6 Cara Screenshot HP Oppo A17, Mudah dan Simpel!

Cara Screenshot Oppo A17

Tangkapan layar, yang sering disebut sebagai SS (Screenshot) atau Screen Capture, adalah tindakan mengambil gambar dari layar perangkat ponsel atau PC.

Jika Anda ingin mengetahui berbagai metode screenshot untuk OPPO A17, termasuk metode panjang dan menggunakan gestur usap layar dengan tiga jari (Swipe), kami telah merangkumnya untuk Anda.

Ada banyak tujuan untuk mengambil tangkapan layar dari HP OPPO A17. Contohnya, untuk menyimpan atau mengirimkan bukti berupa percakapan chat. Selain itu, tangkapan layar juga bisa digunakan untuk mengabadikan momen tertentu sebagai kenangan atau pengingat yang mungkin diperlukan di masa depan.

Terdapat berbagai alasan lainnya yang mungkin tidak terpikirkan sebelumnya. Tentu saja, setiap orang memiliki alasan pribadi mengapa mereka ingin tahu cara melakukan tangkapan layar panjang dan menggunakan tiga jari pada OPPO A17, misalnya untuk mendokumentasikan tontonan video.

Baaca juga : Cara Mengaktifkan Ketuk Layar 2 Kali di HP OPPO

Cara Screenshot OPPO A17

1. Kombinasi Tombol Fisik

OPPO A17 dilengkapi dengan sistem Android 12, dan tentu saja sistem ini membawa sejumlah fitur bermanfaat. Salah satu dari fitur tersebut adalah cara screenshot yang mudah dan cepat. Pada umumnya, di perangkat Android, Anda dapat mengambil tangkapan layar dengan menekan tombol fisik.

Ternyata, cara ini masih berlaku di OPPO A17. Agar Anda tidak bingung, berikut adalah cara mudah dan cepat untuk mengambil screenshot di OPPO A17. Metode ini juga berlaku untuk beberapa tipe HP OPPO dari seri A, dan mungkin juga beberapa dari seri Reno.

  • Menekan Tombol Power + Volume Down

Langkah pertama, pergilah ke halaman atau tampilan layar yang ingin Anda tangkap. Setelah Anda merasa sudah menemukan tampilan yang diinginkan, Anda dapat bersiap untuk menekan tombol fisik di HP.

Untuk mengambil tangkapan layar, Anda hanya perlu menekan tombol daya dan tombol volume bawah secara bersamaan di sisi perangkat.

Tahan kedua tombol fisik tersebut sampai layar berkedip, yang menunjukkan bahwa tangkapan layar telah berhasil diambil. Beberapa perangkat HP OPPO mungkin akan menampilkan layar yang sebentar menjadi putih, seperti kilatan lampu.

Jika tiba-tiba muncul menu untuk mematikan ponsel, itu berarti Anda telah menekan tombol terlalu lama. Selain itu, mungkin Anda menekan kedua tombol tersebut dengan cara yang tidak tepat atau tidak secara bersamaan. Selain itu, ada kemungkinan bahwa sistem Android pada perangkat HP Anda tidak mendukung fitur ini.

Jika pengambilan tangkapan layar berhasil, biasanya akan muncul notifikasi. Anda dapat memeriksa hasil tangkapan layar tersebut dengan masuk ke aplikasi foto atau galeri. Pada beberapa perangkat HP OPPO, hasil tangkapan layar akan tersimpan dalam album screenshot.

  • Menekan Tombol Power + Volume Up

Mulailah dengan membuka halaman atau tampilan layar yang ingin Anda tangkap gambarannya. Setelah Anda yakin telah menemukan tampilan yang diinginkan, Anda siap untuk menekan tombol fisik pada perangkat HP Anda.

Selain dari cara sebelumnya, pada OPPO A17, Anda juga bisa mengambil tangkapan layar dengan menekan tombol daya dan tombol volume atas.

