Cara Screenshot Samsung Galaxy A52s 5G Panjang, Tanpa Tombol

Screenshot Samsung Galaxy A52s 5G

Samsung A52s merupakan salah satu HP Terbaru Samsung di kelas menengah yang memiliki performa menarik. Namun, beberapa pengguna mungkin masih belum familiar dengan Cara Screenshot Samsung A52s.

Salah satu fitur dasar pada ponsel Android adalah kemampuan untuk mengambil tangkapan layar, yang memungkinkan Anda mengubah tampilan layar menjadi gambar yang dapat disimpan. Mengambil tangkapan layar dapat dilakukan dengan berbagai cara, termasuk menggunakan tombol daya dan volume pada ponsel.

Dengan harga yang mencapai sekitar 6 jutaan, Samsung A52s menawarkan berbagai pilihan untuk mengambil tangkapan layar yang lebih canggih. Bahkan, berdasarkan Spesifikasi Samsung Galaxy A52s, ponsel ini memiliki fitur tangkapan layar yang sangat lengkap.

Pada dasarnya, ada beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk mengambil tangkapan layar di ponsel Samsung, termasuk menggunakan gerakan tangan.

Baca juga : Cara Screenshot HP Samsung Galaxy A)3s Tombol, Panjang

Cara Screenshot Samsung Galaxy A52s 5G

Pada Samsung A52s, terdapat beberapa pilihan untuk mengambil tangkapan layar (Screenshot) tanpa harus menggunakan tombol daya. Salah satu opsi menarik adalah menggunakan gesture atau gerakan tangan untuk mengambil tangkapan layar. Fitur ini terlihat modern dan praktis. Untuk detailnya sendiri anda bisa mengikuti langkah-langkahnya berikut ini.

1. Usapan Tangan

Untuk melakukan tangkapan layar tanpa menggunakan tombol di Samsung A52s, Anda dapat memanfaatkan fitur Usapan Mengambang. Fitur ini memungkinkan Anda untuk dengan mudah mengambil tangkapan layar hanya dengan mengusap layar ponsel Anda.

Namun, sebelum Anda dapat menggunakan fitur ini, pastikan Anda telah mengaktifkan fitur gerakan dan gesture terlebih dahulu. Berikut langkah-langkahnya.

  • Buka Pengaturan pada Samsung A52s.
  • Pilih menu "Fitur Lanjutan".
  • Selanjutnya, pilih menu "Gerakan dan Gesture".
  • Aktifkan opsi "Usapkan Telapak Tangan Untuk Mengambil".

Setelah Anda mengaktifkan fitur ini, Anda dapat melakukan tangkapan layar dengan mengusap tepi layar menggunakan tangan secara mengambang. Hasil tangkapan layar akan tersimpan di galeri ponsel Anda. Cara ini terlihat canggih dan modern, serta sangat praktis untuk mengambil tangkapan layar tanpa tombol fisik.

2. Screenshot Panjang

Di Samsung A52s, Anda juga dapat dengan mudah mengambil tangkapan layar panjang. Fitur ini berguna ketika Anda ingin mengabadikan tampilan yang lebih panjang, seperti halaman web atau percakapan dalam aplikasi pesan.

Untuk menggunakan fitur ini, pastikan Anda telah mengaktifkan beberapa opsi di menu pengaturan. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka Menu Pengaturan pada Samsung A52s.
  • Pilih menu "Fitur Lanjutan".
  • Selanjutnya, pilih menu "Gambar Layar dan Perekam Layar".
  • Aktifkan opsi "Bilah Alat Gambar Layar" atau "Screenshot Toolbar".

Setelah Anda mengaktifkan "Screenshot Toolbar," Anda dapat mencoba mengambil tangkapan layar. Setelah pengambilan tangkapan layar berhasil, "Screenshot Toolbar" akan muncul. Untuk mengambil tangkapan layar panjang, cukup ketuk ikon tanda panah ke bawah beberapa kali sesuai dengan seberapa panjang tampilan yang ingin Anda tangkap.

Dengan ini, Anda dapat dengan mudah mengambil tangkapan layar panjang di Samsung A52s, sangat berguna untuk situasi di mana Anda memerlukan gambar layar yang lebih luas.

Baca juga : Cara Restart dan Reboot HP Vivo Agar Performa Kembali Lancar

3. Menu Pintasan

Bagi yang aktif menggunakan ponsel untuk mengambil tangkapan layar, mengaktifkan pintasan Samsung dapat menjadi solusi yang sangat praktis. Fitur ini akan menampilkan menu mengambang yang dapat diakses dengan mudah, termasuk opsi untuk mengambil tangkapan layar. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka menu "Pengaturan" pada ponsel Samsung.
  • Pilih menu "Aksesibilitas".
  • Selanjutnya, pilih menu "Interaksi dan Kecekatan".
  • Aktifkan opsi "Menu Asisten".

Setelah Anda mengaktifkan fitur ini, tombol virtual akan muncul di layar ponsel Anda. Dengan mengklik tombol ini, Anda dapat mengakses berbagai opsi, termasuk "Gambar Layar" untuk mengambil tangkapan layar. Fitur ini akan selalu muncul di layar ponsel Anda setelah diaktifkan.

Jika Anda merasa fitur ini mengganggu atau ingin menonaktifkannya, Anda dapat dengan mudah menonatkifkannya dengan mengikuti langkah-langkah yang sama. Cukup ulangi proses di atas dan nonaktifkan opsi "Menu Asisten".

Demikianlah tiga cara menarik yang perlu Anda ketahui saat akan mengambil tangkapan layar di ponsel Samsung. Sebagian besar cara pengambilan tangkapan layar pada HP Samsung hampir sama, dan dengan fitur-fitur canggih yang disediakan, pengguna Samsung sebagian besar tidak perlu lagi mengunduh aplikasi tambahan untuk melakukan tangkapan layar. Semoga informasi ini bermanfaat.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.