Harga Apple iPhone XR Terbaru 2024 dan Spesifikasi

iPhone XR

Fitur Unggulan


  • SoC gegas Apple A12 Bionic
  • Layar Liquid Retina IPS LCD yang cerah
  • Bodi dengan material kaca dan aluminium, punya sertifikasi IP68
  • Bodi keren di ukuran yang kecil
  • Kamera belakang yang cukup bisa diandalkan

Selengkapnya : Kelebihan dan Kekurangan iPhone XR

Spesifikasi iPhone XR

Umum
RilisOktober 2018
JaringanGSM, CDMA, HSPA, EVDO, LTE
SIM CardSingle SIM (Nano-SIM and/or eSIM) atau Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

Body
Berat194 gram
Dimensi150.9 x 75.7 x 8.3 mm
MaterialDepan kaca Gorilla Glass, Belakang kaca Gorilla Glass, Frame alumunium
WarnaBlack, Red, Yellow, Blue, Coral, White

Layar
TipeLiquid Retina IPS LCD
Ukuran6.1 inci, ~79.0% rasio layar ke body
Resolusi828 x 1792 pixel, rasio 19.5:9, ~326 ppi

Platform
OSiOS 12, upgrade ke iOS 15.1
ChipsetApple A12 Bionic (7 nm)
CPUHexa-core (2x2.5 GHz Vortex + 4x1.6 GHz Tempest)
GPUApple GPU (4-core graphics)

Memori
Internal3/64 GB, 3/128 GB
JenisNVMe
EksternalTidak ada

Kamera Belakang
Resolusi 12 MP, f/1.8, 26mm (wide), 1/2.55", 1.4µm, PDAF, OIS
FiturQuad-LED dual-tone flash, HDR (photo/panorama)
Video4K @24/30/60fps, 1080p @30/60/120/240fps, HDR, stereo sound rec.

Kamera Depan
Resolusi7 MP, f/2.2, 32mm (standard) SL 3D, (depth/biometrics sensor)
FiturHDR
Video1080p @60fps

Audio
SpeakerAda
Jack 3.5mmTidak ada

A-GPS, GLONASS, GALILEO, QZSS
Konektivitas
WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, hotspot
Bluetooth5.0, A2DP, LE
GPS
RadioTidak ada
NFCAda
USBLightning, USB 2.0

Fitur
SensorFace ID, accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer
LainnyaSiri natural language commands and dictation

Baterai
TipeLi-Ion, non-removable
Kapasitas2942 mAh
FiturFast charging 15W, USB Power Delivery 2.0, Qi wireless charging

Benchmark
Antutu (v8)413.272

Harga iPhone XR

Harga
3/64 GB - Rp 5.000.000 3/128 GB - Rp 5.900.000

Catatan: Informasi yang tercantum di atas mungkin tidak sepenuhnya akurat. Silakan hubungi kami jika anda menemukan kesalahan pada informasi di atas.

Selengkapnya Tentang Apple iPhone XR

iPhone XR Keluaran Tahun Berapa?

iPhone XR pertama kali diluncurkan secara global pada bulan September 2018. Kemudian, Apple secara resmi memperkenalkannya di pasar Indonesia pada bulan Desember 2018, bersamaan dengan peluncuran iPhone XS dan iPhone XS Max.

Seperti Apa Desain Apple iPhone XR?

Desain iPhone XR terlihat elegan dan premium dengan menggunakan material Gorilla Glass untuk bodi depan dan belakang, sementara frame-nya dibuat dari aluminium seri 7000.

Sekilas, iPhone XR mirip dengan iPhone 11, dengan perbedaan utama terletak pada lensa kamera belakang. iPhone XR hanya memiliki satu kamera belakang, sedangkan iPhone 11 dilengkapi dengan dua kamera belakang.

Dimensi iPhone XR adalah 150.9 x 75.7 x 8,3 mm, dan bobotnya adalah 194 gram. Meskipun agak besar, tetapi secara keseluruhan masih nyaman digenggam.

