonesia, ponsel ini hadir dalam dua varian konfigurasi penyimpanan. Anda dapat memilih antara RAM 3 GB atau 4 GB, serta memori internal 32 GB atau 64 GB.

Kedua varian ini memiliki harga di bawah 2 juta rupiah. Selain itu, Realme C31 juga dilengkapi dengan 3 slot kartu yang dapat digunakan untuk dual SIM dan ekspansi penyimpanan eksternal hingga 1 TB melalui kartu microSD.

5. Baterai Tahan Lama

Realme C31 memiliki baterai berkapasitas 5.000 mAh yang dapat bertahan lama. Kapasitas ini mampu menemani Anda sepanjang hari. Dengan resolusi layar HD Plus, daya tahan baterai Realme C31 tergolong tinggi.

Ponsel ini juga dilengkapi dengan mode hemat daya yang memungkinkan Anda melakukan panggilan telepon selama 4 jam dan menggunakan WhatsApp selama 1 jam meskipun baterai tersisa hanya 5%.

6. Pemindai Sidik Jari di Samping

Salah satu kelebihan Realme C31 yang menonjol adalah pemindai sidik jari di samping. Ini menjadi kelebihan yang menarik mengingat harga perangkat ini hanya sekitar 1 jutaan. Banyak perangkat sekelas yang hanya menyediakan pemindai sidik jari di bagian belakang, yang rentan terhadap kotoran dan kurang responsif.

Baca juga : Ketahui 9 Kelebihan dan Kekurangan iPhone 13 Pro Max Ini!

Kekurangan Realme C31

Meskipun Realme C31 menawarkan spesifikasi yang menarik di kelasnya, ada beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan. Berikut adalah beberapa kekurangan Realme C31:

1. Masih Menggunakan Port microUSB

Ya, Anda tidak salah membacanya. Realme C31 masih menggunakan port microUSB sebagai pengisi daya, yang belum mendukung pengisian daya yang cepat. Realme hanya menyertakan charger dengan daya 10W yang tidak mendukung teknologi pengisian cepat.

2. Sensor Kamera yang Terbatas

Realme C31 memiliki kekurangan dalam hal sensor kamera. Dalam persaingan smartphone dengan setup kamera yang menarik, Realme C31 hanya memiliki kamera selfie 5 MP dan triple kamera belakang yang standar. Kombinasi tersebut terdiri dari kamera utama 13 MP, lensa potret monokrom, dan lensa makro.

Secara keseluruhan, Realme C31 adalah ponsel yang mumpuni untuk Anda yang mencari smartphone dengan performa handal dalam kisaran harga terjangkau. Setelah mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya, apakah Anda masih tertarik untuk memilih perangkat ini?

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.