Yuk, Kenali 7 Kelebihan dan Kekurangan iPhone 13 Pro

iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max adalah varian unggulan terbaru dari Apple yang diperkenalkan pada tanggal 14 September. Kedua model ini dijual bersama dengan iPhone 13 dan iPhone 13 Mini yang lebih terjangkau. iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max dirancang khusus untuk mereka yang menginginkan iPhone dengan fitur dan kamera terbaik.

iPhone 13 Pro
Spesifikasi iPhone 13 Pro
  • Rilis : Oktober 2021
  • Layar : 6.1 inci Super Retina XDR OLED 120Hz HDR10 Dolby Vision ~460
  • Chipset : Apple A15 Bionic (5nm)
  • GPU : Apple GPU (5-core graphics)
  • RAM : 6 GB
  • Memori Internal : 128 GB, 256 GB, 512 GB
  • Memori Eksternal : Tidak tersedia
  • Kamera Belakang : 12 MP (wide), 12 MP (ultrawide), 12 MP (telephoto), TOF LiDAR scanner (depth)
  • Kamera Depan : 12 MP (wide), SL 3D (Depth/biometrics)
  • Baterai : Li-Ion 3095 mAh, Fast Charging 200W

Selengkapnya : Spesifikasi iPhone 13 Pro dan Harganya

Seri iPhone 13 termasuk dalam kategori "pembaruan tambahan" yang menghadirkan peningkatan dari versi sebelumnya dengan perubahan dan peningkatan yang lebih besar dalam hal performa yang stabil.

Perangkat ini juga meneruskan warisan Apple dalam hal kinerja, desain, dan kualitas kamera yang luar biasa. Tidak hanya itu, kalian juga akan mendapatkan akses ke berbagai aksesori, ekosistem Apple, dan dukungan dari Apple Store.

Dengan harga mulai dari 18 jutaan, penting bagi kalian untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan iPhone 13 Pro agar tidak menyesal setelah melakukan pembelian.

Baca juga : 6 Kelebihan dan Kekurangan iPhone SE 2022 yang Perlu Diketahui

Kelebihan iPhone 13 Pro

Secara penampilan, iPhone 13 Pro dan iPhone 13 terlihat serupa dengan dimensi yang sama persis. Namun, iPhone 13 Pro memiliki keunggulan yang membuatnya lebih istimewa dibandingkan dengan versi reguler.

Mari kita telusuri beberapa hal menarik mengenai iPhone 13 Pro yang patut dibanggakan.

1. Layar ProMotion yang Mengagumkan

Salah satu perbedaan signifikan pada iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max adalah layarnya yang luar biasa. Apple telah meningkatkan kecerahan layar Super Retina XDR OLED hingga 1000 nits, dibandingkan dengan 800 nits pada generasi sebelumnya. Ini sangat berguna saat menggunakan ponsel di luar ruangan dengan sinar matahari terang.

Teknologi ProMotion memungkinkan layar bergerak dengan kecepatan refresh hingga 120Hz, menghasilkan tampilan yang halus dan nyaman. Layar iPhone 13 Pro juga dilindungi dengan ceramic shield yang sama kuatnya dengan seri iPhone 12, sehingga tahan terhadap goresan.

2. Kamera Berkualitas Tinggi dengan Fitur Baru

Apple selalu memberikan peningkatan yang menarik pada kamera setiap kali meluncurkan iPhone baru, dan iPhone 13 Pro juga tidak terkecuali. Meskipun memiliki resolusi 12MP pada tiga kamera belakang dan kamera depan, Apple telah meningkatkan kualitas piksel dan fitur-fiturnya.

Kamera utama iPhone 13 Pro dilengkapi dengan sensor yang lebih besar, meningkatkan kejernihan gambar dengan mengurangi noise. Selain itu, kamera ini memiliki kecepatan rana yang lebih cepat. Dengan sensor dan aperture f/1.5 yang lebih besar, iPhone 13 Pro menghadirkan peningkatan 2.2x dalam kondisi pencahayaan rendah dibandingkan dengan pendahulunya.

Lensa ultrawide juga mendapat peningkatan aperture hingga f/1.8 dan sistem autofokus baru yang meningkatkan performa di kondisi cahaya rendah sebesar 92%. Yang menarik, lensa ultrawide ini juga dapat digunakan untuk pemotretan makro super dekat, menambah keserbagunaan pada sistem kamera iPhone 13 Pro.

