Yuk, Ikuti 3 Cara Screenshot HP Vivo X80 dan X80 Pro yang Simpel

Cara Screenshot Vivo X80 dan X80 Pro

Meskipun Vivo X80 dan Vivo X80 Pro menghadirkan peningkatan spesifikasi yang signifikan, cara mengambil tangkapan layar di ponsel-ponsel ini tetap tidak mengalami perubahan dari generasi sebelumnya dalam seri Vivo X.

Dengan kata lain, pengguna Vivo X80 dan X80 Pro masih bisa mengambil tangkapan layar dengan salah satu dari tiga metode yang ada: menggunakan kombinasi dua tombol fisik, memanfaatkan menu Screenshot di Notification Center, atau menggunakan metode screenshot 3 jari.

Vivo X80 dan Vivo X80 Pro pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada akhir Juni 2022. Kedua ponsel ini menonjolkan kemampuan fotografi sebagai fitur utamanya.

Ponsel Vivo X80 memiliki layar AMOLED 6.78 inci dengan resolusi FHD+, refresh rate 120 Hz, dukungan HDR, dan tingkat kecerahan mencapai 1.500 nits.

Keduanya didukung oleh chipset MediaTek Dimensity 9000 dan chip Vivo V1+. Kinerjanya diperkuat dengan RAM 12 GB dan penyimpanan internal 256 GB.

Dari segi kamera, Vivo X80 memiliki tiga kamera belakang, termasuk kamera utama 50 MP, kamera ultrawide 12 MP, dan kamera telephoto 12 MP. Di bagian depan, terdapat kamera tunggal dengan resolusi 32 MP.

Vivo X80 Pro menggunakan chipset Snapdragon 8 Gen 1 dan juga dilengkapi dengan chip Vivo V1+. Seperti model reguler, X80 Pro memiliki RAM 12 GB dan penyimpanan internal 256 GB.

Ponsel ini memiliki layar AMOLED LTPO3 dengan ukuran 6.78 inci, resolusi QHD+, dan fitur refresh rate yang dapat beradaptasi otomatis dari 1-120 Hz.

Selain itu, Vivo X80 Pro memiliki lebih banyak kamera belakang, termasuk kamera utama 50 MP, kamera periscope telephoto 8 MP, kamera telephoto 12 MP, dan kamera ultrawide 48 MP. Kamera selfie beresolusi 32 MP juga tersedia di bagian depan ponsel.

Demikianlah sejumlah spesifikasi dari seri Vivo X80. Untuk mengetahui cara mengambil tangkapan layar di kedua ponsel flagship Vivo ini, Anda dapat membaca penjelasannya di bawah ini.

Baca juga : Cara Mengetahui Versi OS Android di Ponsel

Cara Screenshot Vivo X80 dan X80 Pro

Menggunakan Tombol Fisik

Metode pertama dan paling umum untuk mengambil screenshot di Vivo X80 dan X80 Pro adalah dengan menggunakan tombol perangkat keras yang tersedia. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pertama, buka layar atau aplikasi yang ingin Anda tangkap gambar layarnya.
  2. Tekan tombol Volume Turun (biasanya berada di sisi ponsel) dan tombol Power (biasanya berada di sisi yang sama) secara bersamaan. Tekan kedua tombol ini dan tahan sejenak.
  3. Setelah Anda melepaskan tombol, layar akan berkedip sebentar atau Anda akan mendengar suara shutter kamera. Ini menunjukkan bahwa tangkapan layar telah berhasil diambil.
  4. Hasil screenshot akan secara otomatis tersimpan di galeri ponsel Anda. Anda dapat mengaksesnya di aplikasi galeri atau dalam folder Screenshots.

Menggunakan S-Capture

Vivo X80 dan X80 Pro dilengkapi dengan fitur S-Capture yang memudahkan pengguna untuk mengambil screenshot dengan berbagai opsi. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Seperti sebelumnya, buka layar atau aplikasi yang akan Anda tangkap gambar layarnya.
  2. Untuk mengakses fitur S-Capture, geser status bar dari bagian atas layar ke bawah. Ini akan membuka berbagai opsi, termasuk S-Capture.
  3. Temukan opsi "S-Capture" dalam status bar dan ketuk untuk membukanya.
  4. Setelah Anda membuka S-Capture, Anda akan memiliki beberapa opsi untuk jenis screenshot yang ingin Anda ambil. Anda dapat memilih tangkapan layar biasa, tangkapan layar panjang, atau tangkapan layar persegi.
  5. Setelah Anda memilih jenis tangkapan layar dan mengambil screenshot, hasilnya akan otomatis tersimpan di galeri ponsel Anda.

Baca juga : Cara Screenshot Samsung Galaxy A10 dan A10s

Menggunakan Gesture 3 Jari

Vivo X80 dan X80 Pro juga mendukung metode mengambil screenshot menggunakan gesture 3 jari. Berikut cara melakukannya:

  1. Pertama, pastikan Anda telah mengaktifkan fitur Gesture 3 Jari. Anda dapat menemukan opsi ini di pengaturan ponsel Anda.
  2. Buka layar atau aplikasi yang ingin Anda tangkap gambar layarnya.
  3. Tempelkan tiga jari Anda ke layar secara bersamaan, lalu gesek jari-jari tersebut ke bawah. Ini akan mengambil screenshot seketika.
  4. Hasil screenshot akan otomatis tersimpan di galeri ponsel Anda untuk diakses nanti.

Dengan tiga metode di atas, Anda memiliki beragam cara untuk mengambil screenshot di Vivo X80 dan X80 Pro. Anda dapat memilih metode yang paling sesuai dengan preferensi Anda atau situasi yang Anda hadapi. Ketiga metode ini memastikan bahwa Anda dapat dengan mudah mengabadikan momen penting atau informasi yang Anda butuhkan dalam sekejap. Selamat mencoba!

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.