Cek 8 Kelebihan dan Kekurangan Realme 9i Sebelum Beli

Realme 9i telah meluncur sebagai bagian dari seri Realme 9 dengan harga yang terjangkau. Dirilis pada Mei 2022, Realme 9i adalah pilihan yang ramah di kantong dengan harga sekitar 2 jutaan.

Realme 9i
Spesifikasi Realme 9i
  • Rilis : Mei 2022
  • Layar : 6.6 inci IPS LCD 90Hz
  • Chipset : Snapdragon 680 4G (6 nm)
  • GPU : Adreno 610
  • RAM : 6 GB
  • Memori Internal : 128 GB
  • Memori Eksternal : Tersedia, slot microSD
  • Kamera Belakang : 50 MP (wide), 2 MP (macro), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan : 16 MP (wide)
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, Fast Charging 33W
  • Harga

Selengkapnya : Spesifikasi Realme 9i dan Harganya

Berikut ini informasi mengenai kelebihan dan kekurangan Realme 9i agar Anda dapat membuat pilihan yang tepat.

Baca juga : Menarik, Inilah 6 Kelebihan dan Kekurangan iPhone 13 Mini

Kelebihan Realme 9i

Realme 9i menawarkan beberapa keunggulan yang membuatnya menjadi pesaing yang layak dengan merek lain seperti Samsung, Xiaomi, Vivo, dan Oppo. Berikut adalah beberapa kelebihan Realme 9i yang patut dipertimbangkan.

1. Layar Besar Full HD Plus

Kelebihan utama yang ditawarkan oleh Realme 9i terletak pada layarnya. Dengan layar berukuran 6,6 inci dan bezel tipis yang memberikan rasio layar-ke-body sekitar 90,8%, perangkat ini cocok bagi mereka yang menyukai bermain game dan menonton konten favorit. 

Layar Realme 9i memiliki resolusi Full HD Plus dengan kepadatan piksel 401 ppi, sehingga menghasilkan visual yang tajam. Kelembutan navigasi dan scrolling juga dipertahankan dengan tingkat sampel sentuh hingga 180 Hz.

2. Performa Tangguh

Realme 9i membawa chipset Snapdragon 680 4G yang menawarkan performa yang unggul. Dengan CPU Octa-core yang memiliki kecepatan maksimum 2,4 GHz dan GPU Adreno 610 dengan frekuensi 1.100 MHz, perangkat ini mampu menghadirkan kinerja yang efisien dengan daya tahan baterai yang baik.

3. Penyimpanan Luas

Kelebihan lain dari Realme 9i adalah kapasitas penyimpanan yang luas. Anda dapat memilih antara varian RAM 4 GB atau 6 GB yang dipasangkan dengan memori internal 64 GB atau 128 GB.

Jika itu belum cukup, perangkat ini juga dilengkapi dengan slot microSD yang mendukung hingga 1 TB, memberi Anda fleksibilitas untuk meningkatkan ruang penyimpanan sesuai kebutuhan Anda.

Selain itu, varian tertinggi Realme 9i juga mendukung fitur RAM virtual yang meningkatkan performa multitasking dengan total kapasitas RAM hingga 11 GB.

4. Baterai Besar

Realme 9i hadir dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh yang dapat bertahan lama. Dukungan teknologi pengisian cepat 33W memungkinkan Anda mengisi daya dengan cepat, sehingga perangkat siap digunakan hanya dalam waktu sekitar 1 jam.

5. Resolusi Kamera Tinggi

Realme 9i menawarkan pengalaman fotografi yang memuaskan dengan konfigurasi kamera belakang triple. Terdiri dari sensor utama 50 MP, kamera makro 2 MP, dan sensor kedalaman 2 MP, kamera ini memungkinkan Anda mengabadikan momen-momen berharga dengan kualitas yang baik. Di sisi depan, terdapat kamera selfie 16 MP yang juga mampu merekam video hingga resolusi 1080p.

Baca juga : Yuk, Ketahui 9 Kelebihan dan Kekurangan Realme 9 Pro Plus 5G

Kekurangan Realme 9i

Sebagai ponsel terjangkau, Realme 9i memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan. Berikut adalah beberapa kekurangan Realme 9i yang sebaiknya dipertimbangkan.

1. Tidak Ada Lensa Ultrawide

Kekurangan utama Realme 9i adalah ketiadaan lensa ultrawide. Bagi pengguna yang mengutamakan fotografi, hal ini dapat menjadi kekecewaan karena Anda tidak dapat mengambil foto dengan sudut pandang yang lebih lebar. Namun, ada banyak pilihan smartphone lain dengan harga serupa yang menyediakan konfigurasi kamera lebih lengkap.

2. Tidak Mendukung NFC

Realme 9i belum mendukung fitur NFC. Bagi pengguna yang menginginkan fitur ini untuk transfer data atau pembayaran nirkontak, hal ini dapat menjadi kekurangan yang signifikan.

3. Layar IPS LCD

Meskipun layar Realme 9i berukuran besar dan memiliki resolusi Full HD Plus, perlu diketahui bahwa layarnya menggunakan panel IPS LCD. Untuk kelas menengah, beberapa pesaingnya telah menggunakan teknologi layar yang lebih canggih seperti AMOLED atau IPS LCD dengan refresh rate yang lebih tinggi, yang dapat memberikan pengalaman visual yang lebih baik.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan Realme 9i yang harus Anda pertimbangkan sebelum membeli. Apakah Anda tertarik untuk memiliki perangkat ini? Realme 9i tersedia dalam varian warna Prism Black dan Prism Blue.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.