Harga Apple iPhone XS Terbaru 2024 dan Spesifikasi

iPhone XS

Fitur Unggulan


  • Desain premium dengan bahan kaca dan stainless steel
  • Layar Super Retina OLED
  • Perekaman video kamera utama 4K pada 60 fps
  • Kamera telephoto 12 MP dengan perbesaran optik 2x
  • SoC bertenaga Apple A12 Bionic, mendukung fitur augmented reality

Selengkapnya : Kelebihan dan Kekurangan iPhone XS

Spesifikasi iPhone XS

Umum
RilisOktober 2018
JaringanGSM, CDMA, HSPA, EVDO, LTE
SIM CardNano-SIM, eSIM

Body
Berat177 gram
Dimensi143.6 x 70.9 x 7.7 mm
MaterialDepan kaca Gorilla Glass, Belakang kaca Gorilla Glass, Frame stainless steel
WarnaSpace Gray, Silver, Gold

Layar
TipeSuper Retina OLED, HDR10, Dolby Vision
Ukuran5.8 inci, ~82.9% rasio layar ke body
Resolusi1125 x 2436 pixel, rasio 19.5:9, ~458 ppi

Platform
OSiOS 12, upgrade ke iOS 15.1
ChipsetApple A12 Bionic (7 nm)
CPUHexa-core (2x2.5 GHz Vortex + 4x1.6 GHz Tempest)
GPUApple GPU (4-core graphics)

Memori
Internal4/64 GB, 4/256 GB, 4/512 GB
JenisNVMe
EksternalTidak ada

Kamera Belakang
Resolusi 12 MP, f/1.8, 26mm (wide), 1/2.55", 1.4µm, dual pixel PDAF, OIS 12 MP, f/2.4, 52mm (telephoto), 1/3.4", 1.0µm, PDAF, OIS, 2x optical zoom
FiturQuad-LED dual-tone flash, HDR (photo/panorama)
Video4K @24/30/60fps, 1080p @30/60/120/240fps, HDR, stereo sound rec.

Kamera Depan
Resolusi7 MP, f/2.2, 32mm (standard) SL 3D, (depth/biometrics sensor)
FiturHDR
Video1080p @30/60fps, gyro-EIS

Audio
SpeakerAda
Jack 3.5mmTidak ada

Konektivitas
WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, hotspot
Bluetooth5.0, A2DP, LE
GPSA-GPS, GLONASS, GALILEO, QZSS
RadioTidak ada
NFCAda
USBLightning, USB 2.0

Fitur
SensorFace ID, accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer
LainnyaSiri natural language commands and dictation

Baterai
TipeLi-Ion, non-removable
Kapasitas2658 mAh
FiturFast charging 15W, USB Power Delivery 2.0, Qi wireless charging

Benchmark
Antutu (v8)446.994

Harga iPhone XS

Harga
4/64 GB - Rp 5.480.000 4/256 GB - Rp 6.550.000 4/512 GB - Rp 17.000.000

Catatan: Informasi yang tercantum di atas mungkin tidak sepenuhnya akurat. Silakan hubungi kami jika anda menemukan kesalahan pada informasi di atas.

Selengkapnya Tentang Apple iPhone XS

Apple iPhone XS keluaran tahun berapa?

iPhone XS resmi diperkenalkan pada bulan September 2018 di Steve Job Theater, Cupertino, Amerika Serikat. Seri ini dirilis setahun setelah iPhone X, dengan berbagai peningkatan terutama pada bagian prosesor dan kamera.

Bagaimana desain iPhone XS?

Saat dilihat sekilas, iPhone XS memiliki desain yang mirip dengan iPhone X. Perbedaan yang mencolok dapat dirasakan terutama pada dimensi dan bobot yang lebih besar dan berat. Seri iPhone ini memiliki dimensi 143.6 x 70.9 x 7.7 mm dengan bobot 177 gram.

Dalam hal kualitas konstruksi, smartphone Apple ini tidak perlu diragukan. Dengan harga yang cukup tinggi pada saat perilisannya, iPhone XS dibuat menggunakan material yang tangguh. Kaca yang dilengkapi dengan Gorilla Glass digunakan untuk bagian depan dan belakang, sementara frame-nya terbuat dari material stainless steel.