Selain itu, terdapat lensa telefoto baru dengan zoom optik 3x yang lebih besar dari generasi sebelumnya. Sebagai model yang lebih mahal dan penuh fitur, iPhone 13 Pro dilengkapi dengan Optical Image Stabilization (OIS) yang memberikan foto yang lebih stabil. Apple juga memperkenalkan Mode Sinematik yang memungkinkan pengguna untuk membuat film pendek yang menakjubkan hanya menggunakan smartphone mereka.

Fitur lain yang menarik adalah Photographic Styles. Fitur ini mirip dengan gaya khusus yang diciptakan oleh fotografer profesional untuk menghasilkan gambar yang epik. Dengan Photographic Styles, pengguna dapat menerapkan gaya ini langsung saat memotret, membuatnya lebih sederhana daripada menerapkan LUT atau filter setelah pengambilan gambar.

3. Performa Cepat dengan Chipset Terbaru

Jantung dari iPhone selalu menjadi sorotan setiap kali diluncurkan, dan iPhone 13 Pro tidak terkecuali. Dilengkapi dengan chipset A15 Bionic yang lebih cepat, hemat baterai, dan memiliki kemampuan grafis yang lebih baik dibandingkan dengan pendahulunya.

Dengan CPU enam inti dan GPU lima inti, iPhone 13 Pro menawarkan kinerja yang luar biasa. Dukungan mesin Neural baru, kombinasi layar 120Hz, dan kekuatan A15 Bionic, membuat penggunaan sehari-hari dengan iPhone 13 Pro bebas dari hambatan.

4. Daya Tahan Baterai yang Lebih Baik

iPhone 13 Pro menawarkan masa pakai baterai yang tangguh berkat efisiensi chipset baru dan sistem operasi iOS 15. Ponsel ini dapat bertahan seharian penuh dengan mudah, bahkan dengan penggunaan berat. Apple bahkan mengklaim bahwa iPhone 13 Pro dapat melakukan streaming video selama 20 jam dengan satu pengisian daya.

Baca juga : 8 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A53 5G

Kekurangan iPhone 13 Pro

Walaupun iPhone 13 Pro memiliki banyak kelebihan yang menarik, tidak dapat dipungkiri bahwa ada beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan. Kekurangan-kekurangan ini pada dasarnya merupakan hal-hal yang sudah terlihat pada generasi iPhone sebelumnya dan mungkin dapat ditoleransi oleh pengguna yang telah terbiasa dengan produk Apple.

1. Harga yang Tinggi

Kekurangan pertama adalah harganya yang mahal. Meskipun harga adalah hal yang relatif, mayoritas pengguna iPhone setuju bahwa jajaran iPhone 13 Pro memiliki harga yang tinggi. Untuk mendapatkan varian dengan kapasitas penyimpanan 1TB, pengguna harus merogoh kocek hampir 30 juta rupiah. Bahkan varian dengan kapasitas dasar 128GB harganya hampir setara dengan iPhone 13 Pro Max.

2. Tidak Dilengkapi Touch ID

Bagi pengguna yang menyukai kemudahan, kekurangan yang kedua adalah absennya fitur Touch ID pada iPhone 13 Pro. Perangkat ini hanya menggunakan Face ID sebagai metode pengenalan wajah tanpa menyertakan fitur Touch ID yang sebelumnya sudah populer. Padahal, banyak pengguna yang menganggap Touch ID lebih efisien dan mudah digunakan. Tentu saja ini menjadi keluhan bagi mereka.

3. Charger Dijual Terpisah

Salah satu kekurangan yang cukup kontroversial adalah penjualan charger secara terpisah dari perangkat iPhone. Meskipun Apple memiliki alasan tersendiri untuk mengambil keputusan ini, hal ini bisa menyulitkan terutama bagi pengguna yang baru pertama kali menggunakan iPhone. Mereka harus mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli charger yang sesuai.

Meskipun demikian, iPhone 13 Pro akan segera tersedia secara luas di Indonesia karena telah memperoleh sertifikasi TKDN dari Kementerian Perindustrian. Dengan demikian, pengguna di Indonesia akan segera dapat menikmati perangkat ini.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.