Ketahui 9 Kelebihan dan Kekurangan iPhone 13 Pro Max Ini!

Apple selalu berhasil menghadirkan smartphone yang membuat penggunanya merasa tergoda, dan seri terbarunya, iPhone 13, tidak ketinggalan. Tidak diragukan lagi, iPhone 13 Pro Max menjadi bintang utamanya dengan layar terbesar yang membuatnya menjadi perangkat yang paling imposan.

iPhone 13 Pro Max
Spesifikasi iPhone 13 Pro Max
  • Rilis : Oktober 2021
  • Layar : 6.7 inci Super Retina XDR OLED 120Hz HDR10 Dolby Vision ~458ppi
  • Chipset : Apple A15 Bionic (5nm)
  • GPU : Apple GPU (5-core graphics)
  • RAM : 6 GB
  • Memori Internal : 128 GB, 256 GB, 512 GB
  • Memori Eksternal : Tidak tersedia
  • Kamera Belakang : 12 MP (wide), 12 MP (ultrawide), 12 MP (telephoto), TOF LiDAR Scanner (depth)
  • Kamera Depan : 12 MP (wide), SL 3D (depth/biometrics sensor)
  • Baterai : Li-Ion 4373 mAh, Fast Charging 20W

Selengkapnya : Spesifikasi iPhone 13 Pro Max dan Harganya

Tentu saja, dengan ukuran layar yang besar, iPhone 13 Pro Max juga menawarkan kapasitas baterai yang luar biasa, memastikan daya tahan yang epik. Meskipun ukurannya mungkin tidak cocok untuk semua pengguna loyal Apple, tetapi jangan lewatkan kesempatan untuk merasakan kecanggihan teknologi di dalamnya. Jika ukuran menjadi kendala, pilihan yang tepat adalah iPhone 13 Pro, yang menyajikan semua fitur yang sama dalam desain yang lebih kompak.

Meskipun perubahan iPhone 13 Pro Max dari pendahulunya, iPhone 12 Pro Max, mungkin terlihat sedikit, namun ini adalah salah satu smartphone premium terbaik yang ada di pasar tahun 2021. Jika Anda menginginkan yang terbaik dari Apple, maka tidak ada pilihan yang lebih baik daripada iPhone 13 Pro Max.

Dengan harga mulai dari 19 jutaan di Indonesia, mari kita telaah kelebihan dan kekurangan yang ditawarkan oleh Apple melalui perangkat ini.

Baca juga : Menarik, Inilah 6 Kelebihan dan Kekurangan iPhone 13 Mini

Kelebihan iPhone 13 Pro Max

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, iPhone 13 Pro Max adalah smartphone terbaik dari Apple yang dapat diandalkan untuk berbagai keperluan. Tidak hanya memiliki layar yang besar, tetapi juga baterai yang tahan lama dan penyimpanan yang luas. Mari kita bahas lebih detail mengenai keunggulan perangkat terbaru ini.

1. Layar Besar dengan Teknologi ProMotion

Layar ProMotion baru pada iPhone 13 Pro Max tidak hanya memiliki kecepatan refresh maksimum 120Hz, tetapi juga dapat menyesuaikan kecepatan refresh sesuai kebutuhan. Jika Anda khawatir tentang daya baterai yang cepat terkuras saat menggunakan fitur ini, jangan khawatir karena kecepatan refresh dapat turun hingga 10Hz untuk menghemat daya. Dengan adanya ProMotion, Apple menjamin pengalaman navigasi yang sangat halus saat menggunakan smartphone ini sebagai penggunaan sehari-hari.

Layar berukuran 6,7 inci yang memenuhi bagian depan telah ditingkatkan untuk memberikan pengalaman bermain game dan streaming yang lebih seru. Kualitasnya menjanjikan terutama karena menggunakan panel OLED yang lebih cerah. Apple juga mengklaim peningkatan kecerahan puncak dari 800 nit menjadi 1000 nit untuk tampilan yang jelas saat digunakan di luar ruangan.

2. Kamera Berkualitas Tinggi

Pada tahun 2020, perbedaan utama antara iPhone 12 Pro dan 12 Pro Max terletak pada spesifikasi kamera. Pada saat itu, jika pengguna iPhone menginginkan kamera terbaik yang ditawarkan, iPhone 12 Pro Max adalah pilihan terbaik. Namun, tahun ini, kamera pada kedua iPhone 13 Pro dan Pro Max sama persis, sehingga Anda harus memilih berdasarkan pertimbangan ukuran layar dan daya tahan baterai.

Sama seperti model Pro tahun sebelumnya, iPhone 13 Pro Max dan 13 Pro menawarkan tiga kamera belakang 12MP. Setiap kamera telah diperbarui, termasuk kamera ultra wide-angle (aperture f/1.8) dengan sudut pandang setara dengan lensa 13mm, kamera utama setara dengan kamera 35mm dengan lensa 26mm (aperture f/1.5), dan kamera telefoto dengan lensa 77mm (aperture ƒ/2.8).