Penggunaan stainless steel adalah peningkatan dari seri sebelumnya, seperti XR yang menggunakan frame berbahan aluminium berlapis kaca. Oleh karena itu, iPhone XS memiliki ketahanan yang lebih baik dibandingkan dengan seri sebelumnya.

Di bagian belakang, dua lensa kamera ditempatkan sejajar di pojok kiri ponsel, dengan logo ikonik Apple terletak di bagian tengah.

Smartphone ini dilengkapi dengan speaker stereo yang terletak di bagian depan atas dan bawah ponsel. Bagian atas bukan hanya berfungsi sebagai speaker, tetapi juga sebagai mikrofon untuk menangkap suara.

Untuk penempatan port, pengguna dapat menemukan port lightning di bagian bawah untuk pengisian daya ponsel, serta slot SIM dan tombol volume yang berada di sisi kiri ponsel. Sisi kanannya dilengkapi dengan tombol Power.

Apa saja pilihan warna iPhone XS?

iPhone XS tersedia dalam tiga opsi warna klasik. Pilihan warnanya meliputi Space Gray, Silver, dan Gold.

iPhone XS pakai layar apa?

Smartphone ini menggunakan layar Super Retina OLED berukuran 5,8 inci dengan resolusi 1125 x 2436 piksel. Dengan spesifikasi tersebut, layar ini mampu menampilkan gambar yang tajam dengan kontras yang baik.

Selain memiliki ukuran yang luas dan tampilan yang memuaskan, layarnya dilengkapi dengan berbagai fitur menarik. Beberapa di antaranya termasuk 3D Touch, yang membuat layar smartphone lebih responsif terhadap sentuhan, dan teknologi True Tone yang memungkinkan layar dan gambar beradaptasi dengan cahaya di sekitarnya.

Meskipun memiliki beberapa kesamaan dalam spesifikasi layar dengan seri X, iPhone XS diklaim memberikan kualitas yang lebih baik berkat kehadiran 120Hz touch sensing. Berbeda dengan refresh rate, touch sensing memungkinkan layar ponsel untuk merespons dengan kecepatan dua kali lipat dibandingkan dengan seri X yang tidak memiliki fitur tersebut.

Berapa resolusi kamera iPhone XS?

iPhone XS menggunakan Dual Camera dengan konfigurasi lensa wide 12 MP (f/1.8) dan lensa telefoto 12 MP (f/2.4). Kamera depannya memiliki lensa 7 MP (f/2.2) dengan tambahan lensa SL 3D. Namun, sangat disayangkan, ponsel ini belum dilengkapi dengan lensa ultrawide.

Apakah kualitas kamera iPhone XS bagus?

Hasil foto dari iPhone seri XS terbilang mengesankan di kelasnya. Kedua lensa 12 MP di bagian belakangnya bekerja dengan baik untuk menghasilkan foto yang tajam, detail, dan memiliki kontras yang baik.

Terdapat pula dukungan Smart HDR, Portrait Mode, Depth Control, Flash True Tone, dan berbagai fitur lainnya. Salah satu fitur yang paling dinantikan saat perilisannya adalah Smart HDR. Mode ini memungkinkan ponsel untuk mengambil gambar dengan beberapa frame dalam eksposur yang berbeda, menghasilkan tampilan dengan rentang dinamis, kontras, dan detail objek yang lebih baik.

Selain itu, hasil foto potret pada ponsel ini memiliki efek bokeh yang lebih baik. Kualitas blur latar belakang dan fokus pada objek terlihat sangat baik, dengan hasil yang tajam dan minim noise.

Kualitas kamera selfie-nya juga mengesankan. Untuk menghasilkan gambar yang lebih baik, pengguna dapat mengaktifkan mode Smart HDR. Dengan mode tersebut, kamera secara otomatis dapat memberikan efek blur pada latar belakang dan menyorot objek di depannya.

Ponsel ini juga dilengkapi dengan mode Retina Flash di kamera depan, yang membantu menerangi wajah saat mengambil foto selfie dalam kondisi minim cahaya.

Tidak hanya untuk fotografi, iPhone XS juga mampu menghasilkan video dengan kualitas yang baik. Kamera depan 7 MP mampu merekam video hingga resolusi 1080p @30fps, sedangkan kamera belakangnya mampu merekam video 4K@30fps.