Posisi tombol pada bodi iPhone XR hampir sama dengan seri iPhone X lainnya. Di sisi kiri, terdapat tombol dering/hening dan tombol pengatur volume. Di sisi kanan, terdapat tombol untuk mengaktifkan Siri dan memulai ulang iPhone.

Sayangnya, iPhone XR tidak dilengkapi dengan port jack audio 3.5mm. Pengguna mungkin perlu menggunakan earphone nirkabel atau mencari headset berkabel yang menggunakan konektor Lightning untuk mendengarkan audio dengan nyaman di ponsel ini.

Apa Saja Pilihan Warna iPhone XR?

iPhone XR menawarkan beragam pilihan warna yang dapat dipilih sesuai selera. Tersedia dalam warna hitam, putih, kuning, biru, merah, dan coral, sehingga pengguna dapat memilih varian warna yang paling disukai.

Apakah iPhone XR Tahan Air?

Apple telah melengkapi seri iPhone XR dengan sertifikasi tahan air dan debu IP67 sesuai standar IEC 60529. Smartphone ini dapat bertahan di dalam air hingga kedalaman 1 meter selama 30 menit.

Berapa Ukuran Layar iPhone XR?

iPhone XR menampilkan layar Liquid Retina IPS LCD berukuran 6,1 inci dengan rasio 19.5:9, memberikan dimensi yang lebih luas dibandingkan dengan iPhone XS yang menggunakan layar 5,8 inci. Keuntungan dari ukuran layar yang lebih besar ini adalah kenyamanan dalam menonton film atau bermain game.

Kualitas layar Liquid Retina ini pun cukup tajam. Meskipun resolusinya adalah 828 x 1792 piksel, tetapi layar dengan kepadatan 326 ppi ini dilengkapi dengan fitur-fitur seperti Multitouch dan True-tone, yang meningkatkan kualitas visual dengan kecerahan yang baik.

Fitur Multitouch memungkinkan layar merespons dengan baik terhadap sentuhan, memudahkan pengguna dalam berinteraksi dengan ponsel. Dengan fitur ini, pengguna dapat memperbesar, menggeser, dan menyentuh objek di layar dengan presisi. Layar dengan fitur Multitouch juga memberikan respons yang baik saat dua jari digunakan secara bersamaan.

True-tone adalah fitur lain yang disematkan pada layar, yang menyesuaikan warna dan intensitas layar sesuai dengan kondisi cahaya di sekitarnya. Hal ini membuat tampilan layar iPhone XR terlihat alami baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan.

Apple juga melengkapi layar smartphone ini dengan Scratch-resistant Glass dan Oleophobic Coating. Fitur ini tidak hanya melindungi layar dari goresan, tetapi juga membuatnya tahan terhadap bekas minyak dan sidik jari.

Bagaimana Kualitas Audio iPhone XR?

Ponsel iPhone XR menawarkan kualitas audio yang sangat baik. Dilengkapi dengan speaker stereo yang sama dengan iPhone XS dan XS Max, suara yang dihasilkan lebih tajam dan lebih luas dibandingkan dengan seri sebelumnya.

Tidak ada distorsi pada audio yang dihasilkan, bahkan ketika dinyalakan pada volume maksimal. Pengalaman mendengarkan musik pun menjadi lebih menyenangkan. Untuk menonton film melalui ponsel, kualitasnya juga tidak kalah bagus.

Berapa RAM iPhone XR?

Apple iPhone XR dilengkapi dengan RAM berkapasitas 3GB. Meskipun bila dibandingkan dengan smartphone flagship terbaru, kapasitas RAM sebesar 3GB mungkin terlihat tidak terlalu tinggi. Akan tetapi, RAM 3GB tersebut mampu mendukung kemampuan multitasking ponsel dengan lebih baik dibandingkan beberapa HP entry level.

Meskipun hanya hadir dalam satu varian RAM, iPhone XR menawarkan beberapa opsi kapasitas memori internal, yaitu 64GB, 128GB, dan 256GB.

