Cara Screenshot HP Vivo Y15 dengan Mudah dan Cepat

Cara Screenshot HP Vivo Y15

Sebagai salah satu produsen terkemuka di Indonesia, Vivo telah mendapatkan perhatian pengguna dengan berbagai smartphone mereka, termasuk yang berada di kelas atas, menengah, dan kelas bawah.

Baru-baru ini, Vivo merilis smartphone terbaru mereka di pasar Indonesia, yaitu Vivo Y15. Smartphone ini menjadi pelengkap dari Vivo Y17 yang telah hadir sebelumnya.

Vivo Y15, mirip dengan pendahulunya, dilengkapi dengan tiga kamera belakang. Ponsel ini sudah tersedia di berbagai toko online dan situs e-commerce dengan harga bervariasi.

Salah satu fitur unggulan yang ditawarkan oleh Vivo Y15 adalah baterai besar dengan kapasitas 5000 mAh, meskipun harganya hanya sekitar dua jutaan. Selain itu, ponsel ini memiliki RAM 4GB dan penyimpanan internal sebesar 64GB.

Untuk mengambil tangkapan layar atau screenshot pada Vivo Y15, caranya sebenarnya tidak jauh berbeda dengan Vivo Y17. Ada tiga metode yang bisa digunakan, yaitu dengan menggunakan kombinasi tombol fisik, menu Control Center, atau menggunakan fitur Gesture 3 jari.

Baca juga : Cara Menghapus Cache di HP Android Agar Tidak Lemot

Cara Screenshot Vivo Y15

Tombol Fisik

Salah satu cara paling umum untuk mengambil screenshot di Vivo Y15 adalah dengan mengombinasikan tombol fisik. Ini adalah metode yang mudah dan cepat, dan Anda dapat melakukannya dengan langkah-langkah berikut:

  1. Buka layar dan arahkan ke area yang ingin Anda tangkap.
  2. Tekan dan tahan tombol Power yang terletak di sisi kanan ponsel.
  3. Tekan tombol Volume Bawah yang juga terletak di sisi kanan ponsel, bersamaan dengan tombol Power.
  4. Tahan kedua tombol tersebut selama 2-3 detik.
  5. Lepaskan tombol saat Anda mendengar suara kamera dan melihat layar berkedip.
  6. Screenshot selesai dan akan disimpan di galeri ponsel Anda.

Metode ini sangat efektif dan cepat, tetapi ingatlah untuk tidak terlalu sering menggunakannya karena bisa merusak tombol fisik pada ponsel Anda.

Control Center

Vivo Y15 juga menyediakan metode lain untuk mengambil screenshot menggunakan Control Center. Control Center adalah layar tersembunyi yang memungkinkan Anda mengakses berbagai fitur dan opsi ponsel Anda. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan metode ini:

  1. Buka layar dan arahkan ke area yang ingin Anda screenshot.
  2. Tarik layar dari atas ke bawah untuk mengakses Control Center. Anda akan melihat berbagai ikon dan opsi di sini.
  3. Cari ikon "Screenshot" yang menyerupai kamera. Ketuk ikon ini.
  4. Layar akan berkedip untuk menunjukkan bahwa tangkapan layar telah diambil.
  5. Screenshot akan otomatis tersimpan di galeri ponsel Anda.

Metode ini sangat nyaman, terutama jika Anda tidak ingin menggunakan tombol fisik. Anda dapat mengakses Control Center dari mana saja di ponsel Anda, sehingga mengambil screenshot menjadi lebih mudah.

Gesture Tiga Jari

Vivo Y15 juga mendukung pengambilan screenshot menggunakan gesture tiga jari. Ini adalah cara yang nyaman dan inovatif untuk mengambil tangkapan layar. Namun, Anda perlu mengaktifkan fitur ini terlebih dahulu. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka Pengaturan ponsel Anda.
  2. Pilih "Pintasan dan Aksesibilitas."
  3. Aktifkan opsi "Gesture Tiga Jari Untuk Mengambil Tangkapan Layar".

Setelah Anda mengaktifkan fitur ini, Anda dapat menggunakan gesture tiga jari untuk mengambil screenshot dengan langkah-langkah berikut:

  1. Buka layar dan arahkan ke area yang ingin Anda screenshot.
  2. Tempelkan tiga jari Anda ke layar secara bersamaan.
  3. Usapkan tiga jari Anda ke bawah.
  4. Layar akan berkedip untuk menunjukkan bahwa tangkapan layar telah diambil.
  5. Screenshot otomatis tersimpan di galeri ponsel Anda.

Dengan metode ini, Anda dapat mengambil screenshot dengan mudah dan cepat hanya dengan menggunakan tiga jari Anda. Fitur ini sangat berguna jika Anda sering mengambil screenshot.

Baca juga : Cara Screenshot Xiaomi Redmi 10C

Kesimpulan

Ponsel Vivo Y15 memiliki beberapa cara yang berbeda untuk mengambil screenshot, yang memungkinkan Anda untuk memilih metode yang paling nyaman bagi Anda. Anda dapat menggunakan kombinasi tombol fisik, Control Center, atau gesture tiga jari, tergantung pada preferensi Anda.

Dengan memiliki kemampuan untuk mengambil screenshot, Anda dapat dengan mudah berbagi informasi, momen, atau pesan dengan orang lain. Terlepas dari metode yang Anda pilih, mengambil screenshot di Vivo Y15 sangat mudah dan efisien. Sebagai perangkat berkualitas dengan daya tahan baterai yang kuat, Vivo Y15 memungkinkan Anda tetap terhubung dan produktif sepanjang hari.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.