Kualitas video yang dihasilkan juga meningkat dibandingkan dengan seri sebelumnya. Ini disebabkan oleh penggunaan HDR yang memperbaiki kontras video dan adanya mode stabilisasi. Rekaman video dari ponsel ini tetap terlihat stabil meskipun diambil dengan tangan tanpa menggunakan tripod atau gimbal tambahan.

Berapa RAM iPhone XS?

Spesifikasi iPhone XS mencakup RAM sebesar 4 GB yang dipadukan dengan opsi memori internal 64 GB, 256 GB, dan 512 GB. Bagi yang memerlukan penyimpanan lebih besar, dapat menambahkapasitasnya melalui langganan iCloud.

RAM sebesar 4 GB sudah cukup untuk menangani berbagai aktivitas, mulai dari multitasking, pengeditan video ringan hingga bermain game.

Apple iPhone XS pakai iOS versi berapa?

Pada saat peluncurannya, iPhone XS berjalan dengan sistem operasi iOS 12. Kinerjanya diumumkan 70% lebih cepat dibandingkan versi sebelumnya dan membawa sejumlah pembaruan menarik. Sistem operasi ini dirancang dengan algoritma yang dapat memproses perintah pengguna dengan lebih cepat.

iOS 12 dilengkapi dengan fitur-fitur lengkap, termasuk Animoji yang sempat populer di kalangan pengguna iPhone X. Animoji adalah karakter emoji Augmented Reality (AR) yang dapat meniru ekspresi wajah hingga warna rambut dengan realisme. Fitur Animoji ini mampu merekam ekspresi wajah dan suara secara real-time.

Selain itu, pada iOS 12, pengguna dapat mengaktifkan pembaruan sistem operasi secara otomatis melalui menu Pengaturan. Seri ini juga mendukung pembaruan hingga iOS 17.1, memungkinkan pengguna menikmati berbagai fitur interaktif baru seperti variasi kustomisasi widget dan antarmuka, peningkatan keamanan, dan mode terbaru dari Siri.

Bagaimana performa iPhone XS?

Dibandingkan dengan pendahulunya, iPhone XS menawarkan performa yang lebih cepat berkat penggunaan chipset Apple A12 Bionic. Chipset ini memiliki CPU Hexa-core (2x2.5 GHz Vortex + 4x1.6 GHz Tempest) dan kartu grafis Apple GPU (4-Core Graphics) yang lebih canggih.

Menurut skor tes Geekbench, performa iPhone XS melampaui ponsel flagship lainnya, termasuk iPhone X dan Samsung Galaxy S9+. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika ponsel ini dapat mendukung berbagai kegiatan harian, mulai dari multitasking, browsing, chatting, hingga streaming video.

Sejalan dengan harganya yang tinggi pada saat peluncurannya, iPhone XS juga mencapai skor AnTuTu yang tinggi jika dibandingkan dengan ponsel sekelasnya. Menurut laporan GSMArena, seri XS meraih skor AnTuTu sebesar 346,379. Sementara itu, ponsel pesaing seperti OPPO Find X hanya mendapatkan skor 291,218 dan Samsung Galaxy S9+ (Snapdragon) dengan skor 264,044.

Apakah iPhone XS cocok untuk gaming?

Ya, smartphone ini masih sangat cocok untuk memainkan berbagai game favorit. Hal ini didukung oleh penggunaan chipset Apple A12 Bionic yang memberikan pengalaman gaming yang sangat responsif.

Kombinasi kinerja dapur pacu, chipset, dan kualitas layar yang luar biasa memungkinkan pengguna untuk menikmati game favorit seperti PUBG Mobile atau Mobile Legends dengan pengaturan grafis Ultra Frame Rate tinggi di iPhone seri XS ini. Meskipun begitu, perlu dicatat bahwa karena layar smartphone ini memiliki notch, beberapa permainan mungkin memiliki tampilan yang terpotong, seperti yang terjadi pada permainan Mortal Kombat X.

Berapa kapasitas baterai iPhone XS?

iPhone seri XS dilengkapi dengan baterai berkapasitas 2658 mAh. Dengan kapasitas tersebut, ponsel ini dapat bertahan selama 20 jam jika digunakan untuk panggilan telepon terus-menerus. Sementara itu, jika digunakan untuk memutar video tanpa henti, ponsel ini dapat bertahan hingga 14 jam.

