Ketahui 7 Kelebihan dan Kekurangan Nokia C1 2nd Edition

Smartphone kelas bawah selalu dinantikan oleh para pengguna Android, terutama bagi mereka yang pertama kali ingin mengenal smartphone. Nokia C1 2nd Edition, yang dirilis pada tahun 2021, hadir sebagai salah satu perangkat low-end dengan harga yang terjangkau. Cocok untuk anak sekolah atau orangtua yang ingin memanfaatkan fungsi dasar ponsel pintar.

Nokia C1 2nd Edition
Spesifikasi Nokia C1 2nd Edition
  • Rilis : Januari 2022
  • Layar : 5.45 inci IPS LCD ~295ppi
  • Chipset : Quad Core 1.3GHz processor
  • GPU
  • RAM : 1 GB
  • Memori Internal : 16 GB
  • Memori Eksternal : Tersedia, slot microSD
  • Kamera Belakang : 5 MP
  • Kamera Depan : 5 MP
  • Baterai : Li-Ion 2500 mAh

Selengkapnya : Spesifikasi Nokia C1 2nd Edition dan Harganya

Mari kita eksplorasi kelebihan dan kekurangan Nokia C1 2nd Edition agar Anda dapat membuat keputusan yang tepat sebelum meminang perangkat ini.

Baca juga : Sebelum Beli, Cek 10 Kelebihan dan Kekurangan Infinix Hot 11

Kelebihan Nokia C1 2nd Edition

Nokia C1 2nd Edition menawarkan sejumlah kelebihan menarik yang membuatnya layak dipertimbangkan sebagai pilihan perangkat low-end. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Bodi Kompak dan Ringan

Nokia C1 2nd Edition hadir dengan desain bodi yang kompak dan ergonomis. Dengan dimensi hanya 148 x 71.8 x 9.3 mm dan bobot 154 gram, perangkat ini nyaman digenggam dan mudah dibawa ke mana saja.

Penggunaan material plastik memberikan kesan ringan pada ponsel ini, namun Nokia tetap menyuguhkan tampilan yang tidak terlihat murah dengan pilihan warna doff yang menarik.

Desain unibody dengan bezel tipis di kedua sisi membuat Nokia C1 2nd Edition terlihat modern. Tersedia dalam dua variasi warna, yaitu Blue dan Purple, dengan build quality jempolan yang menjadi ciri khas produk Nokia.

2. Fitur Face Unlock

Meskipun harganya terjangkau, Nokia C1 2nd Edition menyediakan fitur buka kunci wajah atau face unlock. Fitur ini memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi pengguna Android pemula dalam membuka kunci perangkat mereka.

3. OS Android 11 Go Edition

Nokia C1 2nd Edition menggunakan sistem operasi Android 11 Go Edition yang ringan dan efisien. Sistem ini dirancang khusus untuk perangkat dengan spesifikasi dasar, memungkinkan ponsel berjalan lancar dalam membuka berbagai aplikasi secara bersamaan atau multitasking dengan baik.

4. Kamera dengan LED Flash

Ponsel low-end ini dilengkapi dengan dua kamera, baik di bagian belakang maupun depan, yang telah dilengkapi dengan LED flash. Kamera utama beresolusi 5 MP dan kamera depan juga 5 MP, memungkinkan pengguna untuk mengambil foto yang baik dalam kondisi minim cahaya.

5. Layar Lapang dengan Resolusi HD Plus

Nokia C1 2nd Edition menawarkan layar 5.4 inci dengan resolusi HD Plus yang lebih oke dari pendahulunya. Layar ini memberikan tampilan konten yang lebih luas dan nyaman, membuatnya cocok digunakan sebagai daily driver.

Baca juga : Yuk, Cari Tahu 8 Kelebihan dan Kekurangan Nokia G20

Kekurangan Nokia C1 2nd Edition

Namun, sebagai perangkat low-end, Nokia C1 2nd Edition juga memiliki beberapa kekurangan khas. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Performa Terbatas

Dapur pacu Nokia C1 2nd Edition terbatas dengan prosesor Quad-core Unisoc SC7731e yang hanya berjalan pada kecepatan 1.3 GHz. Dengan kapasitas RAM 1 GB dan memori internal 16 GB, performa ponsel ini memang terbatas. Meskipun demikian, Anda dapat memperluas penyimpanan dengan kartu microSD hingga 128 GB.

2. Baterai Kecil tanpa Fast Charge

Nokia C1 2nd Edition memiliki baterai 2.500 mAh yang masih bertipe removable. Sayangnya, perangkat ini tidak dilengkapi dengan dukungan pengisian daya cepat dan hanya mendukung microUSB 2.0.

Nokia C1 2nd Edition adalah pilihan tepat bagi pengguna Android pemula yang mencari smartphone low-end yang ramah di kantong. Dengan bodi kompak dan ringan, fitur face unlock, OS Android 11 Go Edition, kamera dengan LED flash, dan layar lapang dengan resolusi HD Plus, Nokia C1 2nd Edition menawarkan sejumlah kelebihan yang menarik.

Meskipun memiliki performa terbatas dan baterai kecil, ponsel ini tetap menjadi pilihan worth it untuk anak sekolah atau orangtua yang baru mengenal smartphone. Selamat berbelanja, dan semoga artikel ini membantu Anda dalam mengambil keputusan yang tepat!

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.