Sayangnya, iPhone XR tidak menyediakan slot kartu memori eksternal. Oleh karena itu, pastikan untuk memilih varian memori internal yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jika Anda ingin menyimpan foto, video, atau file dengan lebih leluasa, disarankan untuk memilih varian memori internal yang lebih besar, seperti 128GB atau 256GB, daripada yang berkapasitas 64GB. Sebagai alternatif, Anda juga dapat berlangganan iCloud untuk mendapatkan ruang penyimpanan tambahan untuk file di ponsel.

Apple iPhone XR Pakai Chipset Apa?

Apple iPhone XR ditenagai oleh chipset Apple A12 Bionic, yang memiliki kinerja lebih cepat dibandingkan dengan chipset Bionic A11 yang digunakan pada seri iPhone X.

Apple menggabungkan chip A12 Bionic dengan CPU Hexa-core (2x2.5 GHz Vortex + 4x1.6 GHz Tempest) dan GPU Apple (4-core graphics). Kombinasi ini membuat ponsel beroperasi dengan kecepatan yang cukup tinggi, memungkinkan pengguna menjalankan beberapa aplikasi sekaligus tanpa mengalami lag yang signifikan.

Ponsel ini mampu menangani tugas-tugas berat seperti bermain game 3D atau mengedit video 4K tanpa hambatan yang berarti. Selain itu, penggunaan chipset Apple A12 Bionic dengan fabrikasi 7 nm membuat konsumsi daya HP ini lebih efisien, sehingga baterainya lebih hemat.

Berdasarkan hasil uji benchmark di Geekbench 4 oleh Tom's Guide, iPhone XR mencetak skor 11.312. Skor tersebut bersaing cukup baik dengan seri iPhone XS Max, iPhone XS, dan beberapa smartphone flagship lain yang sebanding dengan iPhone XR pada tahun perilisannya.

Apakah iPhone XR Cocok untuk Main Game?

Apple iPhone XR masih mampu memberikan pengalaman bermain game kasual dengan lancar. Performanya terbilang mulus ketika digunakan untuk bermain game puzzle augmented reality AR Blast.

Tidak hanya itu, ponsel ini hanya memerlukan waktu 12,3 detik untuk membuka game pertarungan seperti Tekken. Sementara itu, akses ke game balap seperti Asphalt 9 dapat dilakukan dalam waktu 4,98 detik. Kecepatannya cukup impresif.

Ketika bermain game multiplayer dengan banyak orang, pengguna tidak akan mengalami lag. Penggunaan chipset A12 Bionic memberikan performa bermain game yang cukup cepat untuk kelasnya.

iPhone XR Pakai iOS Berapa?

Ketika pertama kali diluncurkan, iPhone XR beroperasi dengan sistem operasi iOS 12, yang membawa sejumlah peningkatan dari versi sebelumnya. Informasi terkait garansi dapat ditemukan secara lengkap di menu Settings, kualitas Voice Note pada iMessage telah diperbaiki, ditambah dengan kehadiran Animoji baru, dan berbagai peningkatan lainnya. Sistem operasi iOS 12 juga memberikan peningkatan pada kinerjanya.

Apple terus memberikan dukungan pembaruan iOS untuk seri ini. Spesifikasinya masih dapat mendukung pembaruan hingga iOS 17, sehingga pengguna dapat menikmati peningkatan fitur seperti tambahan widget dan multiple displays pada CarPlay.

Berapa Resolusi Kamera Apple iPhone XR?

Kamera utama iPhone XR memiliki resolusi 12 MP dengan aperture f/1.8. Di bagian depan, terdapat kamera selfie 7 MP (f/2.2) yang didukung oleh sensor SL 3D (depth/biometrics).

