Inilah 8 Kelebihan dan Kekurangan Oppo Reno 8 5G

Oppo Reno 8 5G telah menarik perhatian para pecinta gadget dengan sejumlah peningkatan yang mengagumkan. Dari performa yang mumpuni hingga kemampuan fotografi yang luar biasa, ponsel ini menjadi salah satu yang paling diantisipasi di kelas Android mid-range.

Oppo Reno8 5G
Spesifikasi Oppo Reno8 5G
  • Rilis : Agustus 2022
  • Layar : 6.4 inci AMOLED 90Hz
  • Chipset : MediaTek Dimensity 1300 (6nm)
  • GPU : Mali-G77 MC9
  • RAM : 8 GB
  • Memori Internal : 256 GB
  • Memori Eksternal : Tidak tersedia
  • Kamera Belakang : 50 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 2 MP (macro)
  • Kamera Depan : 32 MP (wide)
  • Baterai : Li-Po 4500 mAh, Fast Charging 80W

Selengkapnya : Spefikasi Oppo Reno8 5G dan Harganya

Namun terlepas dari aspek unggulan tersebut, tentu saja Oppo Reno 8 5G menyimpan beberapa kekurangan yang bisa jadi deal breaker.

Agar tidak menyesal memilihnya sebagai daily driver untuk menggantikan smartphone lama kalian, ketahui lebih dahulu kelebihan dan kekurangannya berikut ini.

Baca juga : Wajib Tahu 8 Kelebihan dan Kekurangan OPPO A76

Kelebihan Oppo Reno 8 5G

Oppo Reno 8 5G menjadi penerus dari Reno 7 5G yang dibanderol di rentang harga 7 jutaan. Dengan harga yang relatif mahal ini, kalian akan mendapatkan sejumlah kelebihan di bawah ini.

1. Desain yang Menggoda

Tampilan Oppo Reno 8 5G begitu memesona dengan desain Oppo Glow yang memikat hati. Bodi datarnya memberikan kenyamanan ergonomis dengan ketebalan hanya 7.67 mm dan bobot yang ringan, 179 gram. Tersedia dalam dua variasi warna yang elegan, Shimmer Black dan Shimmer Gold, ponsel ini pasti akan membuat Anda tampil stylish.

2. Layar AMOLED Super Jernih

Layar AMOLED lapang Oppo Reno 8 5G menawarkan pengalaman visual yang luar biasa. Ukuran 6.4 inci dan resolusi Full HD Plus (1080 x 2400 piksel) menghadirkan ketajaman gambar yang mengagumkan. Dengan refresh rate hingga 90 Hz, Anda akan merasakan kehalusan dalam setiap gerakan dan aktivitas scrolling yang mulus.

Layar ini juga mendukung HDR10+ dan mencapai tingkat kecerahan hingga 800 nits, memastikan Anda menikmati streaming konten dengan kualitas tertinggi. Penggunaan in-display fingerprint dan lapisan proteksi Gorilla Glass 5 menambahkan sentuhan teknologi tinggi pada ponsel ini.

3. Performa Dapur Pacu Unggul

Ponsel 5G hebat, Oppo Reno 8 5G, didukung oleh chipset MediaTek Dimensity 1300 dengan CPU Octa-core yang kuat berkecepatan maksimum 3 GHz dan GPU Mali-G77 yang canggih. Proses fabrikasi 6 nanometer memberikan peningkatan performa CPU hingga 40% dan efisiensi daya hingga 20%, serta rendering grafis mencengangkan hingga 106%.

Dengan begitu, Anda dapat dengan leluasa melakukan multitasking, bermain game berat, atau menjalankan aplikasi dengan cepat dan lancar. Tidak perlu khawatir tentang overheat karena Oppo Reno 8 5G telah dilengkapi dengan VC Liquid Cooling System yang menjaga suhu ponsel tetap stabil.

4. Kapasitas Penyimpanan Luas

Ponsel ini juga memberikan ruang penyimpanan yang luas dengan RAM hingga 8 GB dan memori internal hingga 256 GB. Kapasitas ini memungkinkan Anda untuk menyimpan banyak aplikasi, foto, video, dan file penting tanpa perlu khawatir tentang ruang yang cepat habis.

5. Kamera Unggul untuk Karya Seni Fotografi

Oppo Reno 8 5G membawa setup kamera unggul yang mampu menghasilkan potret-potret berkualitas tinggi. Triple kamera di bagian belakang ponsel ini dilengkapi dengan sensor Sony IMX766 beresolusi 50 MP yang menghadirkan detail yang tajam. Kamera ultrawide 8 MP dan kamera makro 2 MP memungkinkan Anda untuk menangkap gambar dari sudut pandang yang berbeda dan menjelajahi dunia mikro.

Tidak hanya itu, kamera depan 32 MP dengan sensor Sony IMX709 juga memberikan hasil selfie yang memukau. Berbagai fitur menarik seperti Night Portrait, Ultra Night Video, dan AI Slow Motion akan membantu Anda mengeksplorasi kreativitas dalam fotografi. Perekaman video dengan resolusi 4K pada kecepatan 30 fps semakin menambah keunggulan kamera ini.

6. Baterai Tahan Lama dengan Pengisian Cepat

Oppo Reno 8 5G diandalkan sebagai daily driver berkat kapasitas baterai 4.500 mAh yang dapat bertahan hingga 18 jam 27 menit untuk video playback. Pengisian daya tidak menjadi masalah berkat dukungan fast charging 80 Watt yang membuat ponsel siap digunakan dalam waktu singkat.

Baca juga : Cari Tahu 8 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A02

Kekurangan Oppo Reno 8 5G

Namun, Oppo Reno 8 5G juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan.

1. Tidak Dilengkapi OIS pada Kamera

Sayangnya, fitur Optical Image Stabilization (OIS) belum disematkan pada sistem kamera ponsel ini. Hal ini mungkin menjadi pertimbangan bagi Anda yang mengutamakan stabilitas gambar dalam pengambilan foto dan video.

2. Output Suara Mono

Bagi Anda yang menyukai kualitas suara yang menggelegar, Oppo Reno 8 5G hanya dibekali dengan speaker mono, sehingga pengalaman audio mungkin tidak seoptimal yang diharapkan.

Bagaimana menurut Anda? Meskipun Oppo Reno 8 5G memiliki beberapa kekurangan, namun ponsel ini tetap menawarkan teknologi terkini dan kinerja yang mengesankan. Apakah Anda siap untuk menjajal kelebihan ponsel ini, atau mungkin memilih opsi lain yang sesuai dengan preferensi Anda? Keputusan ada di tangan Anda.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.