Harga Apple iPhone X Terbaru 2024 dan Spesifikasi

iPhone X

Fitur Unggulan


  • Apple A11 Bionic untuk kinerja yang oke
  • Kamera ganda 12 MP untuk fotografi yang andal
  • Pengisian daya Nirkabel
  • Kamera TrueDepth untuk fokus yang luar biasa
  • Desain dan tampilan yang memukau

Selengkapnya : Kelebihan dan Kekurangan iPhone X

Spesifikasi iPhone X

Umum
RilisNovember 2017
JaringanGSM, HSPA, LTE
SIM CardNano-SIM

Body
Berat174 gram
Dimensi143.6 x 70.9 x 7.7 mm
MaterialDepan Kaca Gorilla Glass, Belakang kaca Gorilla Glass, Frame stainless steel
WarnaSpace Gray, Silver

Layar
TipeSuper Retina OLED, HDR10, Dolby Vision
Ukuran5.8 inci, ~82.9% rasio layar ke body
Resolusi1125 x 2436 pixel, rasio 19.5:9, ~458 ppi

Platform
OSiOS 11.1.1, upgrade ke iOS 15.1
ChipsetApple A11 Bionic (10 nm)
CPUHexa-core 2.39 GHz (2x Monsoon + 4x Mistral)
GPUApple GPU (three-core graphics)

Memori
Internal3/64 GB, 3/256 GB
JenisNVMe
EksternalTidak ada

Kamera Belakang
Resolusi 12 MP, f/1.8, 28mm (wide), 1/3", 1.22µm, dual pixel PDAF, OIS 12 MP, f/2.4, 52mm (telephoto), 1/3.4", 1.0µm, PDAF, OIS, 2x optical zoom
FiturQuad-LED dual-tone flash, HDR (photo/panorama), panorama, HDR
Video4K @24/30/60fps, 1080p @30/60/120/240fps

1080p @30fps
Kamera Depan
Resolusi7 MP, f/2.2, 32mm (standard) SL 3D, (depth/biometrics sensor)
FiturHDR
Video

Audio
SpeakerAda
Jack 3.5mmTidak ada

Konektivitas
WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, hotspot
Bluetooth5.0, A2DP, LE
GPSA-GPS, GLONASS, GALILEO, QZSS
RadioTidak ada
NFCAda
USBLightning, USB 2.0

Fitur
SensorFace ID, accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer
LainnyaFace ID, accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer

Baterai
TipeLi-Ion, non-removable
Kapasitas2716 mAh
FiturFast charging 15W, USB Power Delivery 2.0, Qi wireless charging

Benchmark
Antutu (v8)312.493

Harga iPhone X

Harga
3/64 GB - Rp 7.400.000 3/256 GB - Rp 11.700.000

Catatan: Informasi yang tercantum di atas mungkin tidak sepenuhnya akurat. Silakan hubungi kami jika anda menemukan kesalahan pada informasi di atas.

Selengkapnya Tentang Apple iPhone X

Apple iPhone X keluaran tahun berapa?

iPhone X pertama kali diluncurkan pada bulan November 2017 dan secara resmi tersedia di pasar Indonesia pada akhir Desember 2017.

Apakah iPhone X dan iPhone 10 sama?

Iya, sebenarnya iPhone X dan iPhone 10 adalah seri ponsel yang sama, perbedaannya hanya terletak pada cara penulisan. Apple merilis ponsel ini dengan nama resmi iPhone X. Akan tetapi, beberapa orang terkadang menggunakan penulisan iPhone 10 untuk merujuk pada seri ponsel ini.

Seperti apa desain iPhone X?

Desain iPhone X memancarkan keanggunan. Kedua sisi ponsel ini dilengkapi dengan desain pinggiran melengkung 2.5D Curved Arc yang membuat tampilan layarnya lebih mendalam.

Bagian depan menampilkan sedikit poni yang menjadi tempat bagi kamera depan dan sensor Face ID. Di sisi belakang, terdapat dual kamera yang disusun secara vertikal, dilengkapi dengan LED flash yang ditempatkan di bagian tengah. Seperti halnya dengan produk Apple lainnya, logo Apple berwarna metalik juga terlihat di bagian tengah bodi belakang.