Namun, disayangkan bahwa seri iPhone ini hanya dilengkapi dengan satu lensa utama tanpa tambahan lensa ultrawide seperti yang ada pada seri iPhone X atau iPhone XS. Keadaan ini menjadi kurang menguntungkan bila dibandingkan dengan beberapa ponsel Android terbaru di kisaran harga yang sama, yang umumnya telah dilengkapi dengan 3 hingga 4 lensa kamera.

Apakah Kamera Apple iPhone XR Bagus?

Hasil foto dari kamera utama 12 MP iPhone XR tidak mengecewakan. Smartphone ini dilengkapi dengan fitur seperti OIS (Optical Image Stabilization), PDAF (Phase Detection Auto Focus), Quad-LED dual-tone flash, dan Smart HDR (photo/panorama), yang semuanya berkontribusi pada hasil tangkapan gambar yang tajam.

Kamera ini juga mampu berperforma baik dalam kondisi pencahayaan minim. Kontras dalam foto tetap terjaga, dan tingkat noise dapat dikendalikan.

Salah satu keunggulan yang patut diperhatikan adalah kehadiran Depth Control yang memungkinkan pengaturan latar belakang dalam pengambilan gambar. Pengguna dapat mengontrol tingkat blur atau efek bokeh saat memotret, memberikan hasil foto layaknya diambil oleh kamera profesional.

Hasil potret dari kamera depan iPhone XR juga tidak kalah mengesankan. Dengan resolusi 7 MP dan teknologi True Depth, foto wajah menjadi lebih detail dan tajam.

Selain itu, kamera smartphone ini dapat diandalkan untuk merekam video. Dengan spesifikasi kamera utama 12 MP, iPhone XR mendukung perekaman video 4K @24/30/60fps dan 1080p @30/60/120/240fps.

Rekaman video pada kualitas 4K maupun 1080p terlihat memuaskan. Gerakan dalam perekaman terasa stabil, detailnya tajam, dan warnanya jernih dan kaya. Kualitas audio yang direkam juga hadir dalam format stereo, meningkatkan kualitas keseluruhan hasil rekaman.

Berapa Kapasitas Baterai Apple iPhone XR?

iPhone XR dilengkapi dengan baterai berkapasitas 2942 mAh. Meskipun pada pandangan awal kapasitasnya terlihat standar, daya tahan baterai smartphone ini sangat memuaskan.

Baterai pada Apple iPhone XR dapat bertahan hingga 16 jam untuk penggunaan sehari-hari. Ini lebih lama dibandingkan dengan iPhone seri 8 Plus yang memiliki daya tahan sekitar 15 jam. Ketahanan baterai yang diberikan oleh seri XR sering menjadi salah satu faktor utama yang menarik pengguna untuk memilih ponsel ini.

Apakah iPhone XR Sudah Fast Charging?

Selain memiliki daya tahan baterai yang cukup lama, iPhone seri XR sekarang mendukung Fast Charging 15W. Dengan menggunakan adaptor yang sesuai, pengisian daya ponsel ini dapat dilakukan dalam waktu sekitar 90 menit.

Namun, sayangnya, di beberapa negara dengan Apple Store resmi, charger tidak lagi disertakan dalam paket pembelian iPhone XR. Ini merupakan kebijakan Apple yang diambil untuk mengurangi dampak lingkungan.

Apakah iPhone XR Sudah Mendukung Wireless Charging?

Benar, Apple iPhone XR sudah mendukung pengisian daya nirkabel. Anda hanya perlu menempelkan ponsel pada pengisi daya nirkabel Qi di bagian belakangnya, dan baterainya akan terisi secara otomatis.

Apakah iPhone Punya Fitur Sidik Jari?

Tidak, iPhone XR tidak dilengkapi dengan fitur sidik jari. Ponsel ini hanya menggunakan Face ID atau pengenalan wajah sebagai metode keamanan.

Apakah iPhone XR Bisa Dual SIM?

Ponsel pintar iPhone XR mendukung penggunaan dual SIM dengan kartu Nano SIM dan eSIM. Pastikan Anda menggunakan jenis kartu SIM yang sesuai untuk dapat menikmati fitur ini.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.