Menarik, Ini Dia 8 Kelebihan dan Kekurangan iPhone XS

Kemunculan iPhone X pada tahun 2017 mengejutkan pecinta produk Apple dengan desainnya yang sangat elegan, layar yang lebih luas, dan fitur menarik seperti Face ID yang menggantikan Touch ID. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membuka kunci smartphone tanpa menggunakan sensor sidik jari.

Apple iPhone XS

Spesifikasi Apple iPhone XS
  • Rilis September 2018
  • Layar 5.8' Super Retina OLED
  • Chipset Apple A12 Bionic (7 nm)
  • GPU Apple GPU (4-core graphics)
  • Internal 4/64GB, 4/256GB, 4/512GB
  • Eksternal Tidak tersedia slot microSD
  • Kamera Belakang 12 MP (wide), 12 MP (ultrawide)
  • Kamera Depan 7 MP (standar), SL 3D (depth/biometrics sensor)
  • Baterai Li-Ion 2658 mAh, Fast charging 15W

Selengkapnya :

Tidak berhenti di situ, Apple melanjutkan kesuksesan iPhone X dengan meluncurkan seri terbaru, iPhone XS dan XS Max.

Apakah Anda tertarik untuk membeli salah satu dari seri ini? Mari kita lihat lebih dekat salah satu suksesor iPhone X, yaitu iPhone XS. Berikut adalah 10 kelebihan dan kekurangan dari iPhone XS yang perlu Anda ketahui.

Kelebihan iPhone XS

Kelebihan iPhone XS

Untuk Anda yang tertarik dengan iPhone XS, berikut ini beberapa penjelasan mengenai kelebihan iPhone XS yang dapat menjadi pertimbangan utama.

1. Performa yang Super Cepat

Kelebihan iPhone XS terletak pada performanya yang sangat cepat, berkat chipset Apple 12 Bionic dengan fabrikasi 7 nm dan penggunaan Apple GPU 4-Core Graphics. Chipset ini memberikan performa yang mumpuni untuk aktivitas gaming tanpa lag. Dengan RAM 4GB, aktivitas multitasking pun menjadi lebih lancar.

Selain itu, iPhone XS juga memiliki performa yang responsif dan halus. Prosesor yang mendukung teknologi AI memungkinkan sistem machine-learning untuk belajar dengan cepat. Kapasitas memori internalnya juga mencapai 512GB.

2. Sistem Operasi yang Menghadirkan Sejumlah Fitur

iPhone XS menggunakan sistem operasi iOS 12 yang mendukung performa smartphone ini. Terdapat sejumlah fitur unik yang membuat penggunaan iPhone XS menjadi lebih menyenangkan. Salah satunya adalah Animoji, fitur yang pernah populer di iPhone X.

Animoji adalah karakter emoji Augmented Reality (AR) yang dapat meniru mimik wajah dan warna rambut pengguna. Fitur ini mampu merekam ekspresi wajah dan suara secara real-time.

3. Fitur Smart HDR pada Kameranya

Pada dasarnya, kamera pada iPhone XS mengalami peningkatan melalui fitur Smart HDR. iPhone XS dilengkapi dengan dua lensa 12MP dan kamera depan 7MP. Dengan fitur Smart HDR, kualitas gambar yang dihasilkan menjadi lebih baik dengan sedikit noise dan lebih detail.

Fitur Smart HDR memungkinkan penggunaan pencahayaan yang berbeda untuk menumpuk gambar, sehingga menghasilkan dynamic range dan kontras yang baik. Kualitas warna dan ketajaman gambar juga lebih baik. Tidak heran, kamera merupakan salah satu kelebihan dari iPhone XS.

4. Water Resistance yang Tahan Lama

Kelebihan lain dari iPhone XS adalah ketahanannya terhadap air dan debu berkat sertifikasi IP68. iPhone XS dapat bertahan selama 20 menit di kedalaman air hingga 2 meter.

Bagi pengguna yang sering beraktivitas di luar ruangan atau memiliki gaya hidup yang aktif, iPhone XS bisa menjadi pilihan yang baik. Dengan body yang terbuat dari kaca yang kuat dan frame stainless steel, iPhone XS memberikan perlindungan yang baik terhadap benturan dan kerusakan.

5. Teknologi Face ID yang Lebih Cepat

Kelebihan terakhir dari iPhone XS adalah fitur keamanan layar. iPhone XS menggunakan teknologi Face ID untuk membuka kunci layar menggunakan sensor wajah. Kamera depan yang dilengkapi sensor inframerah digunakan untuk mendeteksi wajah pengguna. Kecepatan sensor Face ID ini lebih baik dibandingkan dengan seri sebelumnya.

Proses membuka layar smartphone hanya membutuhkan waktu sebentar. Fitur ini meningkatkan keamanan karena layar hanya dapat terbuka saat iPhone XS mendeteksi wajah pemiliknya.

Kekurangan iPhone XS

Kekurangan iPhone XS

Berikut kekurangan iphone XS yang perlu diperhatikan.

1. Desain Kurang Inovatif

Meskipun memiliki banyak kelebihan, iPhone XS memiliki kelemahan dalam segi desain yang kurang inovatif. Desainnya sama dengan pendahulunya, iPhone X.

Perbedaannya terletak pada berat ponsel yang bertambah dari 174 g menjadi 177 g, membuat iPhone XS terasa lebih berat dan besar, mungkin kurang nyaman saat digenggam, terutama bagi pengguna dengan tangan kecil.

2. Tidak Ada Perubahan Pada Sektor Layar

Sangat disayangkan, iPhone XS memiliki tipe, resolusi, dan ukuran layar yang sama dengan pendahulunya, iPhone X. Keduanya menggunakan layar Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors dengan ukuran 5,8 inci, 84,4 cm2 (82,9% screen-to-body ratio), dan resolusi 1125 x 2436 piksel, 19,5:9 ratio (458 ppi density).

Hal ini tentu mengecewakan, karena iPhone XS kehilangan eksklusivitasnya karena memiliki ukuran dan kualitas layar yang sama dengan iPhone X.

3. Harganya Tak Cukup Ramah di Kantong

Harga dari salah satu smartphone canggih ini mencapai 999 dolar AS atau sekitar Rp 14,3 juta pada bulan September 2018. Bagi sebagian orang, harga ini dianggap tidak terlalu terjangkau. Hal ini disebabkan oleh spesifikasi dan tampilan yang masih mirip dengan seri sebelumnya.

Selain itu, iPhone XS yang tidak dilengkapi fitur fast charging dianggap kurang sebanding dengan harganya yang tinggi. Namun, Anda masih bisa menggunakan fitur fast charging dengan membeli charger 30 watt dan kabel USB-C to-Lightning secara terpisah, meskipun hal ini akan menambah biaya.

Jika Anda memiliki dana lebih, membeli iPhone XS tetap menjadi pilihan yang baik karena banyak kelebihan yang ditawarkan. Namun, hal ini tentu tergantung pada seberapa besar Anda memperhatikan harga.

Jika Anda merasa iPhone XS terlalu mahal tetapi ingin memiliki ponsel iPhone terbaru dengan chipset yang sama, Anda dapat mempertimbangkan iPhone XR. Apple iPhone XR ditawarkan dengan harga yang lebih terjangkau daripada iPhone XS. Jika Anda tertarik dengan iPhone XR, sebaiknya Anda membaca artikel mengenai kelebihan dan kekurangan iPhone XR terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membelinya.

About the Author

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.