8 Kelebihan dan Kekurangan Realme C30 yang Perlu Diketahui

Realme C30 telah sukses mencuri perhatian dalam persaingan smartphone level entri dengan harga yang hanya sekitar 1 jutaan. Dengan harga yang terjangkau, ponsel ini menawarkan sejumlah kelebihan yang menarik perhatian, seperti desain unik, layar besar, performa yang bisa diandalkan, penyimpanan lega, dan baterai yang tahan lama.

Realme C30
Spesifikasi Realme C30
  • Rilis : Juli 2022
  • Layar : 6.5 inci IPS LCD
  • Chipset : Unisoc Tiger T612 (12nm)
  • GPU : Mali-G57
  • RAM : 2 GB
  • Memori Internal : 32 GB
  • Memori Eksternal : Tersedia, slot microSD
  • Kamera Belakang : 8 MP (wide)
  • Kamera Depan : 5 MP (wide)
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh

Selengkapnya : Spesifikasi Realme C30 dan Harganya

Mari kita lihat lebih detail mengenai kelebihan dan kekurangan Realme C30 ini.

Baca juga : Ini Dia 8 Kelebihan dan Kekurangan Realme Narzo 50A Prime

Kelebihan Realme C30

Smartphone yang satu ini mengusung tagline “HP Sejutaan #PastiStylish” karena memang menawarkan desain yang tidak monoton atau pun murahan. Mulai dari layar lapang hingga baterai jumbo, sederetan kelebihan Realme C30 di bawah ini siap menemani aktivitas harian kalian.

1. Desain Unik

Realme C30 hadir dengan desain vertical stripe yang unik dan stylish, terinspirasi dari bagasi. Dengan dimensi yang ramping dan kompak, serta bobot yang ringan, ponsel ini nyaman dipegang dan memiliki tampilan yang menarik. Tersedia dalam tiga variasi warna menawan, yaitu Bamboo Green, Denim Black, dan Lake Blue.

2. Layar Besar

Dengan layar berukuran 6,5 inci dan resolusi HD Plus, Realme C30 menyuguhkan tampilan yang luas dan nyaman untuk menonton film, streaming, bermain game, dan mengakses sosial media. Dengan rasio layar ke bodi yang tinggi, penggunaan layar ini terasa maksimal. Touch sampling rate hingga 120 Hz juga menambah keleluasaan dalam mengoperasikan ponsel ini.

3. Performa Bisa Diandalkan

Realme C30 menggunakan chipset Unisoc T612 yang memiliki delapan inti CPU, yang mampu mengatasi tugas harian dengan lancar. Dengan kartu grafis Mali-G57 dan proses fabrikasi 12 nanometer, kinerja Realme C30 dapat diandalkan untuk penggunaan sehari-hari.

4. Penyimpanan Lega

Realme C30 memiliki opsi RAM LPDDR4X yang variatif dan tersedia dalam kapasitas 2 GB, 3 GB, dan 4 GB, yang didukung oleh memori internal UFS 2.2 berkapasitas 32 GB dan 64 GB. Ruang penyimpanan yang lega ini dapat diperluas hingga 1 TB dengan slot microSD yang disediakan.

5. Baterai Badak

Dukungan baterai 5.000 mAh pada Realme C30 menawarkan daya tahan yang lama sehingga dapat digunakan sepanjang hari. Fitur Ultra Saving Mode juga memberikan manfaat ekstra bagi pengguna dengan waktu siaga yang luar biasa lama bahkan saat baterai tinggal 5%.

Mode ini memungkinkan penggunaan WhatsApp hingga 1,5 jam, pemutaran musik di Spotify hingga 4 jam, dan panggilan telepon hingga 2,3 jam hanya dengan 5% daya baterai.

Baca juga : Sebelum Beli, Baca Dulu 11 Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y51A

Kekurangan Realme C30

Setelah membahas mengenai kelebihan Realme C30, tidak adil rasanya jika tidak mengulik kekurangannya. Nah, berikut ini kekurangan Realme C30 yang wajib kalian ketahui.

1. Setup Kamera Tidak Menarik

Realme C30 memiliki kamera tunggal 8 MP di bagian belakang dan kamera selfie 5 MP di notch water-drop pada layar. Meskipun dilengkapi dengan berbagai fitur, kemampuan fotografi ponsel ini terbilang minim dan belum unggul dalam hal ini.

2. Belum Ada Fast Charging

Meskipun memiliki baterai jumbo, Realme C30 belum mendukung teknologi fast charging. Pengisian daya hanya bisa dilakukan dengan charger 10 watt.

3. Tidak Ada Biometrik Fingerprint

Realme C30 tidak menyediakan sensor sidik jari, yang dapat menjadi kekurangan bagi mereka yang terbiasa menggunakan fitur ini pada ponsel sebelumnya.

Meskipun memiliki beberapa kekurangan, Realme C30 adalah pilihan yang worth it to buy, terutama bagi yang menginginkan ponsel dengan fungsi dasar yang baik dan harga terjangkau. Dengan desain yang unik, layar besar, performa yang memadai, dan baterai tahan lama, Realme C30 cocok untuk digunakan dalam aktivitas harian Anda.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.