Cara Screenshot Xiaomi Redmi 10 Canggih dan Praktis

Cara Screenshot Xiaomi Redmi 10

Cara mengambil screenshot di Xiaomi Redmi 10 bisa dibilang sedikit berbeda dari seri sebelumnya, tetapi dengan panduan berikut, Anda akan dengan mudah memahaminya.

Xiaomi Redmi 10 meluncur di Indonesia pada pertengahan September lalu dan menjadi pelopor dalam segmen ponsel entry-level dengan kamera 50 MP.

Dari segi desain, ponsel Xiaomi ini memiliki layar IPS LCD berukuran 6.5 inci dengan resolusi FHD+ 1080p dan memiliki tingkat penyegaran 90 Hz yang cukup tinggi.

Di bagian belakangnya, terdapat modul kamera persegi panjang yang menampung empat kamera dan satu LED flash. Keempat kamera tersebut memiliki resolusi 50 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP.

Di bagian depan, terdapat kamera selfie dengan resolusi 8 MP yang mampu menghasilkan foto selfie yang mengesankan. Kamera baik di bagian depan maupun di bagian belakang mendukung perekaman video 1080p pada 30fps.

Peningkatan yang paling mencolok pada ponsel ini adalah chipset Helio G88 yang merupakan chipset seri G terbaru dari MediaTek, yang diklaim memiliki performa yang lebih baik daripada Helio G80 yang ada di Redmi 9.

Xiaomi Redmi 10 menjalankan sistem operasi terbaru, MIUI 12.5 berbasis Android 11. Lalu, bagaimana cara mengambil screenshot di Xiaomi Redmi 10? Berikut adalah jawabannya.

Baca juga : Cara Flash HP Xiaomi Terbaru untuk Semua Tipe!

Cara Screenshot di HP Xiaomi Redmi 10

Menggunakan Tombol Fisik

Cara pertama ini mungkin sudah menjadi hal yang umum, yaitu mengambil screenshot dengan menggunakan kombinasi tombol daya dan tombol volume bawah, ini adalah metode standar yang dimiliki oleh hampir semua ponsel Xiaomi.

Pertama, cari tampilan layar yang ingin Anda tangkap, kemudian tekan tombol daya dan tombol volume bawah secara bersamaan.

Untuk memastikan bahwa screenshot telah berhasil diambil, Anda akan melihat layar berkedip dan mendengar bunyi seperti 'cekrek', mirip dengan saat Anda mengambil foto dengan kamera ponsel Anda. 

Melalui Bar Notifikasi

Selain penggunaan tombol fisik, metode ini juga merupakan fitur screenshot yang tersedia di hampir semua ponsel Xiaomi, mulai dari yang termasuk dalam kategori entry level, hingga ponsel kelas menengah dan flagship.

Metode kedua ini sangat andal, dengan tingkat keberhasilan mencapai 100%, jadi hampir tidak mungkin untuk gagal. Namun, terdapat beberapa aplikasi tertentu yang mungkin tidak mendukung pengambilan screenshot, seperti Kredivo dan lain-lain.

Penggunaan metode ini sangat mudah. Anda hanya perlu menentukan area yang ingin Anda tangkap, lalu usap jari Anda dari atas ke bawah di layar Redmi 10.

Tujuannya adalah untuk menampilkan beberapa menu pintasan yang ada di bilah notifikasi, mirip dengan saat Anda ingin mengaktifkan WiFi atau Bluetooth.

Kemudian, untuk mengambil screenshot, Anda hanya perlu menyentuh ikon Screenshot yang berbentuk gunting, seperti yang ditunjukkan dalam gambar di artikel.

Hasil tangkapan layar akan langsung disimpan di aplikasi Galeri Anda.

Baca juga : Harus Tahu! Begini Cara Cek Garansi Xiaomi Resmi atau Distributor

Screenshot dengan 3 Jari

Sekarang mari kita bahas cara yang ketiga, yaitu menggunakan fitur Screenshot 3 Jari. Untuk menggunakannya, cukup tempelkan tiga jari Anda ke layar dan usapkan mereka ke arah bawah. Pastikan Anda sudah mengaktifkan fitur ini sebelum mencobanya.

Untuk mengaktifkan fitur Screenshot 3 Jari di HP Xiaomi Redmi 10, ikuti langkah berikut:

  1. Buka menu Pengaturan.
  2. Pilih Setelan Tambahan.
  3. Ketuk Pintasan Gerakan.
  4. Pilih Ambil Screenshot.
  5. Kemudian aktifkan fitur ini dengan menggeser tombol slider yang berada di sebelah kanan menu Geser ke Bawah dengan 3 Jari.

Setelah Anda berhasil mengaktifkan fitur ini, Anda dapat segera mencobanya.

Menggunakan Sensor Sidik Jari

Cara selanjutnya untuk melakukan screenshot di Xiaomi Redmi 10 adalah dengan mengetuk tombol fingerprint dua kali secara cepat. Tombol fingerprint pada Redmi 10 terletak di sisi kanan, tepat di bawah tombol volume.

Namun, sebelum Anda bisa menggunakan fitur ini, Anda perlu mengaktifkannya terlebih dahulu melalui pengaturan. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka menu Pengaturan di ponsel Anda.
  • Pilih Setelan Tambahan.
  • Masuk ke opsi Pintasan Gerakan.

Di sana, Anda akan menemukan opsi "Ketuk 2x Sensor Sidik Jari," yang pada awalnya diatur untuk menghidupkan senter. Untuk mengubahnya menjadi fungsi tangkapan layar, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Ketuk opsi "Hidupkan Senter".
  • Pilih "Ambil Screenshot".

Setelah Anda mengaktifkan fitur ini, Anda dapat dengan mudah membuat tangkapan layar dengan mengetuk sensor sidik jari di samping kanan ponsel Xiaomi Redmi 10 Anda dua kali secara cepat.

Melalui Menu Aksesbilitas

Terakhir, Anda juga bisa menggunakan Menu Aksesibilitas untuk melakukan tangkapan layar di Xiaomi Redmi 10. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka menu Pengaturan pada ponsel Redmi 10 Anda.
  2. Pilih opsi Setelan Tambahan.
  3. Cari dan masuk ke opsi Aksesibilitas.
  4. Aktifkan fitur "Menu Aksesibilitas".

Setelah mengaktifkan fitur ini, Anda akan melihat satu tombol tambahan di bilah navigasi ponsel Anda. Ketika Anda ingin membuat tangkapan layar, cukup ketuk tombol tersebut, dan pilih opsi "Screenshot".

Baca juga : Cara Screenshot Vivo V20 Series

Itulah beberapa metode yang dapat Anda gunakan untuk melakukan screenshot di Xiaomi Redmi 10, mulai dari yang tradisional hingga yang lebih modern.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.