Ini Dia 7 Kelebihan dan Kekurangan Infinix Smart 6 Plus

 Pasar Indonesia telah menyambut kedatangan Infinix Smart 6 Plus pada bulan Agustus lalu, menambah persaingan sengit di kategori smartphone entry-level. Namun, Infinix memiliki strategi tersendiri dengan menyematkan fitur-fitur unggulan, seperti layar lapang dan kapasitas RAM yang dapat diperluas.

Infinix Smart 6 Plus
Spesifikasi Infinix Smart 6 Plus
  • Rilis : Agustus 2022
  • Layar : 6.82 inci IPS LCD
  • Chipset : MediaTek Helio G25 (12nm)
  • GPU : PowerVR GE8320
  • RAM : 3 GB
  • Memori Internal : 64 GB
  • Memori Eksternal : Tidak tersedia
  • Kamera Belakang : 8 MP, 0.3 MP (depth)
  • Kamera Depan : 5 MP
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh

Selengkapnya : Spesifikasi Infinix Smart 6 Plus dan Harganya

Sebelum Anda memilihnya sebagai daily driver untuk menggantikan smartphone lama, mari pertimbangkan kelebihan dan kekurangan Infinix Smart 6 Plus berikut ini.

Baca juga : Inilah 8 Kelebihan dan Kekurangan Infinix Zero 5G

Kelebihan Infinix Smart 6 Plus

Sebagai smartphone entry-level, Infinix Smart 6 Plus menawarkan sejumlah keunggulan yang menarik, terutama bagi pengguna yang menginginkan daya tahan baterai yang luar biasa. Berikut adalah beberapa kelebihannya:

1. Layar Besar

Infinix Smart 6 Plus menonjolkan layar IPS berukuran 6,82 inci dengan resolusi HD Plus (720 x 1600 piksel). Untuk smartphone di kisaran harga 1 jutaan, kecerahan hingga 500 nits yang diklaim oleh Infinix membuatnya mudah digunakan di luar ruangan, cocok dengan sebutan "Sunlight Display" yang diberikan oleh Infinix pada perangkat ini.

Desain waterdrop dengan bezel tipis membuat rasio layar ke bodi mencapai 91,1%, memberikan tampilan yang luas dan modern untuk smartphone entry-level masa kini.

2. Sensor Fingerprint

Meskipun harga terjangkau, Infinix Smart 6 Plus tetap menyediakan sensor sidik jari belakang dan fitur face unlock. Keberadaan fitur ini cukup menarik karena masih jarang ditemukan pada pesaingnya di segmen harga yang sama.

3. Android 12 Go Edition

Infinix Smart 6 Plus menggunakan sistem operasi Android 12 Go Edition yang ringan dan efisien. OS ini membuat ponsel berjalan lebih lancar dan efisien, serta menawarkan berbagai fitur baru. Menurut klaimnya, OS ini bahkan bekerja 30% lebih smooth dibandingkan pendahulunya.

4. Baterai Awet dan Tahan Lama

Meskipun memiliki resolusi layar yang tidak besar, konsumsi daya Infinix Smart 6 Plus tergolong rendah. Namun, Infinix tetap menyematkan baterai berkapasitas 5.000 mAh yang mampu bertahan hingga 64 hari dalam mode standby dan 16 jam dalam bermain game. Perangkat ini juga mampu bertahan hingga 31 jam untuk panggilan telepon, 96 jam untuk mendengarkan musik, dan 11 jam untuk menonton YouTube.

Dengan fitur Ultra Power Mode, pengguna dapat memperpanjang durasi penggunaan hingga 15 jam meskipun baterai tersisa hanya 5%.

5. Kapasitas Penyimpanan Besar

Infinix Smart 6 Plus memiliki RAM 3 GB dan memori internal 64 GB. Kelebihan lainnya adalah kemampuan untuk memperluas RAM hingga 6 GB dengan dukungan RAM Extension atau RAM virtual. Selain itu, perangkat ini juga memiliki slot micro SD yang dapat menampung hingga 512 GB.

Baca juga : Yuk Ketahui 6 Kelebihan dan Kekurangan OPPO A16e

Kekurangan Infinix Smart 6 Plus

Setelah mengetahui kelebihannya, jangan lupa juga mempertimbangkan kekurangan yang dimiliki oleh Infinix Smart 6 Plus. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Kemampuan Kamera Minim

Infinix Smart 6 Plus memiliki kamera dengan resolusi rendah. Dengan kamera utama beresolusi 8 MP dan kamera depan beresolusi 5 MP, kemampuan fotografi perangkat ini tergolong minim untuk kelas entry-level. Di sisi ini, beberapa pesaingnya di kisaran harga yang sama telah menyematkan 3 kamera belakang.

2. Belum Mendukung Fast Charge

Meskipun memiliki baterai besar, Infinix Smart 6 Plus belum dilengkapi dengan teknologi fast charging. Adaptor charger 10W yang disertakan memerlukan waktu hampir 4 jam untuk mengisi daya penuh. Hal ini mungkin menjadi pertimbangan bagi beberapa pengguna.

Infinix Smart 6 Plus menjadi pilihan yang tepat sebagai smartphone entry-level dengan baterai awet dan penyimpanan luas. Dengan harga sekitar 1.3 juta, perangkat ini dapat menjadi daily driver andalan bagi Anda yang memiliki aktivitas padat.

Namun, bagi yang mengutamakan kemampuan fotografi, perlu diingat bahwa Infinix Smart 6 Plus mungkin bukan pilihan yang tepat. Semoga artikel ini membantu Anda dalam membuat keputusan yang tepat sebelum berbelanja!

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.