3. Fitur Baru Cinematic Mode

Masih membahas tentang keunggulan dalam hal optik, iPhone 13 Pro Max dilengkapi dengan fitur Cinematic Mode baru yang membantu Anda menghasilkan video yang epik. Fungsinya mirip dengan mode Potrait untuk foto, di mana fitur ini dapat mengenali wajah dan memburamkan latar belakang.

Fitur ini bahkan dapat berpindah dari satu wajah ke wajah lain jika subjek mengalihkan pandangan dari lensa. Kabar baiknya, kamera iPhone 13 Pro Max mendukung kualitas Dolby Vision dan dukungan untuk ProRes, sehingga sangat cocok bagi para fotografer mobile.

4. Chipset Kuat dengan Penyimpanan Luas

Apple secara konsisten menghadirkan perangkat terbaru dengan chipset terkini. Pada tahun ini, iPhone 13 Pro Max dilengkapi dengan chipset A15 Bionic (5nm) yang menjanjikan performa yang luar biasa.

Dalam hal performa, chipset A15 Bionic dari iPhone 13 Pro Max tidak tertandingi bahkan jika dibandingkan dengan smartphone Android kelas atas. Hal ini tidak mengherankan mengingat Apple telah mengklaim kinerjanya 50% lebih unggul dari pesaingnya di kelas Android.

Selain itu, terdapat peningkatan menarik dalam hal penyimpanan internal dengan opsi penyimpanan baru yaitu 1TB, selain varian 128GB, 256GB, dan 512GB. Kapasitas yang besar ini sangat berguna bagi mereka yang ingin menggunakan kamera smartphone high-end untuk merekam video Apple ProRes pada resolusi 4K.

5. Antarmuka Pengguna iOS 15 Baru

iPhone 13 Pro Max menjalankan iOS 15 yang menawarkan peningkatan utama dalam hal sistem notifikasi dan pengenalan Mode Fokus. Mode Fokus memungkinkan Anda membuat profil yang berbeda, seperti mengontrol tidak hanya notifikasi dan panggilan masuk, tetapi juga tampilan utama layar iPhone. Jika Anda ingin mode kerja dengan layar beranda tanpa gangguan dari media sosial dan aplikasi game, hal ini dapat dengan mudah dilakukan di iOS 15.

6. Daya Tahan Baterai yang Lama

Apple tidak sering mempublikasikan kapasitas baterai pada iPhone mereka. Namun, menariknya, Apple mengklaim bahwa iPhone 13 Pro Max memiliki daya tahan baterai yang luar biasa dengan total waktu streaming video selama 25 jam. Daya tahan ini sekali lagi lebih lama dari smartphone pesaingnya di platform Android.

Dengan harga mulai dari 19 jutaan di Indonesia, iPhone 13 Pro Max menawarkan berbagai keunggulan yang menarik bagi pengguna. Dari layar besar dengan teknologi ProMotion hingga kamera berkualitas tinggi dan chipset yang kuat, ini adalah smartphone terbaik yang ditawarkan oleh Apple saat ini.

Baca juga : Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan HP Oppo A74 5G

Kekurangan iPhone 13 Pro Max

Setelah mengetahui sejumlah keunggulan iPhone 13 Pro Max, penting bagi kita untuk juga memahami beberapa kekurangan perangkat ini sebelum memutuskan untuk membelinya.

1. Desain yang Relatif Serupa dengan Pendahulunya

Jika Anda menyukai desain yang diperkenalkan oleh Apple pada iPhone 12, maka Anda mungkin juga akan menyukai iPhone 13 Pro Max karena desainnya secara umum serupa. 

iPhone 13 Pro Max memiliki bezel stainless steel yang sama dengan kaca buram di bagian belakang, serta tampilan layar edge-to-edge seperti pendahulunya. Selain itu, perangkat ini juga dilengkapi dengan perlindungan tahan debu dan air IP68 yang sama dan menggunakan teknologi Ceramic Shield di bagian depan.

2. Tidak Memiliki Touch ID

Sepertinya Apple telah sepenuhnya meninggalkan fitur Touch ID. Sama seperti pendahulunya, iPhone 13 Pro Max hanya memiliki Face ID sebagai metode biometrik untuk membuka ponsel. Bagi sebagian besar pengguna smartphone, fitur ini dianggap kurang praktis, terutama di masa pandemi di mana penggunaan masker menjadi penting di tempat umum.

3. Fast Charger Dijual Terpisah

Salah satu kekurangan lainnya adalah bahwa charger cepat untuk iPhone dijual terpisah. Meskipun perangkat ini mendukung berbagai teknologi pengisian daya, Apple menjual charger cepat secara terpisah dengan harga yang relatif tinggi. Hal ini dapat menambah pengeluaran bagi pengguna baru iPhone yang pertama kali mencoba perangkat ini.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan yang perlu diketahui tentang iPhone 13 Pro Max. Dengan segala keunggulan yang dimilikinya, beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan, dan harga yang cukup tinggi, keputusan untuk memiliki iPhone 13 Pro Max tetaplah pada Anda.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.