Metode pengambilan tangkapan layar ini terlihat sama, namun sebenarnya memiliki fitur yang lebih lengkap. Dengan cara ini, Anda akan melihat sebuah kotak pintasan muncul. Kotak tersebut berisi opsi untuk mengambil tangkapan layar area tertentu, melanjutkan ke halaman berikutnya, dan menyimpan tangkapan layar. Fitur-fitur ini berguna jika Anda ingin membuat tangkapan layar yang panjang.

Jika kedua metode di atas tidak berhasil, tidak perlu khawatir. Masih ada banyak cara lain untuk mengambil tangkapan layar di OPPO A17.

Biasanya, setelah berhasil mengambil tangkapan layar, Anda akan menerima notifikasi. Anda dapat memeriksa hasil tangkapan layar dengan masuk ke aplikasi foto atau galeri. Pada beberapa perangkat HP OPPO, hasil tangkapan layar akan tersimpan dalam album screenshot.

2. Control Panel

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, sistem Android menawarkan berbagai cara untuk mengambil tangkapan layar. Jika Anda merasa kurang nyaman dengan menggunakan tombol fisik, Anda juga bisa menggunakan ikon screenshot yang tersedia dalam control panel. Untuk memahaminya lebih baik, berikut adalah langkah-langkahnya.

  • Tentukan apa yang ingin Anda tangkap pada layar HP OPPO.
  • Buka control panel dengan menggeser layar dari atas ke bawah. Selanjutnya, cari ikon yang menggambarkan screenshot atau cuplikan layar. Beberapa perangkat HP Android menampilkan ikon seperti gunting, lembaran kertas, atau kotak.
  • Jika Anda tidak menemukan ikon screenshot, periksa pengaturan control panel. Mungkin ikon screenshot belum ditampilkan, dan Anda bisa mengaturnya dengan mengonfigurasi bar notifikasi agar ikon screenshot muncul.
  • Ketika Anda menyentuh ikon tersebut, maka tangkapan layar akan diambil secara otomatis. Hasil tangkapan layar akan disimpan dalam aplikasi foto atau galeri.

Cara mengambil tangkapan layar dengan ikon screenshot ini dianggap sebagai salah satu cara yang nyaman. Penggunaan ikon screenshot tidak akan mengakibatkan cepat rusaknya tombol fisik pada HP karena tidak perlu sering menekan tombol tersebut saat mengambil tangkapan layar.

3. Tiga Jari

Meskipun OPPO A17 dipasarkan sebagai ponsel kelas pemula, perangkat ini juga dilengkapi dengan beberapa fitur mewah. Salah satu fitur menarik yang dapat membantu pengguna adalah fitur Gestur.

Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengambil tangkapan layar hanya dengan melakukan gerakan di layar HP OPPO. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  • Pertama, aktifkan fitur Gesture.
  • Buka Pengaturan dan pilih opsi Gesture & motion.
  • Pilih opsi screenshot dan aktifkan fitur tersebut.
  • Untuk mengambil tangkapan layar, geser tiga jari Anda dari atas ke bawah di layar.
  • Jika pengambilan tangkapan layar berhasil, layar akan berkedip atau Anda akan mendengar suara seperti klik kamera.
  • Hasil tangkapan layar akan otomatis tersimpan di galeri.

Perlu diketahui bahwa fitur ini umumnya sudah aktif pada perangkat HP OPPO terbaru yang menggunakan sistem Android 12. Namun, jika fitur ini belum aktif di perangkat Anda, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di atas untuk mengaktifkannya.

4. Bola Asisten

Terdapat juga cara lain untuk mengambil tangkapan layar di OPPO A17 menggunakan fitur Bola Asisten. Cara ini dianggap lebih mudah dan cepat karena Anda dapat mengambil tangkapan layar tanpa perlu melibatkan tombol fisik, sehingga Anda tidak perlu menggerakkan tangan. Berikut adalah langkah-langkahnya.

Langkah pertama adalah mengaktifkan fitur Bola Asisten melalui Pengaturan. Anda dapat melakukannya dengan masuk ke pengaturan ponsel OPPO. Pilih menu "Pengaturan sistem" dan kemudian pilih "Bola Asisten". Selanjutnya, aktifkan pilihan teratas.