Berpindah ke area samping, terdapat beberapa tombol. Tombol Power terletak di bagian kanan, dengan ukuran yang lebih panjang dibandingkan dengan seri iPhone sebelumnya. Sementara itu, di sebelah kiri terdapat tombol volume dan switch mute.

Dari segi dimensi, smartphone ini memiliki ukuran 143.6 x 70.9 x 7.7 mm dan berat 174 gram. Ukuran ini memberikan kenyamanan baik saat digenggam maupun dimasukkan ke dalam kantong.

Tidak perlu khawatir mengenai goresan pada bodi dan layar karena iPhone X dilindungi dengan lapisan Gorilla Glass. Material stainless steel yang kokoh juga melapisi bodinya. Kualitas pembuatan yang tangguh ini sebanding dengan harga iPhone X yang cukup tinggi saat pertama kali dirilis.

Apa saja pilihan warna iPhone X?

Apple iPhone X dapat dipilih dalam dua opsi warna, yakni Space Gray dan Silver.

Apakah iPhone X tahan air dan debu?

iPhone X sudah memenuhi standar sertifikasi IP67. Sertifikasi IP rating menandakan bahwa perangkat ini dapat bertahan di dalam air hingga kedalaman satu meter selama 30 menit. Tak hanya itu, perangkat ini juga tahan terhadap debu, meningkatkan tingkat keamanannya.

IP rating sendiri adalah penilaian yang mengindikasikan sejauh mana perangkat dilindungi dari cairan atau benda padat, bukan hanya air dan debu. Meskipun begitu, hal ini tidak berarti perangkat akan tahan terhadap semua jenis cairan.

 Penting untuk menjauhkan perangkat dari air laut atau air yang mengandung klorin, karena hal ini dapat melemahkan segel karet pelindung dengan lebih cepat dan dapat menimbulkan masalah lainnya.

Bagaimana tampilan layar iPhone X?

Tampilan layar iPhone X memberikan pengalaman yang sangat luas dengan ukuran 5,8 inci dan aspek rasio 19,5:9. Dibandingkan dengan seri sebelumnya, bezel smartphone ini menjadi lebih tipis, dengan rasio layar ke bodi mencapai sekitar 82,9%. Kesannya semakin luas karena Apple menghilangkan tombol Home di bagian depan ponsel ini.

iPhone X menggunakan layar Super Retina OLED (Organic Light-Emitting Diode). Teknologi ini tidak hanya meningkatkan ketajaman tampilan layar, tetapi juga menjaga efisiensi penggunaan daya. Resolusi layar Super Retina pada smartphone ini mencapai 1125 x 2436 piksel.

Layar Super Retina OLED dalam seri ini juga dilengkapi dengan fitur True Tone, memberikan tampilan warna yang lebih alami dan nyata. Dengan dukungan Dolby Vision, pengalaman menonton juga menjadi lebih memikat.

Selain itu, layar ini memiliki fitur 3D Touch, menambahkan dimensi interaktif yang intuitif pada bagian tampilan.

Berapa RAM iPhone X?

Apple iPhone X dilengkapi dengan RAM sebesar 3GB. Meskipun kapasitas RAM ini tidak terlalu besar, namun cukup memadai untuk pemakaian ponsel yang ringan.

Sementara itu, opsi memori internalnya tersedia dalam dua varian kapasitas, yaitu 64GB dan 256GB. Pengguna dapat memilih sesuai dengan kebutuhan mereka. Jika 64GB dianggap kurang, opsi 256GB memberikan ruang penyimpanan yang lebih besar.

Seperti halnya dengan seri iPhone lainnya, ponsel ini tidak mendukung penggunaan kartu memori eksternal. Untuk memenuhi kebutuhan penyimpanan yang lebih besar daripada kapasitas internal 256GB, pengguna dapat mempertimbangkan langganan layanan iCloud sebagai alternatif.

Apple iPhone X pakai chipset apa?

iPhone X telah dilengkapi dengan chip Apple A11 Bionic, yang menawarkan performa yang lebih unggul dibandingkan dengan chip generasi sebelumnya. Chipset A11 Bionic ini dirancang khusus untuk mengoptimalkan kinerja Augmented Reality (AR) dan dapat meningkatkan performa hingga 25%.

