Sebelum Beli, Wajib Tahu Kelebihan dan Kekurangan Oppo Reno 8 Z 5G

Oppo Reno 8 Z 5G adalah salah satu anggota dari Reno 8 Series yang resmi diluncurkan pada bulan September tahun lalu. Ponsel ini bersaing di segmen mid-range dan merupakan penerus dari Reno 7 Z 5G dengan beberapa peningkatan spesifikasi penting.

Oppo Reno8 Z 5G
Spesifikasi Oppo Reno8 Z 5G
  • Rilis : Agustus 2022
  • Layar : 6.43 inci AMOLED
  • Chipset : Qualcomm Snapdragon 695 5G (6nm)
  • GPU : Adreno 619
  • RAM : 8 GB
  • Memori Internal : 256 GB
  • Memori Eksternal : Tersedia, slot microSD
  • Kamera Belakang : 64 MP (wide), 2 MP (macro), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan : 16 MP (wide)
  • Baterai : Li-Po 4500 mAh, Fast Charging 33W

SelengkapnyaSpesifikasi Oppo Reno8 Z 5G dan Harganya

Penasaran dengan kelebihan Reno 8 Z 5G? Simak informasi lengkapnya dalam tulisan ini.

Baca juga : Yuk, Ketahui 8 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A02s

Kelebihan Oppo Reno 8 Z 5G

Dari tagline "The Portrait Expert" yang diusungnya, sudah dapat ditebak bahwa Oppo Reno 8 Z 5G menitikberatkan pada sektor fotografi. Lebih dari sekadar ponsel dengan kamera yang baik, berikut adalah kelebihan yang ditawarkan oleh Oppo Reno 8 Z 5G.

Desain Premium dengan Dual Orbit Lights

Setiap lini ponsel Oppo memiliki ciri khas desain yang unik sehingga banyak diminati oleh penggemar ponsel bergaya. Oppo Reno 8 Z 5G menghadirkan kombinasi desain Ultra Slim Retro dan Oppo Glow yang menciptakan bodi ramping yang berkilauan dan tahan goresan. Terdapat juga Dual Orbit Lights atau lingkaran cahaya di sekitar lensa kamera yang akan menyala otomatis saat ada notifikasi atau proses pengisian daya.

Impresi premium dari Oppo Reno 8 Z 5G semakin terlihat dengan dimensinya yang kompak dan kokoh. Ponsel ini memiliki dimensi 159.9 x 73.2 x 7.7 mm dan berat keseluruhan hanya 181 gram saja.

Kamera Mumpuni

Sesuai dengan tagline yang diusungnya, Oppo Reno 8 Z 5G menawarkan sensor kamera yang mumpuni dilengkapi dengan fitur-fitur terkini. Setup kamera belakangnya dipimpin oleh kamera utama 64 MP (aperture f/1.7) dengan EIS dan teknologi Pixel Binning.

Kamera utamanya didampingi oleh kamera makro 2 MP (aperture f/2.4) dan sensor depth 2 MP (aperture f/2.4). Untuk keperluan selfie atau panggilan video, Oppo menyertakan kamera depan beresolusi 16 MP (aperture f/2.4).

Ponsel ini didukung oleh fitur AI Portrait dan Bokeh Flare Portrait yang menghasilkan jepretan yang jernih. Beberapa fitur unggulan lainnya seperti Selfie HDR hingga AI Color Portrait juga tak kalah menarik.

Layar AMOLED Full HD+

Oppo Reno 8 Z 5G mengusung layar lapang berukuran 6.43 inci dengan resolusi Full HD Plus (1080 x 2400 piksel). Layar berpanel AMOLED ini mendukung gamut warna DCI-P3 93% dengan kedalaman warna mencapai 16.7 juta warna untuk menjamin visualisasi yang memuaskan. Rasio layar ke bodi sebesar 90.80% memastikan tampilan yang luas dan cocok untuk menonton siaran favorit atau scroll media sosial.

Oppo menawarkan kerapatan piksel hingga 409 ppi dan kecerahan hingga 600 nits pada layar Reno 8 Z 5G, yang artinya mampu menampilkan konten tajam dengan visibilitas yang baik. Layar ini juga dilindungi oleh kaca pelindung Schott Xensation Up.

Kapasitas Penyimpanan Jumbo

Ponsel ini juga menawarkan kelebihan berupa kapasitas penyimpanan jumbo yang mampu menangani multitasking tanpa hambatan. Anda akan mendapatkan RAM hingga 8 GB yang sudah didukung oleh fitur ekspansi RAM hingga 5 GB. Selain itu, Oppo Reno 8 Z 5G juga memiliki kapasitas penyimpanan internal hingga 256 GB.

Jangan khawatir tentang kekurangan ruang penyimpanan karena ponsel ini juga memiliki slot microSD. Anda dapat memperluas kapasitasnya hingga 1 TB!

Baterai Awet

Meskipun memiliki bodi ramping dan ringan, Oppo Reno 8 Z 5G dibekali baterai berkapasitas besar, yaitu 4.500 mAh, yang mampu bertahan sepanjang hari. Oppo menyediakan dukungan SuperVOOC hingga 33 watt yang mampu mengisi daya dari 0 hingga 100% dalam waktu sekitar 1 jam saja.

Konektivitas dan Sensor Lengkap

Oppo Reno 8 Z 5G dilengkapi dengan sensor lengkap dan konektivitas yang patut diacungi jempol. Oppo membekalinya dengan sensor canggih seperti giroskop, sensor in-display optical, dan kompas untuk mendukung aktivitas sehari-hari. Selain itu, Oppo Reno 8 Z 5G juga sudah dilengkapi dengan jack audio 3.5 mm dan NFC.

Baca juga : Inilah 8 Kelebihan dan Kekurangan Oppo Reno 8 5G

Kekurangan Oppo Reno 8 Z 5G

Setelah mengetahui kelebihan Oppo Reno 8 Z 5G, mari kita ketahui lebih lanjut tentang kekurangannya.

Refresh Rate Hanya 60 Hz

Salah satu hal yang menjadi pertimbangan bagi beberapa pengguna adalah kecepatan refresh yang masih standar, yaitu hanya 60 Hz. Hal ini dapat membuat navigasi dan scrolling di atas layar terasa kurang responsif.

Chipset Kalah Saing

Oppo Reno 8 Z 5G menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 695 yang memiliki 8 inti CPU dengan kecepatan hingga 2.2 GHz dan GPU Adreno 619. Walaupun menjamin kinerja yang lancar, performanya berada di level yang lebih rendah dibandingkan dengan beberapa pesaingnya di kelas yang sama. Hal ini mungkin menjadi pertimbangan bagi pengguna yang mencari ponsel di atas 3 jutaan.

Demikianlah informasi mengenai kelebihan dan kekurangan Oppo Reno 8 Z 5G yang perlu Anda ketahui. Secara menyeluruh, ponsel ini cocok untuk Anda yang menginginkan smartphone dengan keunggulan di sektor fotografi.

About the Author

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.