3 Cara Mengambil Screenshot Xiaomi Mi 11 Lite, Sangat Mudah dan Praktis

Cara Screenshot Xiaomi Mi 11 Lite

Tangkapan layar (screenshot) adalah fitur penting yang sering digunakan pada smartphone saat ini. Xiaomi Mi 11 Lite, versi ringan dari Mi 11, telah menjadi pilihan populer di Indonesia sejak dirilis pertengahan Juni 2021.

Xiaomi mengklaim Mi 11 Lite sebagai smartphone tertipis yang mereka jual di Indonesia dengan ketebalan hanya 6.8 mm. Ponsel ini ditenagai oleh prosesor Snapdragon 732G (8 nm) dan tersedia dalam tiga varian: 6/64 GB, 6/128 GB, dan 8/128 GB.

Layar AMOLED berukuran 6.55 inci dengan resolusi FHD+ dan dukungan refresh rate 90 Hz menjadi salah satu daya tarik utama Mi 11 Lite. Layar ini juga mendukung HDR10, memiliki 1 miliar warna, dan dilindungi oleh Gorilla Glass 5.

Di bagian belakang, terdapat modul kamera yang mirip dengan Mi 11, dengan konfigurasi kamera utama 64 MP, kamera ultrawide 8 MP, dan kamera macro 5 MP. Sedangkan untuk kamera selfie, Mi 11 Lite memiliki kamera tunggal 16 MP yang ditempatkan dalam punch hole di sudut kiri atas layar.

Untuk mengambil tangkapan layar di Xiaomi Mi 11 Lite, pengguna memiliki beberapa opsi. Berikut adalah beberapa metode yang dapat Anda gunakan.

Cara Screenshot di HP Xiaomi Mi 11 Lite

Melalui Tombol Kombinasi

Anda masih dapat dengan mudah menggunakan kombinasi tombol fisik untuk mengambil tangkapan layar di Xiaomi Mi 11 Lite. Ini adalah metode yang umum digunakan dan berlaku tidak hanya pada perangkat Xiaomi, tetapi juga pada berbagai merek smartphone Android lainnya.

Langkah-langkahnya sangat sederhana. Pastikan Anda berada di layar yang ingin Anda tangkap, lalu tekan dan tahan tombol Daya dan Volume Bawah secara bersamaan selama beberapa detik.

Setelah melakukannya, layar akan berkedip, dan Anda akan mendengar suara shutter kamera. Hasil tangkapan layar bisa ditemukan di notifikasi atau langsung di aplikasi Galeri untuk dilihat dan dikelola.

Baca juga : Cara Mengatasi Fingerprint yang Tidak Berfungsi

Melalui Bilah Notifikasi

Jika Anda khawatir bahwa penggunaan berulang tombol power atau volume bawah dapat merusaknya, maka ada cara kedua yang lebih simpel yang bisa Anda coba. Langkah-langkahnya sangat mudah dan tidak memerlukan tombol fisik sama sekali. Berikut adalah cara penggunaannya:

1. Pertama-tama, buka aplikasi atau halaman web yang ingin Anda tangkap.

2. Setelah menentukan area yang akan Anda screenshot, usap layar Anda dari atas ke bawah untuk mengakses semua menu yang ada di bilah notifikasi.

3. Kemudian, ketuk opsi "Screenshot" yang memiliki ikon gunting, seperti yang terlihat pada gambar.


4. Setelah mengetuk opsi ini, layar Xiaomi Mi 11 Lite Anda akan berkedip, dan Anda akan mendengar bunyi seperti kamera yang mengambil gambar.

5. Anda telah berhasil mengambil screenshot. Anda dapat segera memeriksa hasilnya melalui notifikasi atau melalui aplikasi Galeri.

Baca juga : Cara Mengatasi Layar HP Android Bergaris

Menggunakan 3 Jari

Selanjutnya, ada metode lain yang patut Anda pertimbangkan, yaitu penggunaan tiga jari untuk mengambil screenshot. Sebelum Anda dapat menggunakan metode ini, Anda perlu mengaktifkannya melalui pengaturan perangkat. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka menu Pengaturan di Xiaomi Mi 11 Lite Anda.
  2. Pilih "Setelan Tambahan".
  3. Pilih "Pintasan Tombol".
  4. Pilih "Ambil Screenshot".
  5. Pilih opsi "Geser ke Bawah dengan 3 Jari" untuk mengaktifkannya.

Setelah Anda mengaktifkannya, Anda dapat dengan mudah mengambil screenshot dengan mengusapkan tiga jari ke layar. Hasil screenshot akan otomatis disimpan di Galeri ponsel Anda.

Baca juga : Cara Screenshot Samsung Note 20 dan Note 20 Ultra

Demikianlah tiga cara termudah untuk mengambil screenshot di Xiaomi Mi 11 Lite.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.