Selain itu, iPhone X dilengkapi dengan prosesor Hexa-core 2.39 GHz (2x Monsoon + 4x Mistral) dan Apple GPU (three-core graphics). Kombinasi dari chip Apple A11 Bionic ini membuat ponsel ini cocok untuk melakukan multitasking dan bermain game kasual.

iPhone X menawarkan pengalaman visual yang memukau dalam bermain game. Pengguna dapat menikmati game seperti PUBG Mobile, Call of Duty, dan Mobile Legends dengan tampilan yang lancar. Walaupun terkadang terjadi lag saat ada banyak musuh muncul di layar, namun ponsel ini cepat dalam menstabilkan tampilannya.

Dalam uji skor AnTuTu, ponsel ini bahkan mendapatkan skor lebih tinggi daripada flagship Samsung Galaxy Note8 (dengan chipset Snapdragon 835) yang mencapai skor 185147. Namun, iPhone X masih kalah dari seri pendahulunya, yakni Apple iPhone 8 yang mencapai skor 202645. Hal ini karena iPhone 8 memiliki resolusi layar yang lebih rendah dibandingkan dengan iPhone X.

Apple iPhone X pakai iOS versi berapa?

Untuk sistem operasinya, iPhone X menggunakan iOS 11. iOS 11 menyajikan beberapa fitur unggulan, termasuk fitur multitasking yang memungkinkan pengguna membuka dua aplikasi sekaligus dalam satu layar. Sistem operasional ini juga menyertakan fitur Screen Recording yang dapat digunakan untuk merekam permainan game.

Apple memberikan dukungan untuk pembaruan sistem operasi pada seri ini. Namun, penting untuk dicatat bahwa spesifikasinya hanya mendukung pembaruan hingga iOS 16. iPhone X termasuk dalam kategori ponsel yang tidak akan mendapatkan pembaruan ke iOS 17, yang dirilis pada bulan September 2023.

Apakah kualitas kamera iPhone X bagus?

Kualitas kamera iPhone X dapat dianggap baik. Kamera utama 12 MP pada ponsel ini mampu menghasilkan gambar dengan detail yang baik dan rentang dinamis yang seimbang.

Pengambilan foto dalam kondisi low-light juga menunjukkan peningkatan kualitas dibandingkan dengan generasi sebelumnya, dengan tingkat noise yang lebih rendah dan reproduksi warna yang lebih luas. Terdapat pula flash True Tone quad LED yang memberikan pencahayaan yang lebih terang dan konsisten.

Apple melengkapi kamera 12 MP pada ponsel ini dengan berbagai mode foto, seperti HDR, Portrait, dan dual optical image stabilization (OIS). Mode HDR dapat menghasilkan foto dengan tingkat noise yang minim. Sementara itu, mode Portrait memungkinkan pengguna mengambil foto dengan efek bokeh yang terlihat alami.

Mode Portrait juga menyediakan beberapa opsi efek, seperti Natural Light, Studio Light, Contour Light, Stage Light, dan Stage Light Mono. Dual OIS berfungsi untuk meningkatkan kecepatan shutter dalam kondisi cahaya rendah, menghasilkan foto yang minim noise.

Di bagian depan, terdapat kamera 7 MP dengan resolusi yang mungkin terlihat standar, terutama untuk ponsel dengan harga sekelas iPhone X pada saat peluncurannya. Meskipun demikian, hasil tangkapan gambar dari kamera selfie ini cukup baik, meski tidak mencapai tingkat terbaik.

Kamera depan 7 MP ini juga dilengkapi dengan teknologi TrueDepth, memungkinkannya untuk mengambil foto bokeh yang hampir sebaik kamera utama.

Ponsel ini tidak hanya unggul dalam pengambilan foto, tetapi juga dalam perekaman video. Kamera utama 12 MP mendukung perekaman video hingga resolusi 4K@60fps dan slow motion pada resolusi 1080p@240fps.

Fitur dual Optical Image Stabilization (OIS) membuat hasil rekaman video menjadi stabil, mengurangi guncangan. Pada saat peluncuran, hanya sedikit ponsel lain yang menggunakan teknologi dual OIS, salah satunya adalah Samsung Galaxy Note 8.

Berapa kapasitas baterai iPhone X?

