Gampang! Begini Cara Screenshot di Xiaomi Mi 11

Cara Screenshot Xiaomi Mi 11

Jika Anda adalah pengguna Xiaomi Mi 11, Anda mungkin seringkali perlu mengambil tangkapan layar dari layar ponsel Anda. Alasannya bisa bervariasi, mulai dari ingin berbagi informasi dengan teman, hingga menyimpan gambar atau teks yang penting. Mengambil screenshot adalah fitur yang penting dalam dunia ponsel Android, dan Mi 11 memiliki cara yang mudah untuk melakukannya.

Bagi Anda yang baru saja memiliki Xiaomi Mi 11, mungkin Anda perlu memahami bagaimana cara mengambil tangkapan layar. Sebagian besar ponsel Xiaomi memiliki metode yang serupa untuk mengambil screenshot. Jika Anda sebelumnya pernah menggunakan perangkat Xiaomi, Anda mungkin sudah akrab dengan proses ini. Tapi jika Anda baru mengenal Mi 11, mari kita pelajari bersama bagaimana cara mengambil tangkapan layar dengan mudah.

Cara Screenshot HP Xiaomi Mi 11

Xiaomi telah menyediakan tiga metode berbeda untuk mengambil tangkapan layar di Mi 11. Metode pertama, yang paling umum digunakan, adalah cara tradisional dengan menekan dua tombol perangkat keras secara bersamaan. Sedangkan dua metode lainnya memanfaatkan perangkat lunak buatan Xiaomi untuk mempermudah proses pengambilan tangkapan layar.

Baca juga : Cara Menonaktifkan Talkback di HP Android

Screenshot Mi 11 Menggunakan Tombol

Cara pertama untuk mengambil tangkapan layar di Mi 11 adalah dengan menggunakan tombol fisik yang terletak di samping ponsel. Ini merupakan metode tradisional yang banyak digunakan.

Berikut langkah-langkahnya:

  1. Ambil ponsel Anda dan buka layar yang ingin Anda tangkap.
  2. Tekan tombol power dan tombol volume bawah secara bersamaan. Pastikan untuk menekannya bersamaan dan jangan lepaskan hingga layar berkedip putih.
  3. Gambar tangkapan layar akan otomatis tersimpan di aplikasi galeri ponsel Anda, dalam folder Tangkapan Layar.

Screenshot Mi 11 Melalui Bar Notifikasi

Anda dapat menggunakan metode lain untuk mengambil tangkapan layar di Mi 11, yaitu dengan menggunakan tombol notifikasi. Ini adalah cara yang praktis jika tombol perangkat keras Anda rusak atau tidak berfungsi karena alasan tertentu.

Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka layar yang ingin Anda tangkap.
  2. Buka panel notifikasi dan cari ikon tangkapan layar (biasanya berbentuk gunting).
  3. Ketuk ikon tersebut untuk mengambil tangkapan layar.
  4. Gambar tangkapan layar akan secara otomatis disimpan dalam aplikasi galeri ponsel Anda, dalam folder Tangkapan Layar.

Untuk mengaktifkan Menu Asisten, buka menu Pengaturan > Aksesibilitas > Interaksi dan Ketangkasan, lalu pilih menu Asisten. Sebuah lingkaran kecil akan muncul. Ketuk lingkaran tersebut, dan sejumlah opsi akan tampil. Ketuk opsi Tangkapan Layar.

Ketika layar berkedip putih, itu menandakan bahwa tangkapan layar telah berhasil diambil. Dengan cara ini, Anda dapat dengan mudah mengambil tangkapan layar, bahkan jika tombol perangkat keras Anda tidak berfungsi.

Screenshot Mi 11 Menggunakan 3 Jari

Jika Anda memiliki alasan khusus untuk tidak ingin menggunakan tombol perangkat keras atau tombol notifikasi untuk mengambil tangkapan layar di Mi 11, Anda dapat memanfaatkan fitur gerakan tiga jari. Ini adalah fitur bawaan pada ponsel Xiaomi.

Untuk mengaktifkan gerakan Tiga Jari, lakukan langkah-langkah berikut:

  1. Buka menu Pengaturan.
  2. Pilih Pengaturan Lanjutan.
  3. Masuk ke Pintasan Tombol dan Gerakan.
  4. Pilih opsi Ambil Tangkapan Layar.
  5. Anda akan menemukan opsi bernama "Geser 3 jari ke bawah." Ketuk untuk mengaktifkannya.
  6. Sekarang, cukup geser tiga jari Anda ke bawah pada layar untuk mengambil tangkapan layar. Ponsel akan bergetar, menandakan bahwa tugas telah selesai.

Baca juga : Cara Screenshot Vivo X80 dan X80 Pro

Demikianlah beberapa cara untuk mengambil tangkapan layar pada Xiaomi Mi 11. Xiaomi telah memberikan berbagai opsi, termasuk alternatif ketika tombol perangkat keras tidak berfungsi. Apakah Anda memiliki cara lain untuk mengambil tangkapan layar? Kami akan senang mendengarnya. Silakan berikan komentar di bawah.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.