Setelah fitur ini aktif, akan muncul sebuah tombol melayang dalam bentuk ikon bola kecil. Jika Anda menekan tombol ini, beberapa tombol pintasan akan muncul. Salah satunya adalah tombol pintasan untuk mengambil tangkapan layar dengan cepat.

Setelah fitur Bola Asisten aktif, Anda dapat menempatkan ikon sesuai kebutuhan. Tombol pintasan untuk mengambil tangkapan layar biasanya berupa gambar layar. Namun, jika tidak ada ikon untuk tangkapan layar, Anda dapat dengan mudah menambahkan atau mengurangi tombol pintasan sesuai keinginan Anda.

Untuk mulai mengambil tangkapan layar menggunakan Bola Asisten, Anda hanya perlu masuk ke tampilan layar yang ingin Anda tangkap. Setelah itu, cukup ketuk ikon bola.

Dengan fitur Bola Asisten, Anda dapat mengambil tangkapan layar dengan lebih mudah dan cepat tanpa perlu menggunakan tombol fisik pada OPPO A17.

5. Bilah Samping Cerdas / Smart Sidebar

Terdapat juga cara lain yang lebih mudah dan cepat untuk mengambil tangkapan layar di OPPO A17, yaitu dengan menggunakan Smart Side Bar. Berikut adalah langkah-langkahnya.

Pertama, aktifkan fitur Smart Side Bar melalui Pengaturan. Silakan masuk ke pengaturan pada ponsel OPPO A17. Kemudian, pilih menu "Pengaturan sistem" dan selanjutnya "Smart Side Bar". Aktifkan fitur tersebut.

Setelah fitur Smart Side Bar diaktifkan, akan muncul garis lurus tipis di sisi kanan atau kiri layar. Jika Anda menggeser garis ini ke dalam layar, beberapa tombol pintasan akan muncul. Salah satunya adalah tombol untuk mengambil tangkapan layar.

Setelah fitur aktif, Anda dapat menempatkan garis Smart Side Bar sesuai kebutuhan di area layar. Jika tidak terdapat ikon tangkapan layar, Anda dapat menambahkan atau mengurangi tombol pintasan di Smart Side Bar.

Untuk memulai mengambil tangkapan layar, masuklah ke tampilan layar yang ingin Anda tangkap. Kemudian, geser garis di tepi layar dan ketuk ikon tangkapan layar.

Dengan Smart Side Bar, Anda dapat dengan mudah dan cepat mengambil tangkapan layar tanpa perlu menggunakan tombol fisik pada OPPO A17.

Baca juga : Cara Mempercepat Proses Download di PC dan Android

6. Aplikasi Screenshot

Jika Anda merasa bahwa cara-cara untuk mengambil tangkapan layar yang disebutkan di atas kurang memuaskan, Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi screenshot yang tersedia di Play Store. Berikut adalah beberapa rekomendasi aplikasi screenshot gratis yang dapat Anda gunakan di smartphone OPPO A17.

  • Screenshot Touch

Screenshot Touch adalah aplikasi gratis yang dapat digunakan untuk mengambil tangkapan layar di OPPO A17. Aplikasi ini membawa sejumlah fitur yang meningkatkan kualitas dan optimalitas hasil tangkapan layar. Tidak heran bahwa aplikasi ini telah diunduh oleh banyak pengguna di Play Store.

Setelah Anda menginstalnya, Anda cukup membuka aplikasi tersebut dan melakukan beberapa pengaturan awal. Kemudian, Anda akan masuk ke halaman utama yang berisi berbagai fitur terkait tangkapan layar. Salah satu fitur yang menarik adalah "shaking and delay."

Fitur "shaking" ini berguna jika Anda ingin mengambil tangkapan layar dengan menggoyangkan HP. Sedangkan fungsi "delay" adalah untuk memberi waktu hitungan mundur sebelum tangkapan layar diambil.

Setelah mengaktifkan fitur-fitur yang diinginkan, Anda dapat mengklik "Start capture monitoring service" dan pilih "Start now". Jika pengambilan tangkapan layar berhasil, Anda akan menerima notifikasi, dan HP Anda akan bergetar.