Kapasitas baterai iPhone X mencapai 2716 mAh. Meskipun angkanya tidak mencolok jika dibandingkan dengan smartphone lain yang dirilis setelahnya, daya tahan baterai Li-ion 2716 mAh pada ponsel ini dianggap cukup efisien.

Apple mengklaim bahwa baterai HP ini dapat bertahan hingga 21 jam untuk kebutuhan percakapan telepon dan 60 jam untuk mendengarkan musik. Dalam pengujian pemutaran video dengan kecerahan layar setengah, baterai smartphone ini mampu bertahan sekitar 11 jam.

Sebagai tambahan, iPhone X mendukung teknologi pengisian daya cepat 15W. Dengan teknologi ini, pengguna dapat mengisi daya ponsel dari kosong hingga penuh dalam waktu 1 jam.

Apakah iPhone X sudah wireless charging?

Ya, iPhone X dilengkapi dengan dukungan pengisian daya nirkabel Qi, memungkinkan pengguna untuk mengisi baterai tanpa kabel atau secara wireless.

Apa itu fitur Face ID pada iPhone X?

Face ID adalah salah satu fitur keamanan pada iPhone X. Teknologi ini melibatkan True Depth Camera yang berfungsi sebagai pemindai untuk mendeteksi wajah pengguna dan membandingkannya dengan data wajah yang telah tersimpan.

Cara kerja Face ID sangat sederhana; pengguna hanya perlu menatap layar ponsel selama beberapa saat. Fitur Face ID ini juga dapat digunakan untuk berbagai tujuan, mulai dari membuka kunci ponsel tanpa menggunakan sandi, mengakses aplikasi, hingga melakukan otentikasi pembelian.

Seperti apa fitur animoji di iPhone X?

Fitur Animoji pada iPhone X pada dasarnya berfungsi dengan mengubah wajah pengguna menjadi berbagai karakter animasi. Animoji ini memiliki kemampuan untuk meniru ekspresi wajah pengguna dan merekam suara mereka. Animoji dapat diirim melalui pesan singkat atau aplikasi obrolan lainnya, bahkan dapat dikirim ke perangkat Android.

Apakah iPhone X ada fitur NFC?

Iya, ponsel ini telah dilengkapi dengan fitur NFC atau Near Field Communication. Dengan fitur tersebut, kamu dapat melakukan transaksi pembayaran menggunakan Apple Pay (sertifikasi Visa, MasterCard, AMEX) hanya dengan menyentuhkan HP ke perangkat transaksi di toko yang mendukung metode pembayaran tersebut. Sebelum menggunakannya, kamu dapat menambahkan informasi kartu debit, kredit, dan prabayar ke aplikasi dompet di ponsel ini.

Apakah iPhone X bisa dual SIM?

Tidak, ponsel ini hanya mendukung satu kartu Nano-SIM.

Apakah iPhone X sudah mendukung jaringan 5G?

Tidak, ponsel ini hanya mendukung jaringan 4G LTE, dan dukungan untuk jaringan 5G dimulai dari seri iPhone 12 ke atas.

Apakah iPhone X masih layar dibeli?

iPhone X bekas masih merupakan pilihan yang layak, terutama bagi mereka yang mencari iPhone dengan harga yang lebih terjangkau. Meskipun lebih ekonomis, seri ini masih mampu memenuhi kebutuhan penggunaan kasual. Dengan layar OLED yang tajam, pengguna dapat menikmati streaming video, mengambil foto dan video, serta mengunggah konten ke media sosial dengan nyaman.

Namun, beberapa pertimbangan perlu diperhatikan. Kapasitas baterai pada seri ini relatif kecil dibandingkan dengan model iPhone terbaru. Jika membeli dalam kondisi bekas, kemungkinan kesehatan baterai mungkin tidak maksimal. Hal ini dapat membuatnya kurang cocok untuk penggunaan intensif seperti pengeditan video dan bermain game sepanjang hari. Meskipun demikian, masalah ini dapat diatasi dengan mengganti baterai.

Selain itu, perlu diperhatikan juga tentang dukungan pembaruan sistem operasi. Seiring diluncurkannya pada tahun 2017, mungkin ada beberapa aplikasi atau fitur terbaru yang tidak sepenuhnya kompatibel dengan seri ini.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.