Meskipun memiliki kapasitas baterai yang lebih kecil dibandingkan dengan seri X sebelumnya, iPhone XS dapat bertahan 30 menit lebih lama karena peningkatan efisiensi dan penggunaan chipset pada dapur pacunya.

Apakah Apple iPhone XS sudah fast charging?

iPhone XS sudah mendukung teknologi pengisian daya cepat 15W. Meskipun tidak termasuk yang paling cepat di pasaran, teknologi ini memberikan pengisian daya yang cukup cepat.

Dengan teknologi pengisian daya cepat 15W yang dimilikinya, waktu yang diperlukan untuk mengisi daya ponsel dari nol hingga penuh adalah sekitar 1 setengah jam. Namun, perlu diingat bahwa untuk menggunakan fitur pengisian daya cepat ini, pengguna perlu membeli adaptor 15W secara terpisah.

Apakah iPhone XS mendukung wireless charging?

Iya, iPhone XS mendukung teknologi pengisian daya nirkabel standar Qi sebesar 10W.

Apakah iPhone XS tahan air?

iPhone XS sudah memiliki sertifikasi IP68, menandakan bahwa ponsel ini tahan terhadap debu dan air semprot.

Ponsel ini bahkan dapat bertahan di kedalaman air 2 meter selama 30 menit. Meskipun demikian, penting untuk diingat bahwa ini tidak berarti Anda dapat membawa ponsel ini untuk berenang.

Apakah Apple iPhone XS ada sensor sidik jari?

Tidak. iPhone seri XS tidak dilengkapi dengan sensor sidik jari. Sebagai gantinya, ponsel ini hanya memiliki sensor Face ID.

Fitur Face ID pada ponsel ini juga telah ditingkatkan dengan pembacaan wajah yang lebih akurat dan cepat. Bahkan, fitur ini sekarang dapat membaca wajah pengguna yang menggunakan aksesori seperti kacamata.

Apakah iPhone XS sudah 5G?

Tidak. Sayangnya, iPhone seri XS tidak mendukung konektivitas jaringan 5G.

Apakah iPhone XS bisa dual SIM?

Iya. iPhone seri XS mendukung penggunaan dual SIM, baik dengan tipe Nano-SIM maupun eSIM. eSIM merupakan teknologi kartu SIM yang tidak memerlukan bentuk fisik dan diaktifkan langsung di dalam ponsel.

Dengan fitur ini, pengguna dapat mengaktifkan layanan selular dari operator tanpa perlu menggunakan kartu SIM fisik. Untuk menggunakannya, pengguna hanya perlu memindai kode QR yang disediakan oleh penyedia layanan seluler.

Apakah iPhone XS punya fitur NFC?

Ya. iPhone seri XS dilengkapi dengan fitur NFC. Dengan dukungan fitur ini, Anda dapat menggesekkan ponsel pada kartu elektronik atau mesin pembayaran, dan transaksi akan segera terproses.

Apakah Apple iPhone XS masih layar beli?

Saat menemukan produk yang masih dalam kondisi prima, iPhone XS bekas sebenarnya masih layak dipertimbangkan untuk dibeli. Membeli produk bekas dapat menjadi solusi yang baik, terutama jika anggaran Anda terbatas.

Sebagai informasi tambahan, produksi seri XS dihentikan oleh Apple pada September 2019 karena kehadiran seri iPhone yang lebih baru. Oleh karena itu, membeli iPhone XS bekas dapat menjadi alternatif jika Anda mengalami kesulitan menemukan produk baru.

iPhone XS bekas bisa menjadi pilihan yang baik, terutama jika Anda mencari ponsel dengan layar berkualitas tinggi, kamera yang baik, dan performa yang memadai untuk penggunaan sehari-hari. Namun, perlu diingat bahwa dukungan sistem operasi untuk ponsel ini terbatas karena telah dirilis sejak tahun 2018.

Apple biasanya memberikan dukungan pembaruan sistem operasi selama 5 tahun setelah perilisan ponsel. Jadi, jika Anda membeli iPhone XS bekas setelah 5 tahun perilisannya, mungkin beberapa fitur terbaru tidak akan tersedia di ponsel ini. Meskipun demikian, jika hal ini tidak menjadi masalah bagi Anda, membeli iPhone XS bekas tetap merupakan pilihan yang dapat dipertimbangkan.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.