6 Kelebihan dan Kekurangan iPhone SE 2022 yang Perlu Diketahui

Apple iPhone SE (2022) merupakan anggota generasi ketiga dari seri iPhone SE yang ditawarkan oleh Apple. Ponsel ini menawarkan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan ponsel Apple lainnya di tahun ini, dengan kisaran harga sekitar 8 jutaan.

iPhone SE 2022
Spesifikasi iPhone SE 2022
  • Rilis : Maret 2022
  • Layar : 4.7 inci Retina IPS LCD
  • Chipset : Apple A15 Bionic (5nm)
  • GPU : Apple GPU (4-core graphics)
  • RAM : 4 GB
  • Memori Internal : 64 GB, 128 GB, 256 GB
  • Memori Eksternal : Tidak tersedia
  • Kamera Belakang : 12 MP (wide)
  • Kamera Depan : 7 MP
  • Baterai : Li-Ion 2018 mAh, Fast Charging 20W

Selengkapnya : Spesifikasi iPhone SE 2022 dan Harganya

Banyak dari Anda mungkin telah mempertimbangkan iPhone SE (2022) sebagai pilihan utama, mengingat adanya peningkatan spesifikasi dari pendahulunya. Namun, sebelum Anda mengambil keputusan untuk menjadikannya sebagai daily driver terbaru Anda, mari kita teliti beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh Apple iPhone SE (2022).

Baca juga : Yuk, Ketahui 8 Kelebihan dan Kekurangan Realme Narzo 50A!

Kelebihan iPhone SE 2022

Semakin hari, popularitas Apple semakin melambung tinggi, dan tidak heran banyak orang menjadikan iPhone sebagai perangkat andalan untuk tugas sehari-hari mereka. iPhone SE (2022) memiliki sejumlah kelebihan yang membuatnya menjadi pilihan yang menarik. Berikut adalah beberapa kualitas yang terdapat pada iPhone SE (2022):

1. Ditenagai oleh Chipset A15 Bionic Apple

Selain jajaran seri iPhone 13, perangkat ini juga menggunakan prosesor terbaru dari Apple, yaitu A15 Bionic. Prosesor ini menawarkan performa yang luar biasa, karena didukung oleh CPU Hexa-core dengan fabrikasi 5 nm yang menghadirkan kecepatan clock hingga 3,22GHz. 

Chipset A15 Bionic juga memungkinkan iPhone SE (2022) mendukung jaringan 5G, serta memiliki neural engine 16 inti dan GPU 4 inti yang memberikan dukungan untuk fitur dan performa baru, termasuk kecepatan proses yang optimal dan rendering yang cepat. iPhone SE (2022) juga dilengkapi dengan RAM 4GB dan tersedia dalam pilihan memori internal 64GB, 128GB, dan 256GB.

2. Desain Kompak dan Mini

iPhone SE (2022) memiliki layar IPS LCD dengan ukuran 4,7 inci. Meskipun layarnya tidak terlalu besar, resolusi HD Plus (750 x 1334 piksel) dan kerapatan layar sebesar 326 ppi membuatnya tetap menampilkan gambar yang tajam. Selain itu, iPhone SE (2022) mendukung standar warna DCI-P3 dan HDR10.

Ponsel ini juga memiliki bodi yang kompak dengan dimensi 138,4 x 67,3 x 7,3 mm dan bobot 144 gram. Bodi ponsel ini dilindungi oleh lapisan kaca di bagian depan dan belakang, dan memiliki sertifikasi IP67 untuk ketahanan terhadap air dan debu.

3. Fitur Kamera Lengkap

Tidak dapat dipungkiri bahwa kualitas kamera iPhone memukau. iPhone SE (2022) dilengkapi dengan fitur kamera yang lengkap, berkat neural engine A15 Bionic yang memberikan kemampuan yang luar biasa, mulai dari Photographic Style hingga Smart HDR 4.

Kamera utama iPhone SE (2022) mampu merekam video dengan resolusi 4K pada 60 frame per detik. Seluruh kamera pada ponsel ini dilengkapi dengan stabilisasi video, yang membuatnya cocok bagi mereka yang gemar membuat konten video.

4. Menggunakan Touch ID

iPhone SE (2022) memiliki fitur Touch ID yang terletak pada tombol Home, yang membuatnya lebih efisien dan disukai oleh sebagian orang. Sensor sidik jari Touch ID pada iPhone sangat mudah digunakan untuk membuka kunci ponsel, meskipun Apple juga menyediakan fitur Face ID. Dengan Touch ID, pengguna dapat membuka kunci ponsel dengan mudah dan cepat.

Dengan kombinasi kelebihan-kelebihan di atas, iPhone SE (2022) menjadi pilihan yang menarik bagi mereka yang menginginkan perangkat yang andal, kuat, dengan desain kompak, dan fitur-fitur canggih dari Apple.

Baca juga : Ketahui 9 Kelebihan dan Kekurangan iPhone 13 Pro Max Ini!

Kekurangan iPhone SE 2022

Setelah membahas kelebihan iPhone SE (2022), penting juga untuk melihat beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli perangkat ini di toko favorit Anda.

1. Resolusi Kamera yang Terbatas

Meskipun Apple menawarkan fitur dan teknologi canggih untuk memotret momen-momen spesial, iPhone SE (2022) memiliki keterbatasan dalam hal resolusi kamera. Kamera utama hanya memiliki resolusi 12MP standar, sedangkan kamera depannya hanya 7MP. Hal ini mungkin menjadi kelemahan bagi mereka yang menginginkan kualitas gambar yang lebih tinggi dan detail.

2. Desain yang Monoton

Apple dikenal dengan pendekatan desain yang konsisten dan konservatif pada seri iPhone mereka. Hal ini berarti bahwa iPhone SE (2022) memiliki desain yang relatif mirip dengan pendahulunya. Bagi beberapa pengguna, ini mungkin terasa membosankan dan kurang inovatif. Dengan harga yang mencapai 8 jutaan, ada harapan untuk melihat desain yang lebih segar dan menarik.

Namun, perangkat ini masih menawarkan kelebihan yang menarik, terutama bagi mereka yang lebih mengutamakan fungsionalitas daripada penampilan. Kinerja yang baik dan desain yang kompak membuat iPhone SE (2022) menjadi pilihan yang baik untuk pengguna yang menginginkan perangkat yang dapat dengan mudah dibawa ke mana pun.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.