  • Screenshot X

Screenshot X hadir dengan ukuran kecil dan antarmuka pengguna yang sederhana. Setelah menginstal dan membuka aplikasi, Anda tidak perlu melakukan banyak pengaturan. Cukup tekan tombol "Start now" yang terdapat di halaman utama aplikasi.

Selanjutnya, akan muncul kotak yang berisi lingkaran. Kotak ini berfungsi untuk mengambil tangkapan layar. Anda hanya perlu pergi ke halaman web atau tampilan layar yang ingin diambil tangkapannya, lalu cukup tekan kotak berisi lingkaran tersebut. Layar akan berkedip, menandakan bahwa tangkapan layar telah berhasil diambil.

  • Screen Master

Screen Master juga merupakan salah satu aplikasi screenshot terbaik yang tersedia di Play Store. Dibuktikan dengan lebih dari 5 juta pengguna yang telah mengunduh aplikasi gratis ini, serta rating ulasan yang mencapai 4,7. Tidak heran bahwa aplikasi ini sangat direkomendasikan, terutama bagi mereka yang sering mengambil tangkapan layar pada perangkat HP.

Antarmuka pengguna dari aplikasi ini cukup sederhana, dan penggunaannya pun mudah. Keunggulan utama dari aplikasi ini terletak pada kualitas gambar yang dihasilkan dan beragam fitur yang tersedia.

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur pengeditan dan kemampuan berbagi ke media sosial. Selain itu, aplikasi ini mendukung pengambilan tangkapan layar dengan menggoyangkan HP.

Namun, disayangkan bahwa aplikasi ini masih menampilkan iklan, meskipun ini bisa dimaklumi karena aplikasi ini gratis. Selain itu, aplikasi ini tidak dapat mengambil gambar dari beberapa konten tertentu, terutama yang dilindungi.

Kekurangan lainnya adalah adanya bilah tambahan di status bar, yang mungkin sedikit mengganggu ketika Anda perlu mengambil tangkapan layar dengan cepat.

  • Screenshot Pro

Screenshot Pro memiliki fitur tangkapan layar yang mudah digunakan, serta menyediakan kemampuan penyuntingan yang berkualitas. Anda dapat mengedit hasil tangkapan layar sesuai keinginan, termasuk menambahkan gambar dan teks tambahan ke dalam tangkapan layar tersebut.

Aplikasi tangkapan layar ini memiliki ukuran yang ringan dan menawarkan fitur unggulan, seperti kemampuan mengambil tangkapan layar dengan menggoyangkan perangkat. Cara ini sangat bermanfaat jika Anda memerlukan tangkapan layar dengan cepat. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan fitur yang umumnya ditemukan dalam banyak aplikasi tangkapan layar lainnya.

  • Screenshot Easy

Sesuai dengan namanya Screenshot Easy, aplikasi ini memang sangat mudah digunakan, dan tak heran bahwa banyak pengguna Android memberikan respons positif terhadapnya. Aplikasi gratis ini memiliki ukuran yang ringan tetapi menyediakan beragam fitur yang lengkap.

Anda hanya perlu mengetuk ikon berbentuk kamera untuk mengambil tangkapan layar. Selain itu, aplikasi ini juga mendukung pengambilan tangkapan layar dengan menggoyangkan HP. Antarmuka pengguna dari aplikasi ini minimalis dan mudah dimengerti.

Aplikasi ini juga menyediakan fitur pengeditan yang cukup baik. Anda dapat menggunakan Screenshot Easy untuk mengambil tangkapan layar dari halaman web, film, dan permainan.

Ketika kami mencoba aplikasi ini, penggunaan metode mengetuk ikon kamera untuk mengambil tangkapan layar terasa sangat praktis. Namun, ketika kami mencoba menggunakan metode menggoyangkan HP, kami mengalami sedikit jeda dalam pengambilan gambar. Terkadang, kami tidak berhasil mengambil tangkapan layar. Meskipun begitu, Screenshot Easy tetap merupakan opsi yang dapat diandalkan.

Demikianlah pembahasan mengenai cara mengambil tangkapan layar di OPPO A17. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.